3 Aplikasi MSN yang akan Dihentikan Beserta Alternatifnya

3 Aplikasi MSN yang akan Dihentikan Beserta Alternatifnya

20

Aplikasi MSN dihentikan

Microsoft Network atau yang populer disebut sebagai MSN merupakan jaringan layanan milik Microsoft yang mencakup banyak fitur seperti layanan email, berita, Messenger, video, peta, dan banyak lagi. MSN sudah eksis sejak tahun 1995 sebagai pendukung Windows yang merupakan produk andalan Microsoft pada saat itu.

Karena besarnya cakupan layanan yang dimiliki MSN, maka ketika Windows Phone mulai diperkenalkan, maka Microsoft membuat beberapa aplikasi untuk memudahkan pengguna Windows Phone mengakses layanannya. Penamaan aplikasi ini menggunakan kata MSN untuk menunjukkan bahwa ini merupakan bagian dari produk Microsoft Network yang mengakses layanan spesifik.

Dalam sebuah email seminggu yang lalu, Microsoft akhirnya menyatakan dengan resmi bahwa layanan beberapa aplikasi MSN miliknya akan dihentikan pada akhir bulan September nanti.

Aplikasi MSN Dihentikan

Apabila kamu adalah pengguna setia yang menyayangi aplikasi tersebut, maka berikut ini Winpoin mengulas aplikasi MSN yang akan dihentikan sembari menawarkan aplikasi yang merupakan solusi dari aplikasi MSN yang akan dihentikan tersebut.

 

MSN Health & Fitness

Aplikasi MSN DihentikanAplikasi MSN Dihentikan

Keputusan menghentikan layanan MSN Health & Fitness merupakan salah satu keputusan Microsoft yang membuat saya sedih layaknya sedihnya skandal cihuy Jessica Vania setahun lalu. Saya tak habis pikir kenapa Jeje… eh, maksud saya Microsoft menghentikan layanan aplikasi yang sangat bermanfaat ini. Faktanya, aplikasi ini memiliki fitur tracking untuk aktivitas lari dan jalan yang sangat bermanfaat jika kamu ingin berolahraga. Selain itu, terdapat juga fitur untuk menyiapkan jadwal workout atau nge-gym dan banyak aktivitas olah raga lain.

Baca juga:  3 Aplikasi Pengganti OneNote (Ketika OneNote Malfungsi)

Bukan itu saja, MSN Health & Fitness juga menampilkan banyak artikel yang mengembangkan wawasan kesehatan kita, misalnya: bagaimana cara tetap kurus setelah makan sepuluh ekor sapi, tips untuk bertambah putih setelah berjemur di atas karang pantai, dan sebagainya. Aplikasi ini juga terintegrasi baik dengan SensorCore, sebuah hardware tambahan Lumia yang memungkinkan untuk memantau setiap langkah kamu secara akurat untuk tujuan kesehatan, sehingga kamu bisa melihat berapa jumlah langkah kamu ketika melakukan aktivitas berlari atau berjalan sambil memegang Lumia.

Sulit untuk menggantikan MSN Health dengan aplikasi lain. Namun jika kamu menginginkan aplikasi pelacak aktivitas fisik yang baik dan gratis, Active Fitness mungkin bisa jadi jawabannya. Sedangkan untuk aplikasi berbayar, tentu saja yang terbaik adalah Runtastic Pro, yang memungkinkan kamu memantau aktivitas olah raga sekaligus mengatur jadwal profesional untuk aktivitas olah raga kamu.

Baca juga:  OneDrive, Windows Camera dan Microsoft Photos Update, Inilah Fitur Barunya!

Download Active Fitness di sini.

Download Runtastic Pro di sini.

Namun meskipun memiliki aplikasi pengganti ini, kamu akan tetap merindukan artikel kesehatan yang mudah diakses melalui MSN Health & Fitness beserta berbagai tips untuk berolahraga.

 

MSN Travel

Aplikasi MSN DihentikanAplikasi MSN Dihentikan

MSN Travel memudahkan kamu meyusun rencana keberangkatan dengan meninjau jadwal penerbangan, status keberangkatan dan kedatangan ke sebuah tempat, beserta fasilitas untuk mencari hotel. Aplikasi ini memudahkan kamu mengatur acara liburan dengan selingkuhan kekasih kamu ke tempat-tempat eksotis yang pasti akan menguatkan jalinan cinta kamu! Jomblo? Berlibur tentu saja memungkinkan kamu berkenalan dengan gadis-gadis secantik idol gravure yang prospektif untuk teman hidup di masa mendatang nantinya.

