3 Cara Partisi Hardisk di Windows 8 / 8.1

3 Cara Partisi Hardisk di Windows 8 / 8.1

1

partisiwindows8_0

Untuk urusan memanage data, selain memisahkannya dengan menggunakan folder, memecah partisi juga bisa menjadi pilihan. Menggunakan satu partisi untuk setiap kategori data yang berbeda bahkan terbukti bisa memudahkan dalam menyimpan, mencari, dan merapikan data. WinPoin sendiri menggunakan partisi yang berbeda untuk Sistem, Dokumen, dan Multimedia.

Bagi kamu pengguna Windows 8 / 8.1 yang belum tahu bagaimana cara membuat partisi baru, berikut ini WinPoin berikan 3 cara membuat partisi hardisk di Windows 8 / 8.1.

 

Menggunakan Disk Management

partisiwindows8_1

Ini merupakan cara yang paling mudah dilakukan karena kamu bisa membuat partisi Windows tanpa perlu menginstall software tambahan. Selain membuat partisi baru, kamu juga bisa memformat ataupun menghapus partisi yang sudah ada. Cara lengkap untuk membuat partisi dengan menggunakan disk management bisa kamu baca di Cara Membuat Partisi di Windows 8 / 8.1.

 

Menggunakan Perintah Diskpart

partisiwindows8_2

Selain menggunakan disk management, kamu juga bisa menggunakan utility bawaan windows lainnya yaitu diskpart. Berbeda dengan Disk Management yang memiliki tampilan GUI, diskpart ini memiliki tampilan command line. Cara lengkap membuat partisi dengan menggunakan diskpart bisa dibaca di thread Cara Membuat Partisi dengan menggunakan Diskpart yang dibagikan di Forum Winpoin.

 

Menggunakan Bantuan Software

partisiwindows8_3

Cara lain yang bisa kamu pilih untuk membuat partisi adalah dengan menggunakan bantuan software management partisi. Salah satu software partisi favorit WinPoin adalah AOMEI Partition Assistant. Software ini memiliki fitur yang lengkap serta tampilan yang mudah untuk dioperasikan. Selain menggunakan AOMEI, kamu juga bisa menggunakan software lain seperti EaseUS Partition Master atau Paragon Partition Manager.

 

Itulah 3 cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat partisi hardisk di Windows 8 / 8.1. Jika kamu mengalami masalah atau kesulitan ketika membuat partisi, silahkan langsung saja tanyakan di Forum WinPoin. See yaa…! :D

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!
Microsoft Device and Windows beta enthusiast. akan merasa senang jika bisa saling bertukar knowledge tentang Windows dan Lumia, baik Melalui Forum atau Twitter. Bukan fanboy.
  • Burhani Yusuf

    nice artikel bro.

    mau tanya dong, kalau drive extended ga bisa ya untuk di jadikan installan OS?
    dengan rekayasa seperti ini:
    HDD 320 sebelumnya sudah terinstall win 8 namu corrupt dan mau di install ulang win 7 pada saat pilih partition yang ingin dijadikan tempat untuk install OS ada partiton dengan format extended ga bisa di delete ataupun di create new partition alhasil w install OS di partisi yang berbeda dan setelah win 7 terinstall partition extended tersebut tidak terbaca atau tidak ada di mycomputer sebagai drive yang active.

    mohon pencerahaannya gan..;-)
    makasih