3 Cara untuk Mematikan Personalized Ads (Advertising ID) di Windows 10

3 Cara untuk Mematikan Personalized Ads (Advertising ID) di Windows 10

0

mematikanadvertisingid_0

Windows 10 memang cukup keren dengan segudang fitur didalamannya. Tetapi ibarat 2 sisi koin, selain terdapat fitur yang membuat orang suka dan ada juga yang membuat orang tidak menyukainya, dan salah satunya adalah Personal Ads/Advertising ID.

Sebelumnya bagi kamu yang tidak mengetahui apa itu ‘Advertising ID‘. Advertising ID adalah salah satu fitur dari Microsoft untuk penyediaan layanan iklan dari Windows 10 yang lebih relevan. Dan fitur ini juga dapat memfilter aplikasi-aplikasi di Windows Store, sehingga dapat mencegah dari penipuan dan masalah keamanan.

Jadi intinya fitur ini mengambil data yang dikumpulkan, kemudian menampilkan iklan kepada pengguna. Tentunya tidak semua orang suka dengan adanya iklan ini, dan jika kamu berencana untuk mematikannya kamu dapat mengikuti ketiga cara dibawah ini.

Baca juga:  Inilah Kenapa Kamu Masih Belum Mendapatkan Update Mayor Windows 10 (dan Cara Mengatasinya!)

Mematikan Ads untuk Windows Apps

Pertama buka ‘Settings‘ (WinKey + I) lalu navigasi ke ‘Privacy – General‘ kemudian switch ke ‘Off‘ pada opsi ‘Let apps use my advertising ID for experiences across apps‘.

mematikanadvertisingid_4

Mematikan Ads untuk Browser

Caranya buka halaman Microsoft ini, lalu pada bagian sisi kanan layar terdapat opsi yang bernama ‘Personalized ads in this browser‘ untuk mematikannya, switch ke dari ‘On‘ ke ‘Off‘.

mematikanadvertisingid_1

Mematikannya Ads untuk Microsoft Account

Masih pada halaman yang sama, scoll kebawah untuk menemukan opsi yang bernama ‘Personalized ads wherever I use my Microsoft account‘ pada sisi kanan browser. Tetapi sebelumnya untuk mematikannya pastikan login ke Microsoft Account kamu terlebih dahulu dengan cara klik ‘Sign in to change‘ lalu login dengan Microsoft account yang kamu miliki.

Baca juga:  Cara Menjalankan Bash Ubuntu Melalui Command Prompt di Windows 10

Setelah login maka kamu akan diarahkan kembali ke halaman awal. Dan sama seperti tadi, switch dari ‘On‘ ke ‘Off‘. Dengan begitu maka tiap kali login menggunakan Microsoft Account kamu di Device Windows, Personalize ads tersebut akan mati.

mematikanadvertisingid_5

Thats it! :)

Microsoft Device and Windows beta enthusiast. akan merasa senang jika bisa saling bertukar knowledge tentang Windows dan Lumia, baik Melalui Forum atau Twitter. Bukan fanboy.