4 Alasan Di Balik Dukungan Saya Terhadap Produk Microsoft

4 Alasan Di Balik Dukungan Saya Terhadap Produk Microsoft

170

Alasan_Dukungan_Saya_2

Sebetulnya ini pernah terjadi pada saat rilis Preview Developer Windows Phone 8.1 yang lalu. Konsep baru Microsoft yang dirilis melalui program Preview Developer tersebut menjadikan Microsoft sebagai bahan bully-an di mana-mana karena perubahan konsep yang cukup radikal. Mulai dari sebutan kopian Android, hingga kehilangan identitas diri. Namun perlu diakui bahwa perubahan Windows Phone 8 ke versi 8.1 memiliki banyak fitur bermanfaat yang mungkin diimpikan banyak pengguna di masa tersebut.

Rilis Windows 10 yang disertai dengan Windows Mobile 10 kembali mengulang fenomena tersebut. Microsoft mendapatkan gelombang protes yang luar biasa, mulai dari Windows dan Windows Mobile 10 yang tidak sesuai harapan, sampai banyaknya bug pada rilisan Beta OS Windows 10 tersebut (padahal memang karena masih versi beta, dapat dimaklumi jika terjadi banyak bug). Lebih parah lagi ketika kemarin rollback ke Windows Phone 8.1 dari Windows 10 kemarin ternyata menimbulkan brick pada Lumia 520, 525, dan 526, semakin banyak yang menghujat Microsoft karena ‘kecelakaan’ ini.

Oleh karena itu, saya mendapatkan ilham untuk merenungkan kembali komitmen kita dalam memilih menggunakan Windows dan Windows Phone. Di tengah ‘badai’ ini, apa sih yang sebenarnya kemarin menjadikan kita memilih Windows Phone, dan apakah alasan tersebut masih relevan hingga sekarang?

Baca juga:  Leaked: HP Falcon, Smartphone dari HP dengan OS Windows Phone

 

Saya Merasa Berhutang Budi pada Microsoft

Mengingat kembali masa-masa kuliah dulu, saya begitu miskin dan susah. Untuk bertahan hidup, saya mengandalkan kemampuan menulis dan menerjemahkan yang pada saat itu tidak dapat saya jual dengan harga tinggi, namun hasilnya cukup untuk sekedar makan nasi dan minum kopi. Tak perlu disangsikan lagi, seluruh software yang saya gunakan saat itu adalah bajakan berbagai software Microsoft. Bahkan saya sempat memiliki sebuah rental komputer sendiri (tetap setia bertani. Hohoho…)

Jadi keputusan saya mendukung Microsoft semacam balas budi saya terhadap perusahaan yang secara tidak langsung telah memberikan kontribusi besar dalam kehidupan saya – Terlepas dari baik buruknya Microsoft sebagai sebuah perusahaan kapitalis terbesar di dunia, saya diajarkan untuk tidak menjelek-jelekkan tempat yang membantu saya mencari makan.

 

Saya Menyukai Kebebasan untuk Melakukan Personalisasi

Alasan Dukungan Saya

Saya bangga bahwa diri saya berbeda dari orang lain, dan saya senang menampilkan diri saya apa adanya di hadapan orang-orang. Saya juga tidak takut dibilang aneh oleh orang-orang di sekitar karena inilah diri saya. Oleh karena itu, ketika mencoba perangkat iPhone milik teman-teman, yang saya keluhkan hanya: “Apa tampilan perangkat ini tidak bisa diubah lagi?” Meskipun bisa mengganti casing, mengubah wallpaper dan mencari model ikon lain, barisan ikon milik iPhone sekilas tentu saja serupa dengan iPhone lainnya. Belum lagi kesulitan melakukan kustomisasi ringtone dan berbagai batasan lainnya.

Baca juga:  Aplikasi Path Windows Phone Menerima Update Bug Pertama

Di Windows Phone (dan Windows juga) – Meskipun ada batasan, namun itu tidak menghalangi untuk membuatnya terlihat lebih personal. Saya juga senang bermain-main dengan susunan Live Tile di Start Screen Windows Phone untuk membuat tampilan yang sangat berbeda bila dibandingkan dengan perangkat orang lain. Ringtone saya juga sangat khas sehingga saya selalu dapat membedakannya dengan milik orang-orang lain.

Masalah personalisasi ini adalah salah satu hal yang menjadikan saya berat sekali meninggalkan Windows Phone dan Windows Desktop.

 

Pekerjaan Saya Hingga Sekarang Hanya Dapat Dilakukan dengan Windows

Alasan Dukungan Saya

Entah jodoh atau kebetulan, pekerjaan yang sekarang saya jalani, yaitu sebagai penerjemah, mewajibkan saya untuk menggunakan OS Windows. Tidak ada aplikasi pendukung penerjemahan yang bisa berjalan di iOS (meskipun beberapa dapat berjalan di Linux). Ini menjadikan saya seolah terikat dengan ekosistem Windows.

