10 Aplikasi Gratis Terbaik Untuk Penulis

10 Aplikasi Gratis Terbaik Untuk Penulis

0

NovelisSiapa disini yang suka menulis? Baik menulis cerpen, novel, tugas, ataupun sebagai diary harian? Nah aplikasi apa yang kamu pakai? Saya yakin kebanyakan dari kamu menggunakan Microsoft Word sebagai senjata utamanya. Namun tentu Ms. Word tidak selalu menjadi yang terbaik bukan? Ada kalanya ingin worksheet yang simpel dan tidak terlalu banyak mengganggu konsentrasi. Kadang pula fitur yang kita inginkan tidak tersedia di Ms. Word. Nah, berikut 10 aplikasi gratis terbaik untuk penulis, iya, gratis!

1. FocusWriter

focuswriter-650-80

Focus Writer didesain sangat simpel untuk membuang tampilan-tampilan yang mengalihkan perhatian ketika kamu sedang fokus untuk menulis. Simpel dan enak dipandang. FocusWriter tersedian untuk Linux, Windows dan MacOS (dulu bernama OS X). Menariknya, ketika kamu mengetik, kamu bisa menambahkan backsoud ala mesin ketik. Wow old-school banget yak!

Download Disini!

2. WriteMonkey

writemonkey-650-80

Nah, untuk yang kali ini, hampir mirip dengan yang tadi, namun memiliki berbagai fitur yang lebih banyak (terutama untuk kamu para blogger). Kamu bahkan mengklasifikasikan tulisanmu menjadi berbagai bagian. Meskipun untuk awalnya kamu mungkin harus membiasakan diri, sekalinya lancar kamu pasti ketagihan!

Baca juga:  2 Cara Mudah Menghapus Bahasa di Windows 10

Download Disini!

3. Celtx

celtx-650-80

Kamu suka menulis naskah drama? Atau naskah untuk film? Maka Celtx merupakan aplikasi yang tepat untukmu. Mulai dari atas sampai bawah, ujung kanan sampai kiri, semua didesain untuk kamu para penulis naskah. Fitur yang ditawarkan pun ala penulis naskah banget. Dan tahukah kamu? Tidak sedikit para penulis naskah Hollywood menggunakan aplikasi ini lho!

Download Disini!

4. LibreOffice Writer

libreofficewriter-650-80

Untuk kamu yang terbiasa menggunakan Linux, tentu salah satu keluarga LibreOfiice ini tidak asing lagi. Yap LibreOffice Writer seolah pengganti Microsoft Word namun versi gratisnya. Mengenai fitur yang ditanamkan jangan ditanya lagi, buanyaaak, layaknya Microsoft Word yang kamu kenal selama ini. Ketika kamu memakainya, saya yakin kamu akan familiar dengan tampilannya dan langsung lancar menggunakannya.

Download Disini!

5. Sigil

sigil-650-80

Aplikasi ini didesain spesial untuk kamu yang ingin membuat ebook untuk dipublish secara online. Jika kamu suka menulis cerpen atau novel untuk kamu bagikan ke teman-teman atau pembaca secara gratis, aplikasi ini sangat membantu. Kamu bahkan diberikan menu untuk membagi chapter-chapter ceritamu.

Baca juga:  Cara Cepat Untuk Memindahkan Baris Tabel di Word 2013

Download Disini!

6. Trelby 

trelby-650-80

Hampir sama dengan Celtyx, Trelby didesain untuk para penulis naskah atau cerita. Bedanya, Trelby memiliki tampilan yang lebih sederhana. Namun bagaimana dengan fiturnya? Tidak kalah dengan Celtyx!

Download Disini!

7. Scribus

scribus-650-80

Jika kamu bekerja di salah satu penerbit majalah atau buku, maka aplikasi satu ini jangan sampai kamu lewatkan. Dengan aplikasi ini kamu bisa mendesain majalah atau buku dengan tampilan yang ciamik! Bisa dibilang aplikasi ini merupakan versi gratis dari Adobe InDesign!

Download Disini!

8. Hemingway

hemingway-650-80

Berbeda dengan aplikasi sebelum-sebelumnya, Hemingway merupakan aplikasi pengolah kata secara online. Kekuarangannya tentu untuk menggunakan Hemingway kamu membutuhkan koneksi internet. Kelebihannya? Dengan database internet yang tak terbatas, Hemingway bisa memperlihatkan seberapa mudah tulisanmu bisa dibaca, grammar yang tepat, tawaran variasi kata-kata dan masih banyak lagi.

Coba Secara Online!

9. Evernote

evernote-650-80

Saya yakin kamu sudah tidak asing lagi dengan aplikasi satu ini. Dengan Evernote kamu bisa mengumpulkan ide-idemu dan menulis draft untuk kamu edit nanti. Kamu bisa mengedit ide-idemu dengan berbagai tampilan yang menarik dan tidak mudah dilupakan.

Baca juga:  Cara Melihat Aplikasi yang Baru di Update pada Windows 10

Download Disini!

10. Freemind

freemind-650-80

Kamu sering mendapat jalan buntu ketika sedang menulis cerita? Bingung mau dibawa ceritanya. Kamu mungkin mengalaminya jika kamu belum mengenal aplikasi Freemind ini. Dengan aplikasi ini, kamu bisa menuliskan ide-idemu untuk dirangkai dalam bentuk cerita. Tampilannya terlihat abstrak, layaknya ide yang kadang muncul tiba-tiba, namun terorganisir dan simpel. Nah, sebelum mulai menulis novel atau cerpen, mungkin kamu bisa merangkai kerangka ceritamu di Freemind ini.

Download Disini!

Nah demikian 10 aplikasi gratis untuk kamu para penulis. Akan tetapi, tentu sebagai aplikasi pihak ketiga, aplikasi-aplikasi diatas tidak terintegrasi penuh dengan Windows 10 layaknya Microsoft Word. Namun satu yang perlu kamu ingat, aplikasi-aplikasi tadi gratis lho! sayang kalau enggak dicoba hehe. Nah apakah kamu memiliki aplikasi favoritmu sendiri? Bagikan disini yak! :)

Kiminarimasu!

Source: Techradar

 

Batal jadi peternak, hanya seorang Author dan Illustrator yang mencintai teknologi.