3 Cara Tweak Windows 8 / 8.1

3 Cara Tweak Windows 8 / 8.1

0

tweak_0

Dalam penggunaan komputer khususnya yang berbasis Windows ada beberapa cara yang dapat kamu gunakan untuk meningkatkan Perfoma Windows 8 / 8.1, salah satunya adalah dengan melakukan tweak Windows. Dengan melakukan tweaking pada registry maka kamu dapat mempercepat perfoma sistem serta memodifikasi sistem sesuai dengan yang kamu inginkan. Bagi kamu pengguna Windows 8 / 8.1 yang ingin melakukan tweak Windows, berikut WinPoin berikan 3 cara tweak Windows yang biasa kita lakukan.

 

Dengan Menggunakan Software Windows Tweaker

Banyak software tweaker pihak ke tiga, tapi salah satu yang cukup terkenal adalah Windows Repair All-in-One dari Tweaking.com, software ini berguna untuk memperbaiki masalah pada Windows dengan melakukan perbaikan di registry, jika tertarik kamu dapat mendownloadnya di Official Pagenya, ada yang dalam versi installer dan portable.

tweak_2

 

Untuk mengoperasikannya, kamu dapat men-check-list pada panel yang berisi daftar komponen sistem yang ingin di tweak. Ketika sudah memilihnya pilih opsi Start Repairs untuk memulai proses.

tweak_3

Lamanya tergantung berapa banyak yang ingin kamu repair, dan disarankan untuk mematikan anti virus untuk sementara agar memperlancar proses.

Alternatif selain menggunakan Windows Repair AIO kamu dapat menggunakan Ultimate Windows Tweaker.

 

Mengedit Registry Secara Manual

Selain menggunakan software pihak ketiga kamu juga dapat mengedit registry secara manual. Di Internet sudah bertebaran berbagai macam pengeditan registry secara manual guna untuk mempercepat perfoma sistem ataupun mendapatkan fitur baru. Caranya buka kotak RUN (İmage + R) lalu ketikan regedit > Enter, dan nantinya akan terbuka jendela registry editor.

Sebagai contoh disini WinPoin akan memanipulasi lama waktu untuk mematikan service pada saat shutdown, untuk itu WinPoin akan navigasi ke subfolder.

HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Control

Nah setelah itu pada panel sebelah kanan cari key WaitToKillServiceTimeout, dan untuk mengeditnya klik 2x untuk mengedit value datanya.

tweak_4

Edit sesuai keinginan kamu, contoh disini WinPoin memasukan value data 1000* (*value 1000 dalam satuan miliseconds = 1 Detik), setelah selesai pilih OK dan tutup jendela registry editor untuk perubahannya.

NB : Jangan mengedit registry sembarangan, untuk itu kamu bisa mencari referensi diinternet yang berkaitan dengan pengeditan registry secara manual, karena jika salah melakukan pengeditan bisa berakibat fatal.

Dengan Menggunakan Script Reg

Untuk yang satu ini lebih mudah dari pada mengedit registry secara manual karena kamu tidak perlu membuka registry lagi.  Kamu jhanya perlu melakukan beberapa klik saja untuk memerge script reg ke registry, karena script reg mengandung isi dari Key, Value serta letak dimana kamu akan menaruh Key tersebut. Sebagai contoh untuk beberapa script reg yang siap pakai bisa kamu dapatkan di thread Forum WinPoin ini: Berbagi 26 Script Context .Reg Untuk Windows 7, 8, 8.1 RT +Removenya

 

Itulah 3 cara yang dapat kamu lakukan untuk melakukan Tweaking di Windows. Jika kamu memiliki cara lainnya, silahkan bagikan melalui kolom komentar dibawah ini. Atau jika kamu memiliki pertanyaan lebih lanjut soal Tweaking ini bisa langsung saja bertanya ke Forum WinPoin.

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!
Microsoft Device and Windows beta enthusiast. akan merasa senang jika bisa saling bertukar knowledge tentang Windows dan Lumia, baik Melalui Forum atau Twitter. Bukan fanboy.