10 Antivirus Terbaik untuk USB Flashdisk (2017)

10 Antivirus Terbaik untuk USB Flashdisk (2017)

0

10 Antivirus Terbaik untuk USB Flashdisk (2017)

Pengen tahu apa saja antivirus yang bisa kamu gunakan langsung melalui flashdisk? Berikut ini adalah X antivirus terbaik untuk USB flashdisk

Flashdisk sangat ringkas, kecil, dan mudah dibawa kemana-mana. Nggak heran kalo akhirnya flashdisk menjadi media penyimpanan portabel paling populer saat ini — tetapi sekaligus juga paling rawan terkena virus.

Untuk itu tidak ada salahnya jika kamu memperlengkapi flashdisk dengan salah satu dari 10 antivirus untuk flashdisk berikut ini. Antivirus ini portabel, tidak perlu diinstall, dan bisa langsung dijalankan dari dalam flashdisk. Dengan begitu kamu bebas melakukan scanning virus kapanpun kamu inginkan, memastikan flashdisk kamu aman dari virus — meskipun di PC host tidak dilengkapi dengan antivirus.

Antivirus portabel untuk flashdisk ini penting, khususnya saat kamu menancapkan flashdisk di komputer umum seperti warnet, lab komputer sekolah, bahkan di PC milik teman — yah..itung-itung sebagai perlindungan ekstra.

Tanpa berlama-lama lagi, berikut ini adalah daftar antivirus portabel untuk flashdisk:

 

1. Comodo Cleaning Essentials

10 Antivirus Terbaik untuk USB Flashdisk (2017)

Jika kamu mencari antivirus portabel dengan fitur cloud scanner, Comodo Cleaning Essentials (CCE) bisa jadi pilihan tepat. Selain bisa mendeteksi dan menghilangkan malware, rootkit, dan virus, fitur cloud scanner juga semakin mengamankan dengan mengenali proses mencurigakan yang belum terdeteksi oleh database.

Download Comodo Cleaning Essential

 

2. F-Secure Online Scanner

10 Antivirus Terbaik untuk USB Flashdisk (2017)

Salah satu syarat untuk bisa menggunakannya adalah terhubung dengan internet. Kamu tinggal download, copy ke flashdisk, dan jalankan saja kapanpun kamu ingin melakukan scanning.

F-Secure Online Scanner bisa mendeteksi dan menghilangkan virus maupun spyware, dan karena proses scanning berjalan online maka database virusnya akan selalu up to date.

Download F-Secure Online Scanner

Salah satu kelemahan F-Secure Online Scanner adalah di akhir proses scan kita selalu diarahkan untuk membeli F-Secure antivirus versi berbayarnya. Notifikasi ini selalu muncul di akhir dari proses scanning. Tetapi diluar itu, antivirus ini sangat tepat untuk digunakan di flashdisk.

Baca juga:  Cara Membuat DVD atau Flashdisk Bootable Installasi Windows dari File ISO

 

3. ClamWin

10 Antivirus Terbaik untuk USB Flashdisk (2017)

ClamWin Portable merupakan salah satu antivirus flashdisk paling populer saat ini. Kamu tinggal download ClamWin ke flashdisk, lalu jalankan setiap kali kamu ingin melakukan scanning. Untuk versi portable tidak ada real-time scanner dan scheduled scan karena memang fitur tersebut tidak ditujukan untuk berjalan di lingkungan portabel seperti flashdisk.

ClamWin terbilang fleksibel karena kamu bisa menambahkan filter file mana yang ingin kamu scan dan mana yang tidak, ekstensi yang ingin di skip saat scanning, plus jika terhubung dengan internet ClamWin bisa mengirimkan notifikasi email jika ada virus yang terdeteksi.

Dan satu hal yang terpenting adalah database virus ClamWin terus diupdate secara berkala.

Download ClamWin Portable

Setelah didownload kamu jalankan saja file berekstensi .paf tersebut dan akan otomatis melakukan instalasi / ekstrak ClamWin Portable ke flashdisk. Setelah itu kamu bisa menjalankan ClamWin langsung dari dalam flashdisk. Hal ini juga berlaku untuk beberapa antivirus flashdisk yang didownload dari PortableApps dan berekstensikan .paf dibawah ini.

 

4. Spybot — Search & Destroy

10 Antivirus Terbaik untuk USB Flashdisk (2017)

Selain antivirus untuk flashdisk diatas, kamu juga bisa memperkuat flashdisk dengan anti-spyware portabel. Salah satu anti-spyware terbaik untuk flashdisk adalah Spybot — Search & Destroy.

Anti-spyware untuk flashdisk ini bisa mendeteksi dan menghilangkan spyware yang tidak terdeteksi oleh antivitus. Kamu bisa menjalankannya langsung dari flashdisk untuk menghilangkan spyware yang menginfeksi PC.

Download Spybot — Search & Destroy

 

5. Kaspersky TDSSKiller

10 Antivirus Terbaik untuk USB Flashdisk (2017)

Antivirus sudah, Anti-spyware sudah, kini saatnya rootkit remover. Sesuai namanya, Kaspersky TDSSKiller akan mendeteksi dan menghilangkan malware yang tergolong sebagai Rootkit.Win32.TDSS. Rootkit, bootkits, dan malware yang masuk di golongan tersebut akan akan langsung diberantas oleh anti-rootkit untuk flashdisk ini.