Bekerja dengan Winpoin yang dipenuhi dengan pecinta Windows juga merupakan sesuatu yang saya anggap sebagai jodoh.

 

Windows Phone Sudah Memenuhi Semua Kebutuhan Saya

Alasan dukungan saya

Tak dapat disangkal bahwa Windows Phone memiliki banyak kekurangan. Namun kebetulan sekali seluruh kebutuhan utama saya akan sebuah smartphone terpenuhi oleh Windows Phone. Selain fungsi dasar telepon dan SMS, tak dapat dihindari bahwa saya memerlukan ponsel yang dapat menangani Email secara handal, serta Skype (karena banyak klien saya yang berkomunikasi menggunakan Skype). Bila Windows Phone memberikan saya lebih dari itu, maka itu saya anggap bonus!

Baca juga:  4 Aplikasi Online untuk Membuat Surat Lamaran Kerja yang Keren dan Unik

 

 

Demikianlah alasan saya memilih mendukung Microsoft hingga saat ini (termasuk dengan rajin menyumbangkan tulisan dan berbagi dengan teman-teman sekalian di Winpoin). Semua orang punya alasan yang berbeda. Namun ketika kamu menilik kembali alasan kamu dalam memilih menggunakan Windows Phone, dan sepertinya itu tidak relevan lagi dengan keadaan Windows dan Windows Phone saat ini, maka mungkin inilah saat yang tepat bagi kamu untuk berganti platform. Dan ketika kamu melakukannya, seperti halnya mantan pacar, mungkin suatu hari jika kamu akan mendapati Windows Phone semakin cantik dan seksi, sehingga kamu ingin balikan lagi ~ Pada saat itu, lakukanlah!

Terakhir, bagaimana dengan teman-teman semua? Mari merenungkan kembali alasan teman-teman memilih Windows Phone, dan apakah itu masih relevan hingga saat ini? Ataukah ada perubahan situasi sehingga mungkin keputusan tersebut harus diganti? Marilah berbagi di kolom komentar berikut sehingga dapat saling menginspirasi…

Penulis Winpoin yang paling sering minta dimaklumi kalau lagi lama nggak nulis | Dengan senang hati menjawab pertanyaan seputar Windows Phone lewat akun Twitter @kikisidharta
  • Evlan Mars

    Menyentuh banget…seharusnya masuk Oscar nih artikel di kategori Best Article Make Reader Crying!!!

    • (Y) Setuju!
      :’)

    • article of the month nih

      • Huehehehe… Aku jadi maluu…
        Yoosh! Buat teman-teman aku akan berusaha untuk selalu bikin artikel bagus!

    • Evlan Mars

      wkwkwkwkk

  • ama

    Betul gan, Windows phone saya suka karena anti mainstrean, simple dan unik

  • Dalem banget

  • merinding aku baca tulisan ini
    bener juga, kalau aku ingat2, entah berapa banyak aku “mencuri” apa yang menjadi hak nya Microsoft waktu itu

    belajar disitu, mengerjakan tugas disitu, bikin materi presentasi ujian disitu, kerja disitu, hepi2 ngegame disitu, nonton film disitu, dsb

    ternyata secara tidak langsung produk buatan Microsoft berperan besar mengantarkan aku sampe ke titik sekarang ini

    • Evlan Mars

      Hahahah “Mencuri”? ahh malu lah bang,,aku juga begitu sebaiknya pake kata bajak aja deh(lebih keren dan ga Crime gitu)

      • ryriadi

        iya ni malu kalau dibilang mencuri………? hihihihhi maafin gua ya Microsoft sbgai gantinya saya pakai Produk kamu ni sya Pkai Lumia hahahahah

        • RiDho Ahmad

          benar juga ya :D

    • Budiです

      bukan mencuri pak, cuma meminjam tanpa izin :p

  • Rafael

    Sampe sekarang saya harus menahan ejekan memakai L532 karena di sisi kamerannya yang pas-pas an dan juga ejekan teman saya bahwa hp saya hanyalah “SAMPAH” hanya karena tidak bisa ber main Let’s Get Rich, dan banyak aplikasi force close juga banyak game yang gak Up To Date karena banyak game yang berbeda versi dari android dan WP milik saya seperti permainan Cars:Fast As Lighting, dan saat saya menyombongkan diri karena ada fiture Office di hp saya teman saya mengatakan “Di android ama iphone juga ada kale gratis lagi” saya hanya terdiam sambil berpikir mengapa Microsoft memberikannya hanya dengan percuma saja. Saya hanya berharap bahwa nantinnya mereka akan tunduk dengan WP atau Lumia milik saya karena sebenarnya memang dari dulu sekolah saya sangat mengejek pengguna WP dan juga semoga kedepannya WP akan lebih baik dari os lainnya karena Roda bukan Kotak Roda adalah bulat yang bisa berputar yang tadinnya di atas akan jatuh ke bawah begitu juga sebaliknya yang di bawak akan naik ke atas ☝ :)

