2 Cara Membuat Flashdisk Bootable Windows 7

2 Cara Membuat Flashdisk Bootable Windows 7

3

bootableflashdiskwindows7_0

Selain kamu bisa menggunakan media DVD untuk membuat bootable Windows 7, kamu juga bisa menggunakan flashdisk sebagai media bootable. Bootable Windows melalui flashdisk ini juga bisa menjadi opsi bagi kamu yang memiliki notebook atau netbook tanpa dilengkapi DVD-Rom. Bagi kamu yang tertarik untuk membuat media instalasi Windows 7 melalui flashdisk, berikut ini WinPoin berikan 2 cara membuat Flashdisk bootable Windows 7 yang mudah untuk dilakukan.

 

Persiapan

Hal yang dibutuhkan hanyalah 1 flashdisk dengan storage minimal 4GB dan ISO Image dari Windows 7. Setelah semuanya siap kamu bisa memilih salah satu dari 2 cara dibawah ini:

 

Dengan Menggunakan Diskpart

bootableflashdiskwindows7_1

Kamu bisa menggunakan utility bawaan Windows yaitu diskpart yang bisa dijalankan melalui Command Prompt (CMD). Untuk langkah-langkah lengkapnya bisa kamu lihat di thread Cara Membuat Installer Windows di USB Flashdisk Bootable Tanpa Menggunakan Software di Forum WinPoin.

Dan jika kamu ingin menggunakannya pada sistem UEFI, kamu bisa membaca Cara Membuat UEFI Bootable USB di Forum WinPoin.

 

Dengan Menggunakan Software

Ada banyak software pihak ke tiga untuk membuat bootable windows yang bisa kamu coba. Sebagai contoh disini WinPoin Menggunakan Rufus.
bootableflashdiskwindows7_2
Untuk menggunakannya pertama colok flashdisk ke PC, setelah itu jalankan Rufus nantinya flashdisk akan otomatis terdeteksi. Untuk membuat bootable pada bagian opsi “Create a bootable disk using“, pilih “ISO image” lalu pilih icon drive untuk memilih file ISO yang diinginkan.
bootableflashdiskwindows7_3
Setelah memilih maka otomatis Volume label akan berganti sesuai dengan data ISO tersebut. untuk memulai proses klik Start dan sebelum prosesnya berlangsung akan muncul notifikasi yang menyatakan bahwa seluruh data pada flashdisk akan dihapus. Tunggu prosesnya kurang lebih 5 menit, setelah selesai kamu boleh menutup rufus dan flashdisk siap dipakai sebagai media bootable.

Alternatif selain menggunakan Rufus kamu dapat menggunakan WinToFlash, Yumi, ataupun Windows 7 DVD / USB Tool.

 

Itulah 2 cara yang dapat kamu lakukan untuk membuat flashdisk bootable Windows 7. Caranya juga sama dengan membuat flashdisk bootable windows 8 / 8.1 (Baca : 2 Cara Membuat Bootable Windows 8 / 8.1).

Jika ada pertanyaan seputar bootable ini bisa kamu tanyakan di Forum WinPoin. Sampai jumpa di artikel WinPoin selanjutnya :D

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!
Microsoft Device and Windows beta enthusiast. akan merasa senang jika bisa saling bertukar knowledge tentang Windows dan Lumia, baik Melalui Forum atau Twitter. Bukan fanboy.