16 Fitur Keren di Windows 10 Creators Update Build 15002 (Insider)

16 Fitur Keren di Windows 10 Creators Update Build 15002 (Insider)

0

Windows 10 Mengalami Freeze Setelah Anniversary Update? Ini Cara Mengatasinya

Jika dibandingkan dengan update build sebelum-sebelumnya, ada yang istimewa dengan perilisan build kali ini. Setelah vakum beberapa saat di momen tahun baru, melalui Insider Build 15002 yang baru saja dirilis, berbagai fitur Windows 10 Creators Update mulai kelihatan.

Jadi update kali ini merupakan update mayor dengan perubahan besar didalamnya, dan bagi kamu yang penasaran berikut ini 16 fitur keren di Windows 10 Creators Update yang terlihat melalui build 15002 insider:

 

1. Tab Preview Bar

16 Fitur Keren di Windows 10 Creators Update Build 15002 (Insider)

Jika kamu membuka banyak tab saat browsing, fitur ini bakal memudahkan kamu berpindah dari satu tab ke tab lain dengan menampilkan preview dari halaman yang dibuka di tab tersebut. Kamu bisa melakukan scroll tab baik menggunakan mouse wheel, touchpad, ataupun touchscreen.

 

2. Menyembunyikan Tab

16 Fitur Keren di Windows 10 Creators Update Build 15002 (Insider)

Lagi-lagi fitur yang bakal bermanfaat bagi kamu yang sering membuka banyak tab saat browsing. Jika di browser lain seperti Chrome dan Firefox saya biasa mengandalkan add-on OneTab, di Edge langsung ditanamkan fitur serupa. Jadi dengan sekali klik kamu bisa menyembunyikan semua tab yang terbuka, lalu bisa merestore tab manapun yang kamu inginkan, atau bahkan semua tab dengan sekali klik.

 

3. Jump List

16 Fitur Keren di Windows 10 Creators Update Build 15002 (Insider)

Melalui icon Edge di taskbar, sekarang kamu bisa klik kanan / swpe untuk memilih membuka window baru atau inprivate window. Ini bukan fitur baru sih sebenarnya di browser lain seperti Chrome, tetapi jika kamu pengguna Edge maka bakal cukup terbantu dengan adanya Jump List ini.

 

4. Component UI

Dengan digunakannya arsitektur UWP baru untuk multi-proses, Microsoft Edge jadi lebih kencang, responsif, dan stabil. Artinya kamu bisa browsing dengan lebih ngebut saat menggunakan browser bawaan Microsoft ini.

 

5. Flash Click-to-Run

16 Fitur Keren di Windows 10 Creators Update Build 15002 (Insider)

Flash sudah menjadi masa lalu. Saat ini keberadaannya semakin tersisih, dan Edge tidak mau ketinggalan. Secara default Edge akan memblokir konten Flash yang tidak terpercaya, tetapi kamu bisa menjalankannya dengan sekali klik jika memang menginginkannya. Diblokirnya Flash di Edge membuat proses browsing lebih aman, kencang, dan responsif — namun diberikannya fitur Click-to-Run tetap menjaga kamu bebas memainkan konten Flash yang kamu inginkan.

Baca juga:  Windows 10 Build 10586.164 Untuk PC dirilis, Apa Ada yang Baru?

 

6. Web Payment

16 Fitur Keren di Windows 10 Creators Update Build 15002 (Insider)

Edge sekarang sudah ditambahkan support terhadap Payment Request API yang baru, membuat kamu bisa membayar dengan lebih mudah jika berbelanja online dengan metode pembayaran dan alamat pengiriman yang sudah disimpan di Microsoft Wallet.

 

7. Tile Folder

16 Fitur Keren di Windows 10 Creators Update Build 15002 (Insider)

Di build ini kamu bisa mengumpulkan beberapa Tile di Start Menu kedalam folder. Ini adalah fitur yang sudah ada di Windows 10 Mobile dan kini dibawa ke Windows 10 PC juga. (Baca juga: Kamu Bisa Bikin Live Tile Folder di Windows 10 Creators Update)

 

8. Fitur Share Baru

16 Fitur Keren di Windows 10 Creators Update Build 15002 (Insider)

Fitur share di Windows kini didesain ulang sehingga lebih fokus dan terintegrasi dengan berbagai aplikasi. Popup Windows share ini akan muncul jika kamu melakukan share melalui aplikasi, serta akan memunculkan opsi pilihan share sesuai dengan aplikasi yang tersedia. Di build ini hotkey Win+H untuk membuka Windows Share juga telah dimatikan.