    • Evlan Mars

      Sama gan,,JUJUR(JUJUR)JUJUR)… gw jg agak Jealos dengan Lumia gw…Coz gw baru aja beli L630 ,eh besoknya lngsng duluncurkan L535 yg ram 1GB harga lebih murah dan more big screen,,,..aduhhhhhhh mati aku!!!aplikasi produktif nya kadang2 nolongin gw lho,kayak Onedrive(dapat 100GB free) aplikasi #Workout,Lumia Creative studio(Premium banget lah fiturx)..dan MIXRADIO(temen2 gw iri 1000% ama gw)….jadi lihat sisi + nya dulu,…tapi klo memang itu yg terbaik yah gpp

      • Rafael

        Kalo kata saya sihn beruntung blm beli lumia 535 karena ada ghost keyboard apa lagi parah banget keyboardnya pas update win 10 perview. Sama gan tmn ane malah bilang “ini kok mixradio ada background display keren amat” hihihihi

        • Rasshid

          nah itu temenmu takjub wkwkw

          • Rafael

            Takjub sama hal2 kyk gitu doang gan tapi kalo OS nya mah mereka mana takjub -,- seandainnya mereka merasakan os WP pasti takjub luar biasa kan semua nya balik lagi ke sales hp kebanyakan dari mereka merekomondasikan android dari pada wp malah banyak yang bilang WP itu sulit dan ribet. Emang sih pertamanya ribet tapi kan kalo kita terus belajar menggunakan sesuatu yang baru akan terbiasa.

          • ryriadi

            memang bro klau pke Wp memang bljar dlu apalagi yang bru move on

          • Rasshid

            Bisa jadi latihan buat move on nih :v

          • Rasshid

            iya sih
            kayak nyari pacar aja, tambah baper sayanya :v

          • Rasshid

            Sama kayak pedekate ke cewek yg lain ya mas
            Jadi baper neh :v

        • Evlan Mars

          hmm klo soal yg keyboard sih gw bisa ngerti,,,Menurut kiki atw klo gak salah k Febian sih,waras2 aj kl windows 10 yg bikin tambah parah keboardx kan W10 masih banyak bugs jd user haru understand soal bug di preview yg sedang dikerjakan,.,kalo soal Mixradio,gw ga bisa komen..,,,karna teman gw nunggu banget tuh aplikasi nginap di playstore stelah gw bilangin Line sdh akuisisi Mixradio! jd saat ini mereka masih make Soundcloud mereka…

          • Rafael

            Semoga Mixradio cuma bisa di Win store aja dahh hihihihihi

          • Evlan Mars

            Yayaya gw harap jga gitu..tapi itu bukan wewenangnya Microsoft lagi melainkan Line corporation…dan klo misal Microsoft yg masih punya dia juga pasti akan nyediain untk yg laeb kyna sesuai strategy CEO yg baru…

          • Zulmi Kurniawan

            saya malah rindu music hub dan people hub zaman windows 8. tampilan music hubnya itu yg keren banget. mix radio itu mah ikut2an music hub.
            tampilan music hub dulu pas aplikasinya di akses menampilkan gambar artis yg sedang diputar lagunya. terus live tilenya itu yg keren. menampilkan nama artis terus saling bergantian dengan gambar dari artis tersebut. apalagi pas lg di lockscreen gambarnya berubah jd artis yg diputar musiknya di music hub. sayang fitur itu gak muncul di mixradio.

          • Evlan Mars

            Oh gitu yah…gw belom lahir mah pas jaman W8..pas W8.1 baru beli lumia 630 yg udah 8.1,.,,

    • Rasshid

      “ejekan teman saya bahwa hp saya hanyalah “SAMPAH” hanya karena tidak bisa ber main Let’s Get Rich”

      Gila temen lo. Gua yg biasanya main LGR aja kepengen punya WP… Kotoran banget temen lo -_-

      “dan saat saya menyombongkan diri karena ada fiture Office di hp saya teman saya mengatakan “Di android ama iphone juga ada kale gratis lagi””

      Ya tapi kan Office di Android lebih susah pakenya dari yg versi windows.. Kudu pake alternatif. Mending yg udah built in

      “karena Roda bukan Kotak Roda adalah bulat yang bisa berputar yang tadinnya di atas akan jatuh ke bawah begitu juga sebaliknya yang di bawak akan naik ke atas ☝ :)”
      Karena yang kotak itu bukan roda, yg kotak itu Windows…
      Masih mending lo pake Lumia, timbang yg pake seri X lebih parah lagi ga ada Play Storenya :v
      Sabar ya, semoga ntar temen lo takjub sama WP. Udah pernah nyoba Cortana belom? Salah satu member disini temennya ada yg takjub loh liat si member tadi nyoba Cortana :v

      • Rafael

        Saya udah pernah nyoba cortana ganti ke region USA tapi pas balik lagi ke region indonesia karena mau beli aplikasi berbayar pake pulsa eh malah gak bisa beli aplikasi pake pulsa lagi, saya abis abis itu langsung ke costumer service nya aja semenjak itu saya ogah ganti region USA lagi entah emang hp ane kurang greget atau lain sebagainya. Ane baru tau gan seri X Nokia gak ada play storenya lantas kalo mau download aplikasi bagaimana?

