2 Cara Sharing Internet Windows 8 / 8.1

2 Cara Sharing Internet Windows 8 / 8.1

4

sharinginternet_0

Bayangkan bagaimana jika kamu ingin browsing rame-rame dengan teman kamu tetapi hanya memiliki satu koneksi internet saja?

Jawabannya adalah dengan Membuat Virtual Hotspot!

Yup dengan kamu membuat portable Wifi maka kamu bisa saling berbagi / sharing koneksi internet dengan teman-teman kamu. Kamu bisa berbagi satu koneksi internet agar bisa digunakan oleh banyak laptop / device sekaligus. Bagi kamu yang tertarik untuk melakukannya, berikut ini WinPoin berikan 2 cara sharing internet di Windows 8 / 8.1.

Beberapa hal yang dibutuhkan :

  1. Laptop Windows 8 / 8.1 yang terkoneksi ke internet (perangkat ini akan kita jadikan virtual hotspot).
  2. Laptop, PC, atau smartphone yang dilengkapi WiFi (perangkat yang akan terhubung ke internet dari virtual hotspot)

Jadi nantinya kita akan menjadikan satu laptop yang terkoneksi ke internet menjadi virtual hotspot sehingga device lainnya bisa terhubung ke koneksi internet tersebut dan bisa browsing rame-rame.

Setelah syarat sudah terpenuhi maka kamu dapat memilih salah satu metode dibawah ini.

 

Menggunakan Virtual Adapter

sharinginternet_1

Meskipun fitur AD-HOC di Windows 8.1 sudah dihilangkan, namun kamu dapat menggunakan fitur Windows lainnya yaitu Virtual Adapter yang konfigurasinya bisa dilakukan lewat Command prompt. Untuk panduannya lengkap langkah-langkahnya kamu bisa langsung melihatnya di Thread Cara Setup Windows 8 / 8.1 jadi Hotspot di Forum WinPoin.

 

Menggunakan Software

Banyak software Virtual Hotspot yang dapat kamu gunakan, sebagai contoh disini WinPoin menggunakan Virtual Router Plus. Software ini membutuhkan NetFramework3.5 agar bisa berjalan dengan lancar.

NB : Karena ini software Freeware, hati-hati pada saat melakukan installasi. Jika kamu tidak berhati-hati kamu akan menginstall adware. Jadi pastikan membaca setiap instruksi pada saat melakukan installasi software ini.

sharinginternet_2

Nah setelah instalasi untuk menggunakannya berikan nama SSID sesuai keinginan dan kemudian masukan Password agar tidak bisa diakses semua orang. Terakhir pilih koneksi yang ingin kamu bagi, ketika sudah selesai klik “Start Virtual Router Plus“. Tunggu beberapa saat dan nantinya akan muncul koneksi baru dan kamu dapat menghubungkan smartphone, laptop, tablet dsb.

Alternatif kamu dapat mencoba beberapa software lainnya yang pernah dibagikan di Forum WinPoin seperti MyPublicWiFi, Virtual Wifi Router, ataupun mHotspot.

 

Itulah 2 cara yang dapat kamu lakukan untuk sharing internet di Windows 8 / 8.1. Satu hal yang penting disini adalah pastikan kamu memiliki koneksi internet yang stabil agar internet tetap nyaman digunakan meskipun harus dibagi untuk beberapa orang. (Baca Juga : 6 Cara Mempercepat Koneksi Internet Windows 8 / 8.1).

Jika kamu memiliki cara lain atau pertanyaan tentang cara sharing internet di Windows 8 / 8.1, silahkan langsung saja bertanya di Forum WinPoin.

 

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!
Microsoft Device and Windows beta enthusiast. akan merasa senang jika bisa saling bertukar knowledge tentang Windows dan Lumia, baik Melalui Forum atau Twitter. Bukan fanboy.
  • yang pasti gak work sama computer xD, adaptor wifinya gak ada

    • Febian

      iya..kl g ada wifi nya hrs pake LAN :v

  • cahyo jm

    sip sy mah lebih suka dengan cmd drpd dengan software

  • Didik Ariyana

    request dong min.. cara sharing koneksi wifi yang ada di komputer kita ke komputer lain menggunakan lan ??