Sepinya peminat pengguna layanan ini menjadikan Microsoft memutuskan untuk menutup layanan MSN Travel. Jika mengharapkan pengganti yang bisa juga menata acara liburan atau keberangkatan bisnis kamu, maka kamu dapat mengandalkan aplikasi lain seperti Hotels.com atau Tripadvisor yang kurang lebih memiliki fungsi serupa. Tripadvisor bahkan memberikan saran tentang tempat yang cocok untuk kamu kunjungi beserta review aktivitas apa yang dapat kamu lakukan di tempat tersebut.

Baca juga:  7 Aplikasi Windows Phone Spesifik untuk Mendukung Komunitas Tertentu

Download Hotels.com di sini.

Download Tripadvisor di sini.

 

MSN Food & Drinks

Aplikasi MSN DihentikanAplikasi MSN Dihentikan

Jika kamu adalah penggemar masak memasak atau berburu kuliner, maka sepertinya perut karungmu akan kehilangan salah satu sahabat sejatinya. MSN Food & Drinks yang memanjakan para pecinta kuliner juga termasuk dalam salah satu layanan yang akan ditutup akhir September nanti. Meskipun demikian, jangan khawatir. Cacing-cacing borjuis dalam usus kita tak akan sampai kesusahan karena ada beberapa aplikasi yang dapat menggantikan peran layanan Microsoft ini, di antaranya adalah Urbanspoon dan Zomato.

Download urbanspoon di sini.

Download Zomato di sini.

Sayangnya, kedua aplikasi ini lebih banyak berfokus pada wisata kuliner, sedang MSN Food & Drinks memiliki kelebihan pada berbagai artikel resep memasak dan tips kuliner yang dapat menambah wawasan kamu di bidang santap menyantap.

 

Meskipun masih lama layanan ini resmi ditutup, kamu perlu bersiap sedini mungkin untuk mendapatkan pengganti yang sepadan dari aplikasi layanan Microsoft tersebut. Jika kamu punya ide brilian tentang aplikasi yang dapat digunakan untuk menggantikan layanan MSN apps yang dibahas, sumbangkan saran dan pemikiranmu di kolom komentar!

Penulis Winpoin yang paling sering minta dimaklumi kalau lagi lama nggak nulis | Dengan senang hati menjawab pertanyaan seputar Windows Phone lewat akun Twitter @kikisidharta
  • padahal ke – 3 aplikasi MSN tersebut sangat bagus kualitasnya dan memiliki banyak kelebihan dibanding pesaingnya, tetapi mengapa penggunanya sangat sedikit ya ? :D

    • Hmmm.. Itu kayaknya perlu analisis lebih mendalam..

      • microsoft harus menyelidiki apa penyebabnya, apakah dari bagian marketing atau yang lain :D

  • Adil Pangestu

    untung aja MSN weather gak di hentikan

  • Kahfindo Arya Be

    Miminnya wota :’)

  • Fayyadh Muchlis

    Kalo bagi ane fungsi MSN Apps cuma buat pajangan di start screen biar tetep keren dan keliatas selalu up to date, padahal jarang dibuka :v

    • berarti anda termasuk orang yang belum menggunakan sesuatu dengan maksimal

    • Rasshid

      Hampir sama, kalo di ane biar start screen ga satu warna doang (semenjak windows 10) :v

      • Fayyadh Muchlis

        Ternyata bukan cuma ane yg kayak begitu, tapi yg biasa ane buka paling cuma MSN News buat baca2 berita aja

        • Rasshid

          Yak seperti pengganti BaBe di Android :v toh enakan baca berita di PC :v

  • YanDhika

    entah ini jadi kebiasaan

    ganti nama —> dihentikan support (atau dihapus permanen)

  • Labib Muhammad

    MSN Health and Fitness = Google Fit
    MSN Travel = Google Drive (drive artinya berkendara, kan?)
    MSN Food and Drinks = Google Now (ask to google)

  • Trip Advisor sih pake ya, cuma di MSN Travel tu beda keleees, itu memuat artikel banget, lagian Trip yg di metro itu gak sempurna, mending buka web kan :(

  • Saya cuma 2 app MSN yang sering dibuka aja, MSN News sama Weather :v

    Tapi lebih sering News :D

  • Rasshid

    Pffft, idol gravure :v