        • Rasshid

          1Mobile – Opera Store. Tapi ya gak seenak PS

      • Budiです

        series X kan ada tutorialnya gan untuk install playstore, ane rasa caranya ngga terlalu sulit

        • Rasshid

          tapi kudu root gan, iya yg kayak saya masih gampang ngeroot. yg user biasa?

          • Rafael

            Kasian amat yang gak tau cara root atau gak tau cara download playstore harus root dulu. Kalo misalnya gak di root itu mah sama aja kyk os Syambian mungkin Nokia blm bisa move on sama syambian hihihihihihi

      • Lingga Mentari

        Cortana nnti lah yang diandalkan ( moga supprot bhs indo nanti),

        • Rasshid

          amin :)

      • Lingga Mentari

        masalah app bisa gan tunjukin lumia camera itu keren appnya, banyak app bagus kok di wp masih bisa gan tunjukin itu, temen ane aja tiba” malah ajak tukaran sama androidnya.

    • Mochammad Reza

      Parah amat temen nya gan bilang WP sampah??? Temen nya raja teknologi y gan bisa bikin produk dan OS??? Suruh dong gan temen nya bikin hp sendiri,OS sendiri kalo lebih bagus dari WP baru bilang sampah..kalo jadi temen gw udah gampar tuh mulutnya

      • ryriadi

        hahhahahhahha sabar bro nnti pasti ad hikmahnya :)…….
        Winpoin harus bkin pasukan anti teror kyk densus 88 yang jadi kepalanya @Mochammad Reza jadi klau ad pembuat onar kayak R**** sugandroid bisa langsung ditendang hahhahhha :)

        • Mochammad Reza

          Lah kenapa ane ketua nya,lebay amat lah sampe bikin pasukan,tar kaya di Amerika lagi sampe maen tusuk2an,abis tuh modar dah karena perang OS doang,ckckckck

          • ryriadi

            Oke oke bro maaf

          • Mochammad Reza

            Iya emang,koplak orang luar

        • Muhammad Zaidan

          Si RS juga kadang bisa jadi “penghilang bosan” forum ini. :v

      • Rafael

        Saya juga udah bilang begitu tapi dia jawab “ngapain gua bikin hp sekarang kan banyak hp tinggal beli gak usah bikin” saya gila punya tmn pada kayak gini tapi yaa sabar aja dahhh wkwkwk

      • Muhammad Zaidan

        Yg bilang WP sampah itu orang mainstream yg menganggap WP itu OS yang ribet dan mereka ga bisa makenya. Cuma bisa make Andro doang. :v

        • Mochammad Reza

          Betul itu kalo WP duluan yg keluar di banding andro,juga tuh org ntar bilang andro sampah,org kaya gitu sebenernya gaptek tapi baru ngerti teknologi dan banyak omong

    • Muhammad Zaidan

      I know dat feel bro…

    • Muhammad Zaidan

      Setidaknya gw berhasil “ngehasut” temen gw untuk pake WP. :v

    • Nurcahya

      Kalo temen saya bilang gitu saya hantam balik dengan bilang gini
      “Lu sombong banget bilang WP sampah, os pc lu aja pake Windows belagu banget dah, udah gitu bajakan pula” :v

    • Muhammad Afif

      temen ane aj ngiri liat ane maen age of empires, katanya lebih keren dari coc

  • Andi Pratama

    :'(

    jadi inget emak ane yang lagi nonton sinetron!!!

  • Herri Susanto

    Jadi terharu, hampir sama dengan alasan ane kecuali yang no#3 karena ane bukan

  • Prayudi

    Terharu bacanya. Setuju banget. Gimana jadinya kalo saya kuliah gak ada MS Office, apalagi pas Tugas Akhir, Word, PP, Excel, Visio kepake banget. Curhat dikit pas ngerjain Tugas Akhir, excel telah membantu banyak, apalagi ada fitur2 yang mungkin orang jarang atau bahkan gak tau ada di excel, ane make itu (jujur ane sebelumnya gak tau kalo excel bisa punya fitur kek gitu). Bahkan, udh ane coba di Numbers (aplikasi semacam excel di OS X) pun, kayanya gak bakal bisa ngerjain Tugas Akhir ane itu, krn ada bbrp fitur yang gak mendukung utk itungan ane itu gan, ahaha. Lanjut, utk smartphone pun, skrg ane tetep setia make WP. Entah kenapa walaupun di lingkungan sekitar ane lg nge-hype banget ama Android, ane tetep berani beli WP sbg smartphone pertama ane (sebelumnya ane cuma make hape symbian aja gan). kadang temen2 pada nanya, “Apa sih hebatnya WP, apa2 serba kaga ada, COC, Get Rich, dll), kok mau beli hape gituan?” tp tetep aja ane gak peduli, ane yakin MS udah punya rencana ke depan yang dahsyat.

