19 Cara Mempercepat Windows XP

19 Cara Mempercepat Windows XP

0

Cara Mempercepat Windows XP

Windows XP sebenarnya sudah jauh lebih ringan daripada Windows versi lainnya seperti Vista, 7 dan 8. Tetapi bagi kamu yang masih belum puas dengan performanya dan masih ingin mengoptimasinya lagi, berikut ini WinPoin jelaskan 19 cara mempercepat Windows XP yang terbukti ampuh

 

Cara “Wajar” Mempercepat Windows XP

 

Convert File System Hardisk ke NTFS

Jika kamu masih menggunakan file system FAT32, maka mengconvertnya menjadi NTFS bakal sedikit meningkatkan performa akses hardisk kamu.

Start -> Run -> Ketikkan CONVERT C: /FS:NTFS -> Ikuti panduan langkah yang disediakan

Cara Mempercepat Windows XP

 

Mengurangi Program yang Berjalan di Start Up

Saat baru saja booting, Windows akan menjalankan berbagai macam program yang ada di daftar start up. Semakin banyak program yang berjalan, maka semakin lama pula waktu yang dibutuhkan. Windows XP pun akhirnya terasa berat. Padahal jika dipilah-pilah lagi ada beberapa program yang tidak perlu dijalankan di start-up, misalnya saja Winamp Agent, dsb.

Untuk itu cara pertama mempercepat Windows XP adalah dengan memilah dan mengurangi program yang berjalan di start up.

Buka Start -> Run -> Ketikkan msconfig -> Enter -> Pada tab Startup hilangkan centang program yang tidak ingin kamu jalankan saat start up

Cara Mempercepat Windows XP

Pastikan hanya program yang penting-penting saja yang ada di dalam daftar Startup Item.

 

Mengurangi Efek Visual

Bagi kamu yang haus akan performa dan tidak begitu mempedulikan efek-efek visual di Windows XP, kamu bisa mengurangi efek visual sehingga XP menjadi lebih hemat resource.

Start -> Klik kanan My Computer -> Properties -> Advanced -> Pada area performance, klik Settings -> Pilih Adjust for best performance

Cara Mempercepat Windows XP

 

Mempercepat folder browsing

Start -> My Computer -> Tools -> Folder Options -> View -> Hilangkan centang “Automatically search for network folders and printers” dan “Launch folders in a separate process”

Cara Mempercepat Windows XP

 

Menguninstall Software yang Tidak Digunakan

Terkadang kita sudah tidak menggunakan lagi software tertentu. Daripada memenuhi hardisk dan menghabiskan jatah free space, sebaiknya kamu menguninstallnya saja.

Start -> Control Panel -> Add or Remove Programs -> Uninstall software yang sudah tidak dibutuhkan

 

Membersihkan Virus dan Malware

Virus dan malware yang berjalan selain menghabiskan resource, juga membuat kinerja Windows XP menjadi tidak normal. Bersihkan komputer dari virus dan malware menggunakan software antivirus favorit kamu yang sudah up to date. Kamu juga bisa menggunakan Malwarebytes sebagai senjata tambahan dalam membersihkan malware.

 

Mengoptimasi Kecepatan Download

Download software TCP Optimizer lalu install dan jalankan. Klik File -> Backup Current Setting -> Save.

Setelah itu atur kecepatan internet dan sesuaikan dengan kecepatan maksimal koneksi internet kamu. Klik Optimal Settings -> Apply -> Reboot.

 

Rajin Bersih-bersih Hardisk

Hardisk yang bersih dari file-file sampah mampu meningkatkan performa aksesnya. Oleh karena itu rajin dan rutin membersihkan hardisk dari file sampah cukup membantu mempercepat Windows XP.

Start -> Run -> Ketikkan cleanmgr.exe -> Centang berbagai tipe file yang ingin dibersihkan -> OK

Cara Mempercepat Windows XP

 

Defrag Hardisk

Melakukan defrag hardisk tidak perlu terlalu sering. Lakukan dulu analisa defrag, jika fragmentasi yang terjadi diatas 15% maka defrag hardisk tersebut. Tetapi jika dibawah 15% kamu tidak perlu melakukan defrag.

 

Repair Hardisk

Bad sector dan berbagai error di hardisk bisa menyebabkan performa akses hardisk menurun. Oleh karena itu ada baiknya kamu melakukan pengecekan dan memperbaiki error tersebut jika ada.

Start -> Run -> ketikkan chkdsk /r -> Enter

Seringkali untuk bisa menjalankan chkdsk ini diperlukan restart (scheduling restart) terlebih dahulu. Proses chkdsk akan berjalan setelah PC direstart.

Cara Mempercepat Windows XP

 

Cara “Ekstrem” Mempercepat Windows XP

Mematikan Service yang Tidak Dibutuhkan

Windows XP dilengkapi dengan banyak sekali service yang tentu saja masing-masing service membutuhkan sejumlah resource. Padahal tidak semua service tersebut dibutuhkan lho. Oleh karena itu jika kamu memang ingin mempercepat Windows XP, silahkan matikan service yang tidak kamu butuhkan.

