3 Cara Print Screen di Windows 7

3 Cara Print Screen di Windows 7

0

printscreenwindows7_0

Jika kamu ingin mengabadikan momen yang terjadi di layar monitor komputer, kamu bisa melakukannya dengan screenshot atau screen capture. Di Windows 7 sendiri ada 3 cara yang dapat kamu lakukan untuk melakukan print screen. Yang pertama kamu bisa melakukan print screen dengan menggunakan fitur bawaan Windows. Kedua kamu bisa melakukan print screen dengan menggunakan aplikasi bawaan Windows yang bernama Snipping Tool. Terakhir kamu bisa menggunakan software gratis screen capture. Berikut lebih lengkap WinPoin berikan ulasannya.

 

Menggunakan Tombol Keyboard PrtSc (Print Screen)

Cara pertama yang dapat kamu lakukan adalah dengan menekan tombol “PrtSc” yang biasanya terletak pada pojok kanan atas keyboard. ketika gambar sudah dicopy ke clipboard, buka software image editing seperti Paint. setelah terbuka kamu hanya perlu memilih opsi “Paste” atau menggunakan kombinasi tombol CTRL + V.

printscreenwindows7_1

Dengan begitu maka gambar akan muncul, dari situ kamu juga dapat melakukan basic editing sebelum gambar tersebut disimpan.

 

Menggunakan Snipping Tools

Cara berikutnya kamu dapat menggunakan software bawaan sistem yakni Snipping tools. dengan tool ini kamu dapat mengambil screenshoot dengan beberapa pilihan seperti.

  1. Mengambilnya sesuai bentuk yang diinginkan (Free-from Snip).
  2. Mengambilnya dengan bentuk persegi (Rectangular Snip).
  3. Mengambilnya berdasarkan Window yang dipilih (Windows Snip).
  4. Mengambilnya dengan ukuran layar penuh (Full-Screen Snip).

printscreenwindows7_2

 

Dan untuk mengambil screenshoot, cari aplikasi Snipping Tool dari Start Menu>Accesories, lalu pilih metode yang ingin kamu gunakan untuk mengambil screenshot, drag sesuai dengan daerah yang kamu ingin ambil gambarnya.

printscreenwindows7_3

 

Setelah screenshot diambil maka akan muncul di jendela editor, kamu dapat langsung menyimpannya sesuai dengan format yang diinginkan. Kamu juga dapat melakukan sedikit basic editing atau mengirimkan gambar tersebut ke email.

printscreenwindows7_4

 

Menggunakan 3rd Party Software

Dari sekian banyak software untuk screenshoot. Winpoin merekomendasikan kamu untuk mencoba Picpick. karena dengan software ini selain kamu dapat menangkap layar, kamu juga bisa melakukan basic hingga advanced editing. cocok bagi kamu yang sering membuat gambar-gambar untuk keperluan tutorial, panduan, dsb.

printscreenwindows7_6
Untuk menangkap layar sendiri. caranya kamu hanya perlu membuka Picpick, setelah itu gunakan tombol “PrtSc” (Sama dengan cara pertama). dengan begitu secara otomatis maka gambar tersebut akan muncul di jendela editor picpick. dari situ kamu dapat melakukan editing sesuka hati, seperti menambahkan frame, watermark, blur, dll.

 

Nah itulah 3 cara yang dapat kamu lakukan untuk Printscreen di Windows 7, mudah sekali bukan?. dari sekian banyak cara, mana cara yang menurut kamu paling gampang? :)

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!
Microsoft Device and Windows beta enthusiast. akan merasa senang jika bisa saling bertukar knowledge tentang Windows dan Lumia, baik Melalui Forum atau Twitter. Bukan fanboy.