3 Hal yang Bisa Dilakukan Ketika Windows Rusak Parah

3 Hal yang Bisa Dilakukan Ketika Windows Rusak Parah

0

3 Hal yang Bisa Dilakukan Ketika Windows Rusak Parah

Pernahkah kamu mengalami Windows di PC kesayangan kamu rusak parah? Meskipun sebagian besar masalah di Windows bisa diperbaiki (kamu bisa bertanya di Forum WinPoin untuk berbagai permasalahan yang kamu alami), tetapi ada juga beberapa permasalahan yang hanya bisa diselesaikan dengan teknik pamungkas.

Ada 3 hal yang bisa kamu lakukan jika Windows kamu rusak parah dan tidak bisa diperbaiki lagi. WinPoin menyebut 3 hal ini sebagai jurus pamungkas.

 

Jurus Pamungkas 1: System Restore

Jika kamu mendapati Windows kamu rusak parah padahal tidak ada masalah apapun sebelumnya, maka System Restore bisa menjadi jurus pamungkas pertama yang perlu kamu coba. System Restore bisa mengembalikan kondisi Windows kamu ke kondisi semula sesuai dengan restore point yang tersimpan.

Untuk mengakses System Restore kamu bisa melakukan langkah berikut ini

Control Panel -> System and Security -> System -> System Protection -> System Restore

3 Hal yang Bisa Dilakukan Ketika Windows Rusak Parah

Setelah itu ikuti Wizardnya dan pilih restore point yang kamu inginkan. Restore point ini biasanya dibuat sebelum ada perubahan di Windows kamu, misalnya sebelum update Windows, install software, atau dibuat secara rutin oleh Automatic Restore Point.

3 Hal yang Bisa Dilakukan Ketika Windows Rusak Parah

 

Dengan mengembalikan ke titik sebelum terjadinya error, Windows bisa kembali sembuh dan bisa digunakan lagi.

 

Jurus Pamungkas 2: Refresh Windows

Bagi pengguna Windows 8 (termasuk Windows 8.1), tersedia fitur Refresh Windows yang bisa mengembalikan kondisi Windows seperti saat baru diinstall tanpa menghapus data yang tersimpan. Data-data seperti foto, musik, video, dokumen, dsb akan tetap dipertahankan.

Untuk mengakses fitur ini, kamu bisa membuka Charm Bar -> Settings -> Change PC Settings -> Update and Recovery -> Recovery -> Pada bagian Refresh Your PC Without Affecting Your Files, klik Get Started

3 Hal yang Bisa Dilakukan Ketika Windows Rusak Parah

 

Jurus Pamungkas 3: Install Ulang Windows

Ini adalah jurus paling akhir jika Windows kamu rusak parah. Melakukan install ulang akan menghapus seluruh data yang tersimpan di drive tersebut. Jadi pastikan kamu memindahkan dan membackup berbagai data penting sebelum memutuskan untuk melakukan install ulang.

Bagi pengguna Windows 8 dan 8.1, kamu bisa melakukan install ulang tanpa memerlukan media instalasi. Caranya adalah dengan mengakses Charm Bar -> Settings -> Change PC Settings -> Update and Recovery -> Recovery -> Pada bagian Remove Everything and Reinstall Windows, klik Get Started

3 Hal yang Bisa Dilakukan Ketika Windows Rusak Parah

Bagi pengguna Windows sebelum Windows 8 (Windows 7, Vista, atau XP), kamu harus menyiapkan media instalasi dan melakukan install ulang secara manual. Masukkan CD/DVD instalasi dan boot dari media tersebut. Ikuti Wizard dan lakukan proses instalasi.

Itulah 3 hal yang bisa kamu lakukan jika Windows kamu rusak parah dan tidak bisa diperbaiki lagi. Namun sebelum memutuskan untuk melakukan jurus pamungkas tersebut, pastikan kamu bertanya dulu di Forum WinPoin tentang permasalahan yang kamu alami. Ingat, sebagian besar permasalahan Windows bisa diselesaikan tanpa perlu mengeluarkan jurus pamungkas atau melakukan install ulang.

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!
Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.