    Liat aja nanti pas Windows 10 udah rilis :)

    • Rasshid

      Don’t be mainstream :v

    • ryriadi

      nnti klau tmnnya bilang “Apa sih hebatnya WP, apa2 serba kaga ada, COC, Get Rich, dll” bilang aj “Microsoft tau apa yg user butuhkan bukan yg mereka inginkan” hahahahahha mengutip kata @Saldi_w soory ya om saya kutip kata”nya…………
      contoh om kan kuliah pastilah masalah produktifitas bnyak bukan hanya buat game semata jdi sblum org mengrti ttantang dirinya Microsoft sdh mngerti apa yang usernya butuhkan :)

      • Justru itulah enaknya WP bagi orang yg gak suka minjemin HP ke orang :v
        Minus game CoC sama Get Rich :D

    • Muhammad Afif

      kalo ane punya wp dan andro…
      tapi andro gak lebih cuma buat maen doang (kurang produktif)
      tapi kalo wp mendukung banget buat kerja dan harian ane

  • Aisy Muhammad Rozsidhy

    He.. Saya malah tahu klo windows phone 8.1 dan 10 dihujat habis-habisan..

    Karena saya maen ke windows central dan review perbandingan di youtube semua juga pada dukung windows dan microsoft..
    Dan pastinya juga ada yg membencinya juga.. Namanya juga manusia..

    Alasan saya juga sama.. Tanpa microsoft saya mungkin tidak akan jadi sekarang.. Terlebih kegiatan kerja saya memang urusan dengan komputer..

    Dan nilai plus lagi buat microsoft adalah.. Mendukung aktivitas mahasiswa dengan program microsoft student partner dan dreamspark..

  • Alasanku Simple
    Karena Micorosftlah yang membuatku “melek” teknologi, yg membuatku dari Zero to Hero

    • Rasshid

      “Micorosftlah”

    • Randy Sugandroid

      Bukan microsoft yg bikin melek teknologi gan, tapi google
      Coba gak ada google, gimana cari informasinya? Haha

      • Sayangnya saya pke Bing, dibandingkan Google

      • Muhammad Zaidan

        ada bing woy! Ente antek Google taunya Google doang ya?

        • Bill Jobs

          Dia Panasbung, gak tau yg lain cuma disuruh aja :v

      • Bill Jobs

        Kalo gak ada orang? Gimana mau bikin Google? :v :v

        Randy Sugila… Randy Sugila… :v

      • I Made Tobias Abdiman

        just bing it ! :v

    • terharu. bagaimana visi mulia Bill Gates agar setiap Rumah Rumah terakses dengan computer dan sekarang diterjemahkan oleh Nadella menjadi the next level lagi yaitu mobile first, cloud first sdh hamper terwujud

  • Niko

    Lumia 520 tadi udah bisa di roll back kok.ada update windows phone recovery tool ke versi 1.2.4

    • Herri Susanto

      Rollback pk apa bro ?

  • Dedy De

    salam
    saya penghuni baru disini
    gara-gara sering baca winpoin jadi “gatel” buat bikin akun disini juga XD,
    oke
    saya setuju banget

    – balas budi dan pekerjaan juga sama kaya saya, saya freelance designer dan pake windows juga merupakan keuntungan tersendiri, sebenernya sih kalo urusan desain temen-temen saya banyak yang rekomendasi mac, tapi saya pikir-pikir lagi, soalnya hanya diwindows saja yang menurut saya banyak software bejibun dan tentu versi “pak taninya” lebih banyak daripada mac, maklum kalo software design belom bisa beli yg asli, mahal- mahal banget wkwk, tapi kalo OS alhamdulilah udah ori :)
    belom lagi kalo bosen, pasti juga butuh ngegame, di windows lebih banyak gamenya (sepengetahuan saya sih tapi kayanya emang gitu) kalo pake mac buat ngegame kaya gimana gitu haha, jadi pilihan saya WINDOWS

    – windows phone sudah memenuhi kebutuhan saya
    setuju banget, saya anggap sih emang udah terpenuhi semua, kalo masalah seperti aplikasi yang kurang banyak saya sih nggk terlalu mempermasalahkan
    saya juga nggk terlalu suka pake aplikasi sosial media, jadi masalah seperti instagram,bbm, ataupun app lain yg bermaslah nggk terlalu berpengaruh sama saya hehe, lah wong aplikasi itu tadi yang punya cuma fb aja :D
    dulu sempat tergoda ganti android gara di “rayu” kakak, maklumlah banyak aplikasi dan gamenya itu yang bikin menggoda, padahal baru sebulan beli WP tapi niatnya udah berpaling hati hehe
    katanya sih nanggung beli wp, dan dia tanya knp kok saya pilih WP ? saya cuma jawab “biar beda dan nggk kaya kakak :v ”
    tapi ke khilafan tersebut sudah sirna, saya berpikir lagi, kalo emang ngebet game sih mending di PC aja sekalian, toh graphic juga lebih jernih kalo di PC, kelemahannya sih ngk bisa di bawa kemana-mana itu aja
    kalo aplikasi jujur saya masih iri sama os sebelah, tapi saya yakin kedepannya pasti store juga akan berkembang juga dan banyakin isi dalemanya, saya sabar menunggu hal itu datang hehe

    saya berjanji akan setia pake windows :D
    kalo kamu ?

