3 Cara Mudah Membuka Situs yang Diblokir dari Negara Kamu

3 Cara Mudah Membuka Situs yang Diblokir dari Negara Kamu

4

Cara Mudah Membuka Situs yang Diblokir dari Negara Kamu

Meskipun saat ini akses internet mudah di dapatkan di seluruh dunia, tapi masih banyak situs yang terbatas untuk negara-negara tertentu saja. Tidak mengherankan, ini membuat pembajakan lebih tinggi di negara yang tidak bisa mengakses konten tersebut. Kamu pasti pernah mencoba untuk membuka situs atau video dan akhirnya berakhir pada halaman error dari provider internet kamu atau pesan “this video is not available in your country”.

Berikut ini WinPoin akan memberikan tutorial cara mudah membuka situs yang diblokir dari negara kamu. Cara umum yang biasanya digunakan orang-orang dari seluruh dunia untuk membuka situs yang diblokir. Sedangkan di negara Amerika, mereka bisa dengan bebas mengakses konten dari negara mana saja. Untuk orang yang tinggal di luar Amerika, banyak sekali situs dari Amerika diblokir oleh negara lainnya seperti misalnya Netflix, Pandora atau BBC.

Padahal dengan adanya akses internet tujuannya adalah untuk memudahkan orang-orang dari seluruh dunia mengetahui informasi dari belahan dunia lainnya. Kebebasan berselelancar di dunia maya sebenarnya masih dibatasi, sadar atau tidak. Baik itu oleh provider atau pun dari pemerintahan.

 

Hola

Hola adalah salah satu cara terpopuler untuk membuka situs yang diblokir, dan kamu pasti juga pernah mendengarnya. Cara ini begitu populer karena gratis dan kemudahannya saat menginstall. Hola sebelumnya dikenal sebagai Hola Unblocker dan sekarang dikenal Hola Better Internet, tersedia dalam berbagai bentuk. Tersedia dalam extensi browser untuk Chrome dan juga Firefox, dan ini yang membuatnya mudah diinstall. Kemudian klik icon Hola di toolbar browser dan pilih negara mana yang kamu ingin gunakan saat ini. Itu akan membuat aktivitas browsing kamu menggunakan alamat IP dari negara yang sudah kamu pilih tadinya.

Cara Mudah Membuka Situs yang Diblokir dari Negara Kamu

Hola menggunakan bandwith dari komputer kamu juga untuk membantu orang lain, inilah alasan mengapa Hola gratis. Tapi tidak ada tools seperti ini yang memungkinkan kamu browsing dengan alamat IP negara lain yang juga hadir secara gratis. Hanya pastikan untuk mematikan Hola jika kamu tidak ingin menggunakannya. Kalau kamu takut privacy akan terganggu, gunakan browser secara terpisah. Misalkan Firefox untuk kebutuhan pribadi yang mengakses data-data pribadi dan Chrome untuk menggunakan Hola.

 

VPN

VPN adalah opsi lain yang bisa kamu pilih. Ini memungkin kamu untuk melewati traffic internet melalui koneksi yang dienkripsi dari sisi lain. Sebagai contoh, jika kamu ingin membuka situs yang diblokir dari Amerika, kamu harus menggunakan server berbasis Amerika yang memiliki bandwith cukup untuk upload dan download. Itulah yang dimaksud server VPN. Kalau kamu ingin menggunakan cara ini, biasanya layananannya berbayar. Beberapa VPN juga ada yang gratis, tapi hadir dengan jumlah bandwith yang sedikit. Tidak membantu kamu ketika ingin mengakses situs video atau music.

Ada banyak layanan VPN di luar sana. Kebanyakan dari mereka tidak menawarkan tampilan atau aplikasi yang bagus. Tapi ada juga yang menawarkan kemudahan seperti TunnelBear, aplikasinya memudahkan kamu untuk terhubung dengan server VPN dan beralih ke naraga-negara berbeda dengan menggunakan menu dropdown.