Start -> Run -> Ketikkan service.msc -> double klik service yang tidak dibutuhkan -> ubah Startup Type ke Disable

Cara Mempercepat Windows XP

Beberapa service yang tidak begitu dibutuhkan di kebanyakan komputer adalah Alerter, Clipbook, Computer Browser, Distributed Link Tracking Client, Indexing Service, IPSEC Services, Messenger, Netmeeting Remote Desktop Sharing, Portable Media Serial Number, Remote Desktop Help Session Manager, Remote Procedure Call Locator, Remote Registry, Secondary Logon, Routing & Remote Access, Server, SSDP Discovery Service, Telnet, TCP/IP NetBIOS Helper, Upload Manager, Universal Plug and Play Device Host, Windows Time, Wireless Zero Configuration (jangan dimatikan jika kamu menggunakan Wi-Fi)

 

Mematikan Indexing Service

Indexing sebenarnya bermanfaat bagi yang sering mencari file di Windows XP agar hasil pencarian mampu ditemukan dengan lebih cepat. Tetapi bagi kamu yang jarang menggunakan fitur pencarian di Windows XP, maka sebaiknya fitur ini dimatikan saja. Indexing Service akan melakukan scanning hardisk dan proses ini cukup memakan resource memori serta processor. Untuk itu mematikan Indexing Service bisa menghemat resource komputer, terlebih jika fitur tersebut memang tidak pernah digunakan.

Start -> buka My Computer -> Klik kanan drive hardisk misalkan C: -> Properties -> Hilangkan centang “Allow indexing service to index this hard drive for faster searching” -> Apply

Cara Mempercepat Windows XP

 

Ubah Timout di BOOT.INI

Start -> Run -> ketikkan msconfig -> di tab BOOT.INI ubah Timeout dari 30 menjadi 3 -> Apply -> Restart

Setelah restart bakal muncul window notifikasi System Configuration Utility, centang saja “Don’t Show this Message”

Cara Mempercepat Windows XP

 

Ubah Ukuran Page File

Jika RAM komputer kamu termasuk kecil, maka pastikan kamu mengubah ukuran page file menjadi setidaknya 2 kali besarnya RAM komputer. Jadi misal RAM komputer kamu 1GB, ubah Page File menjadi 2GB

Start -> Control Panel -> Performance and Maintenance -> System -> Advanced -> di area performance klik Settings -> di tab advanced klik Change -> Ubah nilainya menjadi 2 kali nilai RAM sesungguhnya.

Cara Mempercepat Windows XP

 

Atur Prioritas Process Secara Manual

Prioritas process normalnya diatur secara otomatis oleh Windows. Tetapi bagi kamu yang performance freak, kamu bisa menganalisa proses apa yang paling sering kamu gunakan dan kamu butuhkan, lalu mengatur prioritasnya menjadi realtime.

Tekan CTRL + SHIFT + ESC -> Pada tab process, klik kanan process yang diinginkan -> Set Priority -> Ubah ke Realtime

Cara Mempercepat Windows XP

Ingat, jangan mengatur semua process menjadi realtime. Tetapi atur hanya process yang sering kamu gunakan dan benar-benar kamu butuhkan saja.

 

Mematikan Last Access Update

Cara ini bisa digunakan untuk mempercepat akses folder.

Start -> Run -> ketikkan Regedit lalu Enter -> Browse ke HKEY_LOCAL_MACHINE\System\CurrentControlSet\Control\FileSystem -> Klik kanan di area kosong dan pilih New -> DWORD Value -> Isikan namanya NtfsDisableLastAccessUpdate -> double klik dan isikan value datanya 1 -> Enter

Cara Mempercepat Windows XP

 

Mempercepat Kecepatan Shutdown Windows XP

Start -> Run -> ketikkan regedit -> Enter -> browse ke HKEY_CURRENT_USER\Control Panel\Desktop -> double klik WaitToKillAppTimeout dan ubah value datanya menjadi 1000 -> Enter -> Double klik HungAppTimeout dan ubah value datanya menjadi 1000 -> Enter -> browse ke HKEY_LOCAL_MACHINE\System\CurrentControlSet\Control -> double klik WaitToKillServiceTimeout dan ubah value datanya menjadi 1000

Tetap di regedit, browse HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Control\Session Manager\Memory Management -> double klik ClearPageFileAtShutdown dan ubah value datanya menjadi 0. Hal ini akan membuat Windows tidak membersihkan page file ketika shutdown dan membuat kecepatan shutdown menjadi lebih cepat dari sebelumnya.

 

Mematikan Background Image di Dekstop

Klik kanan Desktop -> Properties -> di tab Desktop, ubah wallpaper menjadi None.

Cara Mempercepat Windows XP

 

Optimasi BIOS

Buka pengaturan BIOS dan matikan berbagai port yang tidak digunakan, atau fitur built in yang tidak digunakan. Ingat, hanya matikan port yang tidak digunakan saja.

Cara Mempercepat Windows XP

 

Dengan mengikuti cara mempercepat Windows XP diatas, komputer kamu bakal ngebut bagaikan kuda terbang. Selamat mencoba :D

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!
Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.