    *nggk kerasa nulisnya panjang hehe

    • Evlan Mars

      wow! ini komentar kah atau cabang artikel dari artikel ini? panjang amat….kayaknya serius nih

      • Dedy De

        wahaha iya nih agak seriusan dikit om
        itu tadi komentar tapi diselipi curhatan wkwk

        • ryriadi

          ndak papa gan sya juga prnah curhat hihihihihihi

          • Dedy De

            jangan-jangan disini kebanyakan gitu juga penghuninya
            isi komentarnya sebagian berisi curhatan hati hehe

          • Evlan Mars

            Ah gak segitunya kali gan,…cuma iseng2 gimana…biar stay positiv dan menambah kesabaran atas lamanya windows 10 aja!

          • Dedy De

            jangan dianggap serius gan, ^^
            sama, ane juga ngambil sisi positifnya aja dari beberapa masalah yg kini dihadapi pengguna windows

          • Rafael

            Nanti bisa2 winpoin berubah naman jadi “Curhatan Hati seorang Pemilik WP” hihihihi :P

    • Rasshid

      Lagipula kan ntar bisa main game Android di PC :v Kalo prosesornya si om Intel, cukup bayar 200rb bisa beli emulator selamanya :) Udah kitkat loh

      • Dedy De

        nah itu juga ada dipikiran saya sebetulnya haha, tapi mending game PC aslinya aja om lebih keren juga grafisnya, pake emulator juga ngk dijamin mulus-lus-lus waktu mainin gamenya hehe

        • Rasshid

          Sayangnya COC sama LGR gak ada desktop clientnya :v

          • Dedy De

            untungnya saya ngk terlalu suka game model begituan, lebih suka genre action sama racing sih soalnya hehe
            jadi walaupun temen-temen main juga nggk bakal iri ;v

          • Nurcahya

            install aja Android X86 _64 di PC kalo mau main CoC sama LGR di Desktop :v
            simple kan :v
            gk usah beli HH Android, apalagi kalo punya Laptop layar sentuh/ Laptop 2 in 1 atau Tablet Windows. tinggal dual boot aja sama Android kan bisa buat main CoC sama LGR :v

          • Rasshid

            Not as simple as that mas. Masih banyak bugnya. Bahkan kalo mo pake Console Os, itu masih preview, bisanya cuma di Intel doang.

    • Ah, selamat datang keluarga baruuu… (><)/
      Semoga betah di Winpoin dan banyak ketemu teman-teman baru..

    • Rafael

      Iya gan emang pc gak bisa di bawa kemana2. Coba yaa ngebayangin main game pc di angkot gmn yahhh??? Wkwkwkwkwkwk

      • ryriadi

        Tenang tunggu surface masuk indo bru bisa bwak kmna” hehehehehe

  • Rasshid

    Superb article! :D

  • ryriadi

    ndak hanya saya yang mrasa dibully dan hampir semua yang disni komen dibully sma user os lain……
    memang stiap user wp pasti pranh dibully tpi ini hanya masalah waktu ini akan ad habisnya………
    ttap menunggu mereka ya bully menjadi user Wp suatu saat nanti………..
    edisi malam ini “Keluh kesah Bersama Windows Phone dan Windows Dekstop” hihihihihihihihihihihi :)

    • Rasshid

      Untung ini bukan malam Minggu om.
      Tapi tetep horror sih :v

    • Dedy De

      saya pertama beli WP ngk dibully loh om hehe
      temen kampus malah heran dan bilang hp saya keren
      *senyum-senyum sendiri pas waktu itu, bangga juga bisa bikin orang lain iri wkwk
      soalnya si 535 kan pake nama microsoft, jadi terkesan mahal mungkin bagi temen temen saya, belom lagi OS windowsnya yang bikin semakin bikin beda.
      temen kampus juga sempet teracuni mau pindah ke WP gara-gara si 535 wkwk

      iya bener nih kayanya ini artikel curhatan para pengguna windows hehe

      • ryriadi

        bruntunglah anda hihihihihihhihi tdk dibully hahahahahha

      • Lingga Mentari

        Saya om di bully tapi saya membuktikan kalau wp juga punya kelebihan, sampai” mereka pengen beli lumia padahal dia baru beli zenphone 5 =D

    • Rafael

      Wkwkwk iya itu judul tepat bingitzzz ;D

    • Ojo Nessu

      sya ga prnah kna bully mlahan tman2 skantor mrasa iri dengan Cortana dan UI di WP…
      dan sya berhasil mngjak salah seorang tman untuk hijrah ke WP…

      • Muhammad Zaidan

        Kalimat terakhir ente, ane alami juga. :v

      • Muhammad Afif

        kalo ane udah 2 orang yg ane ajak menggunakan windows,,, yg satu pengguna wp 620, yg satu lagi ane arahin ke windows 10 (Versi PC)

  • hady

    Ikutan coret” ya klu saya pake windows karena Nokia, sejak sekolah sampe punya anak 2 saya pake nokia apalagi perpaduan antara nokia & windows tp yg membuat bangga adalah aplikasi fantasi painter yg gk ada di android, kinerjanya yg bagus selagi memory internalnya gk habiz saya rasa windows nyaman n gk pernah ngehang.