Cara Mudah Membuka Situs yang Diblokir dari Negara Kamu

Jika kamu orang geek, kamu bisa membuat server VPN sendiri dengan menggunakan hosting. Atau jika kamu memiliki akses ke server SSH di negara yang ingin kamu akses, kamu bisa menggunakan SSH tunneling bukannya VPN.

Kalau kamu menggunakan VPN, semua aktivitas internet akan dilakukan berdasarkan itu. Untuk itu jika kamu memiliki VPN yang bandwithnya sendikit, aktifkan VPN ketika kamu ingin membuka situs yang diblokir saja.

 

Layanan DNS

Beberapa layanan bekerja melalui DNS. Dengan mengganti DNS server di komputer kamu atau router kamu, kemungkinan kamu memasuki jaringan yang luas. Ketika kamu membuka situs yang diblokir seperti Netflix, server DNS akan mengarahkan traffic melalui tunnel. Singkatnya, remote server akan berpikir kalau kamu mengaksesnya dari negara yang diperbolehkan untuk membuka situs itu.

Yang menguntungkan jika menggunakan cara ini adalah akan bekerja pada semua device seperti Smartphone, Laptop, Tablet dan sebagainya yang menggunakan jaringan kamu (karena mengubah DNS di router). Selain itu, ini bukan semacam software yang harus kamu matikan atau hidupkan. Hanya bekerja ketika kamu membuka situs yang diblokir dan tidak melakukan apapun untuk aktivitas berselancar kamu.

Cara Mudah Membuka Situs yang Diblokir dari Negara Kamu

Tunlr adalah salah satu opsi yang sedang populer saat ini, tapi sayangnya sudah ditutup. Tampaknya biaya yang dibutuhkan untuk layanan gratis DNS ini terlalu mahal untuk semua orang yang ingin menggunakannya. UnoTelly UnoDNS dan Unblock-Us bekerja seperti Tunlr tapi kamu harus membayar $5 atau Rp 60.000 setiap bulannya untuk bisa menikmatinya.

Jika kamu geek, kamu bisa mengatur hal semacam ini jika memiliki server berbasiskan di negara yang sesuai, mungkin Amerika adalah pilihan yang tepat. Biasanya dengan menginstall netproxy Docker image atau tunlr-style-dns-unblocking di server kamu akan membantu cara ini.

 

Cara di atas memang tidak semuanya gratis, tapi dengan solusi di atas dapat memudahkan kamu untuk membuka situs yang diblokir saat ini. Buat kamu yang memiliki tips lainnya untuk membuka situs yang diblokir, kamu bisa memberikannya melalui komentar di bawah ini. WinPoin akan menambahkannya ke dalam artikel untuk membuatnya semakin bermanfaat bagi pengguna internet lainnya.

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!
Suka ngobrolin berbagai hal tentang teknologi. Dia hampir tidak pernah bisa tenang sebelum mengetahui kabar teknologi paling gress saat ini.
  • YanDhika

    sebenarnya ada yang lebih bagus
    anonymoX untuk firefox, IP bisa diatur dan disimpan di sebuah profile dan akan terpakai otomatis ketika kita membuka situs yang sudah di set di profil itu dengan IP masing masing, termasuk profil di mana anonymoX disetting off untuk facebook misalnya.
    atau memakai zenmate, cukup daftarin email dan kita akan dikirimi password zenmate, gunakan dan selesai, masalah ip bisa diatur sesula hati.

    • wah tips tambahan yang mantab nih om, nanti deh saya tambahin

  • Agung Suhendro

    Hayo .. buat yang suka buka … IYKWIM …. :v :v :v

  • Windra

    Bagi yang merasa susah untuk akses ke situs yang di blokir pemerintah, silahkan download aplikasi Hotspot Shield Pro, hampir semua situs yang di block akan bisa di akses,

    sedangkan anonymoX masih ada kekurangan, tidak semua IP nya bisa bekerja untuk situs yang di block pemerintah