2 Cara Membuat Flashdisk Bootable Windows 8 / 8.1

2 Cara Membuat Flashdisk Bootable Windows 8 / 8.1

2

bootablewindows_1

Bagi pengguna notebook atau netbook yang tidak dilengkapi dengan DVD-Rom, menginstall Windows melalui Flashdisk Bootable menjadi satu-satunya pilihan. Untuk itu hal pertama yang harus kamu persiapkan adalah flashdisk bootable Windows. Jika kamu belum tahu caranya, tidak perlu khawatir dulu, karena melalui artikel ini WinPoin akan menunjukkan 2 cara membuat flashdisk bootable windows 8 / 8.1.

Pertama siapkan dulu flashdisk berukuran minimal 4GB dan file ISO / DVD instalasi Windows. Jika perlengkapan tersebut sudah siap, maka kamu dapat memilih salah satu dari 2 cara membuat flashdisk bootable Windows dibawah ini.

 

Melalui Perintah Diskpart (Manual)

bootablewindows_2

Untuk cara manual ini kamu dapat menggunakan ultility bawaan Windows yakni diskpart.exe yang nantinya kamu operasikan dengan menggunakan command prompt. Cara ini sangat mudah untuk dilakukan dan yang kamu perlukan hanya menjalankan beberapa perintah untuk menjadikan USB flashdisk kamu menjadi bootable Windows. Untuk panduan lengkap cara membuat flashdisk bootable Windows bisa kamu baca di Cara Membuat Bootable USB Windows Tanpa Software Apapun.

Dengan cara ini kemungkinan berhasil hampir 100 persen. Resiko kerusakan flashdisk akibat kesalahan operasional software juga sangat kecil. Cara manual menggunakan Diskpart ini sangat kita sarankan untuk kamu gunakan setiap kali akan membuat flashdisk bootable Windows.

 

Dengan Menggunakan Software

bootablewindows_3

Nah untuk kamu yang tidak ingin ribet menggunakan command prompt, kamu dapat menggunakan software pihak ketiga untuk membuat bootable USB. Beberapa software yang bisa kamu gunakan adalah Windows 7 USB/DVD Tool. Jangan khawatir, walaupun namanya Windows 7 tetapi kamu juga bisa membuat bootable untuk Windows 8 / 8.1 menggunakan software ini. Untuk panduan lebih lengkapnya kamu bisa melihatnya di Cara Membuat Bootable Flashdisk Windows 7 dengan menggunakan software.

Selain software Windows 7 USB/DVD Tool, kamu juga dapat menggunakan Rufus, WinToFlash ataupun Yumi.

 

Itulah 2 cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat Bootable Windows 8 / 8.1. Jika ada pertanyaan seputar bootable ini kamu dapat bertanya di Forum WinPoin.

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!
Microsoft Device and Windows beta enthusiast. akan merasa senang jika bisa saling bertukar knowledge tentang Windows dan Lumia, baik Melalui Forum atau Twitter. Bukan fanboy.
  • Gan, supaya diskpart formatnya cepet gimana?

  • rita

    Terimakasih tutorialnya bermanfaat banget,

    Mau belajar microsoft office , desain grafis , dan programming? yuk lihat tutorialnya di
    tutorial-tutorial
    gratis