  • kalo gue lebih parah gan,
    soal BBM, BBM via WP itu lemot (pengguna L520 W10 Preview) padahal gue berharap pada saat gue hijrah ke w10 preview bbm akan semakin cepat tanpa loading lagi, dan jeng jeng sama aja ._. tapi bedanya tampilan nama lebih bold itu doang sih -_- dan gue juga kena bullyan, lo update PM ganti DP bisa bales BBM gak bisa, lahhh orang gak ada notifnya, apalagi line, apalagi whatsapp, ya allah rasanya gue nyesel disitu gue beli hape lumia dengan berbagaii produk gagal + kecelekaannya yang 520 w10nya ditarik karena kerusakan, tambah nyesel gue tapi gue tetep mendukung MIKOCOK dengan segala karyanya karena gue berhutang budi sama MIKOCOK karena gue hanya mengerti ekosistem windows dilaptop sedangkan hape android gue udah bosen dengan game tapi gue di w10 kayanya gue nyesel tapi gue dukung aahhh wtflah

    • Rasshid

      jangan update win10 gan wkwkwk

    • Rafael

      Agan udah pindahin aplikasi chat tsb ke memori internal blm? Kalo masih di memori external emang bikin lemot aplikasi chatnya :/

  • candra kho

    Aku suka tampilan windowsphone yang berbeda dari ios atau android tapi sayang lumia 730 nggak bisa disetting untuk email perusahaan tempat aku kerja sedangkan android dan ios bisa moga moga kalau Windows 10 sudah bisa

  • Jamesmysoul

    Windows itu master nya inovasi men….

  • Adrian Putra

    mantap.. komputernya dual monitor #salahfokus

  • Ambrizal Suryadinata

    Jangan lupa tujuan dibuatnya Windows Phone.
    Untuk mempermudah pekerjaan.

  • Ogi Rock

    ada yg curhat nih ceritanya hehe

    yg pnting kita (#windowsphoneuser) g pernah menjelek2an OS lain, saling mnghargai itu lbh pnting,… :)

    kalo aku pilih WP karena dluada iklan dikoran hp nokia lumia520 turun hrga, pdhal g ngrti soal OS’an, nah baru stelah itu jadi orang paling ngulik sekantor hahaaha

  • jaka adi

    Kalau saya bangga banget om sama wp.. Ampe teme. Temen ane sekaRang sudah 15 orang yang pi dxah ke wp.. Gara gara ane pamerin mixradio. Live tile cortana. Dan sinkron nya dengan. Pc.. Dan yang jadi andalan saya.. Jumlah aplikasi yang. Biasa saya instal.. Ratusan!
    Di bandingin dengan hp temen sya seharga 3jt .. Yang hanya punya aplikasi 30 dah babak belur jalan nya.. Padahal hp saya cuman 1,7 jt (535)

    Pada migrasi deh Mreka… ..

  • Saldi_w

    Wah kalo ane sih bersyukur om, mulai dari ane tk sampe sekarang mau lulus dari smk jurusan RPL ane terus berkutat dengan Aplikasinya Microsoft. Disingkat aja ya, pertama punya wp itu tahun kemaren gan dan jujur pas ane tunjukin ke temen” ane, mereka pada aneh hp apaan tuh? Tp mereka apresiasi banget, sampe” ada yg pengen pindah juga tuh dari si robot ijo. Hehe well ane udah coba 520, 635, sama 535.
    “Microsoft tau apa yg user butuhkan bukan yg mereka inginkan. Karena microsoft ingin penggunanya Produktif, bukan adiktif!” :) well ntar kalo udah kuliah ane pengen ikut MSP gan, ada yg jadi MSP disini? Hehe
    Yaudah sekian gan. :)

    • hehe ane MSP gan, tar kalau dah kuliah ikut daftar aja kalau ada rekruitmen MSP, benefitnya banyak :)

    • ryriadi

      wewwwwww “Microsoft tau apa yg user butuhkan bukan yg mereka inginkan” kata”nya berkelas mngkin bsa digunkan pda org membully hahahahha

    • Rasshid

      MSP itu apa gan? :)

  • Budiです

    Alasan ya? dari awal kenal komputer udah make Windows (waktu kecil suka ke swalayan dan maenan komputer yang jadi display disana dan SD make win98 di sekolah :p). Jadi dari kecil sampe sekarang pun masih make Windows OS (ya meski belum kesampean beli original :) eh waktu beli laptop pertama ini 1,5tahun lalu yang lagi booming Win8 (dan ini belum original) ane jadi makin demen make Windows OS, ya bisa dibilang jadi jatuh cinta sama kotak-kotak metro/modern appsnya Win8 lah.

