3 Aplikasi Perekam Handal untuk Windows Phone

3 Aplikasi Perekam Handal untuk Windows Phone

5

Aplikasi Perekam Handal

Winpoin sering menerima pertanyaan sederhana dari para sahabat pengguna Windows Phone, terutama yang baru saja menggunakan perangkat besutan Microsoft ini, yaitu: “Bagaimana cara merekam menggunakan Windows Phone?

Secara default, kamu dapat memanfaatkan aplikasi OneNote. Cukup tap ikon “+”, (untuk menambahkan catatan), kemudian tap ikon rekam. Maka kamu dapat menyimpan rekaman, sekaligus menyimpannya secara cloud sehingga dapat dibuka di mana saja. Namun kelemahannya, selain kualitas rekaman yang tidak begitu baik, format rekaman juga berupa .wav dan sulit untuk diekstrak keluar. Cukup merepotkan bukan, jika semua format rekaman kamu berupa data file OneNote? Permasalahan lainnya, seringkali rekaman terjeda (pause) ketika layar dikunci dan ponsel dalam keadaan sleep. Ini tentu menyulitkan jika kamu memerlukan rekaman sebuah acara yang cukup panjang.

Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk memiliki app khusus untuk merekam suara, yang mana dapat kamu manfaatkan untuk berbagai macam keperluan. Untuk mahasiswa, teman-teman bisa merekam penjelasan dosen yang panjang dan terkadang sulit dimengerti, untuk pelajar yang berbakti, bisa merekam omelan pesan Ibu agar selalu ingat untuk belajar, dan untuk cewek yang sedang pacaran, rekamlah janji-janji cowokmu sebelum berubah menjadi gombal belaka. *Langsung dilempar cowok-cowok yang rajin baca Winpoin*

Baca juga:  5.6 Juta Windows Phone Lumia Terjual di Kuarter Pertama 2013

Oke, inilah 3 aplikasi khusus yang andal untuk merekam!

 

#1 Toolkit

Aplikasi Perekam HandalAplikasi Perekam Handal

#1 Toolkit sebenarnya bukan saja aplikasi khusus perekam. Aplikasi ini memiliki banyak fitur dan fungsi. Di antaranya adalah sebagai penggaris, konverter, busur derajat, serta juga perekam.

Keistimewaan perekam pada #1 Toolkit ini adalah, dapat merekam secara stereo dengan kualitas tinggi. Hanya saja sayangnya, format rekaman ini hanya dapat berupa .wav sehingga filenya cukup besar dibandingkan dengan .mp3. Selain itu, jika layar dikunci, maka fungsi perekaman akan otomatis terjeda (pause). Tentu saja ini cukup mengganggu bila menginginkan perekaman yang rentang waktunya cukup panjang.

Meskipun demikian, untuk sebuah aplikasi yang menawarkan banyak fungsi, #1 Toolkit cukup andal digunakan untuk merekam.

Baca juga:  3 Aplikasi MSN yang akan Dihentikan Beserta Alternatifnya

Kamu dapat mengunduh Toolkit #1 di sini.

 

Recorder Pro

Aplikasi Perekam HandalAplikasi Perekam Handal

Recorder Pro menawarkan fungsi perekaman yang cukup baik. Aplikasi ini dapat merekam audio, bahkan setelah layar terkunci. Selain itu, aplikasi ini juga mendukung perekaman untuk jangka waktu yang panjang.

Hasil rekaman dari Recorder Pro mudah untuk diunggah ke OneDrive. Pengorganisasian juga cukup bagus karena kamu bisa memberi judul rekaman yang disimpan dengan bebas. Recorder Pro merupakan aplikasi gratis yang didukung oleh iklan. Terdapat opsi “menghapus iklan” jika kamu merasa terganggu oleh iklan yang numpang lewat.

Untuk perbandingan fungsi, manfaat, serta harga (yang dapat diperoleh secara gratis), aplikas

Recorder Pro dapat diunduh di sini.

 

Voice Memos

Aplikasi Perekam HandalAplikasi Perekam Handal

Bila kamu belum puas dengan dua aplikasi yang telah dibahas di atas, mungkin Voice Memos cocok untukmu. Aplikasi ini memiliki fitur premium yang akan sangat membantu seperti:

  1. Merekam dalam bentuk Mp3. Ini akan menghemat ruang dalam storage, namun tetap menjamin kualitas rekaman
  2. Background recording. Memungkinkan kamu tetap merekam sambil membuka aplikasi lain.
  3. Melindungi memo milikmu dengan kode PIN yang dapat dibuat sendiri
  4. Mengunggah rekaman ke OneDrive
Baca juga:  Cara Memunculkan Home Button di Microsoft Edge

Namun untuk mendapatkan fitur premium tersebut, kamu perlu membayar sekitar USD 0.99 atau IDR 12.000. Ada beberapa fitur tambahan seperti mengakses hasil rekaman kamu di Live Tile, menggunakan Voice Command, dan juga memberi geotag pada rekaman yang kamu buat.

Voice Memos dapat diperoleh di sini.

 

Nah, itulah tiga aplikasi rekaman yang dapat membantu kamu untuk merekam audio sesuai dengan kebutuhan. Punya aplikasi andalan tersendiri? Bagikanlah di kolom komentar berikut ini!

 

Penulis Winpoin yang paling sering minta dimaklumi kalau lagi lama nggak nulis | Dengan senang hati menjawab pertanyaan seputar Windows Phone lewat akun Twitter @kikisidharta
  • Ida Bagus Anom Sanjaya

    Bayar lewat mana klo tg no. 3

  • Ambrizal Suryadinata

    itu hpku ? :v

  • Dan untuk cowok yang mau menikah, rekamlah janji-janji calon istrimu sebelum semua berubah menjadi gombal belaka…*eh

    bruakakak

  • Reowijaya

    Sempet bingung gimana mindahin hasil rekaman… Ga kepikiran buat sync cloud terus diunduh ke PC :(

  • Yocktan Thobias

    Coba deh, Om Kiki : Audio Recorder Hi-Fi..
    Tapi aku lupa, ada di region Indonesia atau engga..