 

9. Screenshot Area Layar

Sekarang kamu bisa mengambil screenshot area yang kamu inginkan di layar dengan menggunakan Win + Shift + S. Setelah itu screenshot bakal langsung tersimpan di clipboard untuk kemudian bisa kamu paste di OneNote atau aplikasi lainnya. Sepertinya ini bakal menjadi fitur primadona bagi saya yang hampir setiap hari membutuhkan screenshot region di tampilan layar. (Saat ini saya masih memakai aplikasi pihak ketiga bernama PicPick untuk melakukannya). (Baca juga: 5 Cara Mengambil Screenshot di Windows 10)

Baca juga:  Aplikasi Twitter Windows 8 Untuk Pertama Kalinya Mendapatkan Perbaikan

 

10. Akses VPN Lebih Simple dan Cepat

Bagi kamu pengguna VPN, sekarang bisa langsung konek ke VPN langsung melalui flyout Network tanpa harus ke VPN setting terlebih dahulu.

 

11. Bantuan Cortana Saat Instalasi

16 Fitur Keren di Windows 10 Creators Update Build 15002 (Insider)

Proses instalasi Windows kini melibatkan Cortana, dimana selain klik klik klik menu, kamu juga bisa cukup mendengar dan menjawab opsi yang diberikan oleh Cortana.

 

12. Windows Defender Baru

Sebagai gerbang pertahanan utama di Windows 10 yang kini mulai banyak dipercaya pengguna Windows, Microsoft terus merombak Windows Defender. Kali ini mereka menambahkan opsi Quick, Advanced, serta Full Scans. Selain itu ditambahkan report mendetail tentang kesehatan dan kondisi PC.

Satu lagi fitur yang ditambahkan di Windows Defender adalah Refresh Windows, dimana jika PC kamu terasa lambat, sering crash, atau gagal updare, Refresh Windows bisa mengatasinya.

Refresh Windows tak ubahnya seperti Reset this PC, dimana Windows akan otomatis reinstall tetapi tetap mempertahankan file dan dokumen yang tersimpan. Hanya saja untuk aplikasi selain bawaan Windows akan hilang setelah proses selesai.

 

13. Nyaman di Mata!

16 Fitur Keren di Windows 10 Creators Update Build 15002 (Insider)

Ada opsi baru bernama Blue light settings, dimana Windows akan mengurangi nyala biru di layar PC saat malam. Kamu bisa mengaturnya secara otomatis atau manual, dan ini akan membuat Windows 10 lebih nyaman saat dipakai di ruangan gelap, serta memastikan mata kamu nyaman dan bisa tidur dengan lebih nyenyak di malam hari.

 

14. Metered Ethernet (LAN) Connection

Akhirnya tidak perlu lagi ngetweak Windows untuk menjadikan koneksi ethernet (LAN) menjadi metered. Di build terbaru ini opsi Metered Connection nggak cuman tersedia untuk koneksi WiFi / mobile broadband saja, tetapi juga untuk Ethernet. Tahu sendiri kan terkadang beberapa ISP (Bolt Home Router misalnya) tetap dibatasi kuota bulanan meskipun modem sudah menggunakan kabel ethernet.

Baca juga:  Perkenalkan Opera Neon, Konsep Baru Browser Masa Depan

Cocok banget buat kamu pengguna PC dengan koneksi internet melalui LAN / Ethernet dengan batasan kuota. (Baca juga: Tips Hemat Kuota di Windows 10, Mengubah Koneksi Internet Menjadi Metered)

 

15. BSOD Kini Jadi GSOD (Green Screen of Death!)

Wow... Blue Screen Diubah Menjadi Green Screen untuk Windows Insiders!

Sebelumnya WinPoin sudah membahas ini, tetapi sekarang sudah official nih bahwa di build insider BSOD dibedakan menjadi warna hijau (GSOD). Ini untuk membedakan mana error di build final dan mana di build insider. (Baca juga: Blue Screen Diubah Menjadi Green Screen di Windows Insider)

 

16. Update yang Lebih Fleksibel

Windows 10 dikenal paling tidak fleksibel untuk urusan update. Bayangkan saja, di versi home misalnya..opsi mematikan automatic update tidak disediakan sehingga kita harus ngetweak untuk melakukannya. (Baca: 5 Cara Mematikan Automatic Update di Windows 10 Secara Paksa, Demi Menghemat Kuota)

Di versi ini akhirnya Microsoft menambahkan opsi Pause Update untuk mencegah update Windows otomatis selama 35 hari. Sayangnya lagi-lagi fitur ini hanya hadir ke versi Pro, Education, dan Enterprise. Untuk versi home kamu harus tetap ngetweak sendiri (lihat caranya di link diatas).

Update Windows juga bisa kamu atur apakah menyertakan driver update atau tidak. Lagi-lagi versi Windows paling bawah yaitu Home tidak akan mendapati fitur ini.

 

Masih Banyak Fitur Baru & Perbaikan…

Masih ada banyak fitur baru dan perbaikan lain yang lebih minor, dan tentu saja karena ini versi insider fast ring, masih beberapa bugs dan permasalahan didalamnya. Lebih detailnya bisa langsung kamu lihat disini.

 

Nantikan Video Review + Hands-on

Untuk review dan hands-on selengkapnya akan diulas melalui video review di channel YouTube Kepoin Tekno. Jadi pastikan subscribe dan stay tuned.

Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.