2 Cara Defrag di Windows 8 / 8.1

2 Cara Defrag di Windows 8 / 8.1

0

Dari beberapa opsi untuk Mengoptimalkan Windows 8 / 8.1 seperti menggunakan Metode Tweaking, ternyata ada lagi satu metode yang bisa kamu praktekkan yaitu melakukan defragment disk. Dengan melakukan defrag maka PC kamu bisa berjalan lebih cepat karena Windows lebih mudah dalam mengakses data dan file system yang dibutuhkan. Bagi kamu yang belum tahu bagaimana caranya, berikut ini WinPoin berikan 2 cara melakukan defrag di Windows 8 / 8.1.

 

Defrag Secara Manual

defrag_1
Kamu dapat melakukan defragment secara manual, dengan menggunakan ultility bawaan windows yaitu Windows Disk Defragmenter dan untuk step lengkap untuk melakukan Defragment secara manual, kamu bisa baca Cara Defrag Windows 8.

 

Defrag dengan Menggunakan Software

Selain kamu menggunakan cara manual, kamu dapat mendefragment dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga, contoh disini WinPoin menggunakan software IObit Smart Defrag. untuk penggunaanya sendiri sama dengan opsi nomor 1 yaitu kamu perlu melakukan Analyze terlebih dahulu (1).

defrag_2

 

Kemudian setelah melalui tahap analyze, kamu tinggal memilih opsi Defrag Only (2), dengan begitu proses Defragment akan dimulai, lamanya tergantung dari jumlah dan size file didalam drive/partisi tersebut.

defrag_3

 

Nantinya selesai selesai melakukan defragment, report log dapat kamu lihat di folder SDReport yang terletak di “C:\Program Files (x86)\IObit\Smart Defrag 3\SDReport\”,  log repotnya berekstensikan .html jadi kamu membutuhkan Web Browser untuk membukanya. Setelah dibuka hasilnya kurang lebih akan seperti ini.

defrag_4

Jika kamu tidak tertarik menggunakan software ini maka kamu dapat mencoba alternatif  lainnya seperti Defraggler.

Nah itu dia 2 cara yang dapat kamu lakukan untuk melakukan defrag di Windows 8 / 8.1. Jika kamu punya pertanyaan seputar cara defrag di Windows ini, silahkan langsung saja ditanyakan di Forum WinPoin.

Ikuti terus WinPoin untuk mendapatkan tutorial Windows basic hinggal advance.. See you soon guys :)

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!
Microsoft Device and Windows beta enthusiast. akan merasa senang jika bisa saling bertukar knowledge tentang Windows dan Lumia, baik Melalui Forum atau Twitter. Bukan fanboy.