Baca juga:  Disney Magic Kingdom Segera Tersedia di Windows Store

Download Kaspersky TDSSKiller

 

6. Norton Power Eraser

10 Antivirus Terbaik untuk USB Flashdisk (2017)

Antivirus ini memiliki deteksi yang sangat agresif. Kelebihannya berbagai virus yang lolos dari scan antivirus lain bisa terdeteksi, tetapi kekurangannya terkadang dia salah mendeteksi program baik sebagai virus. Beruntung kamu bisa melakukan undo jika ada program baik yang terhapus karena salah deteksi.

Download Norton Power Eraser

 

7. Emsisoft Emergency Kit

10 Antivirus Terbaik untuk USB Flashdisk (2017)

Bisa dibilang Emsisoft Emergency Kit menawarkan deteksi yang paling lengkap, mulai dari virus, trojan, spyware, adware, worm, dialer, hingga keylogger dan program berbahaya lainnya. Keunggulannya adalah fitur dual scanner yang digunakan.

Dan seperti antivirus lain diatas, kamu bisa menjalankanya tanpa perlu instalasi langsung dari dalam flashdisk. Jadi Emsisoft Emergency Kit ini cocok sekali dijadikan sebagai antivirus untuk flashdisk.

Namun lengkapnya fitur tersebut menjadikan Emsisoft Emergency Kit berukuran sangat besar, mencapai 278.9MB. Jadi jika flashdisk kamu berkapasitas 4GB atau kurang, antivirus ini bakal menyita porsi storage yang cukup besar.

Download Emsisoft Emergency Kit

Untuk bisa menjalankan antivirus ini langsung dari flashdisk, di awal membuka installer .exe pastikan kamu memilih folder ekstrak ke drive usb flashdisk kamu. Prosesnya memang seperti instalasi, tetapi sebenarnya hanya ekstrak komponen saja.

Setelah itu kamu bisa menjalankan antivirus ini melalui flashdisk secara langsung.

WinPoin sendiri kurang menyukai Emsisoft Emergency Kit sebagai antivirus flashdisk karena terlalu besar ukurannya, lama proses setup (ekstrak) di awalnya, serta terlalu bloat fiturnya untuk sebuah antivirus portabel.

 

Baca juga:  TERBATAS: Dapatkan Berlangganan Majalah Teknologi GRATIS Selama 3 Tahun (Senilai 1.6 juta rupiah!)

8. Sophos Rootkit Removal

10 Antivirus Terbaik untuk USB Flashdisk (2017)

Rootkit seringkali tidak terdeteksi karena kecerdasannya dalam menyembunyikan diri. Dan sesuai namanya, kamu bisa menggunakan Sophos Rootkit Removal untuk mendeteksi dan menghilangkan rootkit yang bersembunyi di dalam PC.

Download Sophos Rootkit Removal

 

9. Avira PC Cleaner

10 Antivirus Terbaik untuk USB Flashdisk (2017)

Pasti kamu sudah tidak asing lagi saat mendengar nama Avira. Ini adalah brand antivirus yang sangat populer, dan salah satu produknya yaitu Avira PC Cleaner sangat tepat kamu jadikan sebagai antivirus flashdisk. Kamu bisa menggunakannya untuk mendeteksi dan memberantas malware langsung dari dalam flashdisk.

Download Avira PC Cleaner

 

10. McAfee Stinger

10 Antivirus Terbaik untuk USB Flashdisk (2017)

McAfee Stinger saat ini dilengkapi dengan fitur Real Protect BETA, sebuah teknologi deteksi real-time melalui cloud yang membuat proses deteksi lebih akurat serta bisa memprediksi virus, proses, dan aktivitas mencurigakan — bahkan ketika belum masih di data virus signature.

Download McAfee Stinger

 

Mana yang Terbaik?

10 Antivirus Terbaik untuk USB Flashdisk (2017)

Jika ditanya mana antivirus flashdisk terbaik diantara 10 antivirus diatas, WinPoin memilih Comodo Cleanning Essentials. Selain memiliki tampilan grafis yang baik dan fitur yang simple, CCE juga bisa dijalankan di flashdisk dengan cepat serta mampu mendeteksi virus dengan lebih akurat. Selain itu setelah didownload kamu tinggal ekstrak saja dan Comodo Cleaning Essentials siap digunakan. Benar-benar antivirus untuk flashdisk terbaik 2017 versi WinPoin.

 

Tambahan

Dari kolom komentar ada tambahan antivirus flashdisk dari pengunjung, yaitu:

Bagaimana dengan kamu, apakah kamu memiliki antivirus flashdisk lain selain 10 antivirus portabel diatas? Sebagai antivirus untuk flashdisk, tentu syaratnya adalah portabel dan bisa dijalankan langsung dari flashdisk dimanapun saat flashdisk tersebut ditancapkan. Jika ada silakan langsung saja bagikan di kolom komentar.

Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.