    Pas pertama masuk ngampus tahun kemarin, kaget karena di kelas ada 2 orang temen yang make Lumia (yang lain make android OS dan beberapa ipun :v ). Alhasil ane deketin dan utak-atik handphonenya. Untuk pengguna featurephone kaya ane yg pertama kali megang WP OS, mungkin kalo yang demen oprek OS ini ngga cocok karena terlalu simple dan terbatas, tapi karena ane suka yang simple dan semua yang ane perlu gampang dicari; WP OS bisa jadi pilihan yang baik.

    Doakan saja lah bisa sedikit demi sedikit beli original software dari perusahaan kapitalis itu :p

  • Agil Faisal Rahman

    cuma windows phone yg windowsnya ori ya om… ane juga ko…

  • Ogi Rock

    masukanku sih, dari segi kemasan(design box)nya masih monoton, gitu2 aja,masih membawa design box khas nokia :)

  • riyan

    Klw aku ok ok aja ko’ mas… Malahan udah ada beberapa kawan aq yg terpengaruh suka & beli windows phone mas gara gara aq…..

    • Adii Adjji

      Iya gan aku berhasil mempengaruhi 3 orang cowo dan 3 cewe buat beli lumia

  • Agil Faisal Rahman

    windows ntu keren, apalagi windows phone,, beda deh dari yg laen…

  • Adii Adjji

    Saat dulu pertama beli lumia 520 itu gwe cuma tertarik sama mereknya Nokia .. Sama penasaran juga sih sama WP .. Dan akhirya gwe nyesel banget ketika liat temen” gw main game” yg ga ada di store .. Entah apa yg gwe pikirin gwe pengen banget beli android ,, tapi lu bakalan nyesel seumur hidup ketika lu ngerasaain lagh nya android .. Gwe cari” di internet ternyata w8 bisa update ke w8.1 .. Dan disitu gwe baru ngerasa kalau os nya memang berkualitas dan gw yakin hanya masalah waktu sampai para developer ngeliat wp

    • Rafael

      Betul,betul,betul malahan Win 8 bisa upgrade ke win 10 berbeda dengan samsung yang banyak produksi hp android tapi pelitnya udah ketularan google liat aja hp di bawah 2 juta gak bakal ada yang bisa upgrade android lolipop

      • Adii Adjji

        Apalagi kalau di android mau update itu pasti ribet dan yang pasti harus melakukan flahsing :v

  • ryanmorre

    Sempat di bully juga.. Tpi saya jadi bnyak tau. Bnyak pengalaman. Microsoft memberi sya kbebasan bereksperimen. Pkokx dan sbenarnya Microsoft is the best. Sya gak akan pindah ke lain hati walaupun cwek saya paksa buat beli hape dgan OS lain.

    • Rafael

      Kalo saya di tawarin hp Nokia lumia 930 atau Selena Gomez saya mah mending milih Nokia lumia 930 karena yaa jawabannya sanggat lah logis dan realistis gan yaitu emang mau Selena Gomez sama saya -_-“

      • ryanmorre

        Hahahaha

  • Hafiz Alfarizi

    Pengalaman ane pakai Microsoft Lumia 535 sih pernah di ejek gara” gak bisa main get rich sama coc.. “Masa HP Microsoft Gak bisa Main LGR/COC.. Gembel.. Mending Hp gw” .. Mereka bilang kayak gitu.. Tapi setelah ane download Game-Game yang ukurannya -+ 1gb mereka pada takjub, dan setelah ane main Exel Dan power Point Di HP Mereka baru menyadari kelebihan Windows Phone.. Bahkan sekarang temen ane mau beli lumia punya ane, dan hampir semua temen sekelas setiap hari minjem lumia ane.. dan lagi sahabat ane terpengaruh sama ane gara” hampir setiap hari ane jejelin hasil jepretan lumia 535 ane, jadinya sekarang dia mau beli Lumia 535 juga.. Sungguh perjalanan yang menyenangkan… Awalnya dari 1 sekolah ane, ane lah yang pertama megang brand Microsoft… :D

    • Rafael

      Sama gann saya juga jadi orang pertama pakai Microsoft Lumia di sekolah cuma berbeda nasib bully nya kalo saya lebih parah dikatain kalo “sejak kapan Microsoft ngeluarin hp itu mah bukan hp Microsoft tapi hp cina berlabel Microsoft” tapi sekarang udah gak dikatain lagi mungkin dia udah browsing di Mbah Google dan juga suka malu kalo liat saya (soalnya saya gak pake baju :P wkwkwkwkwkw)

      • RiDho Ahmad

        perkembangan yg menyenagkan

  • Ghet

    jujur, klw ane sih pilih produk microsoft trutama windows phone karena ada produk officenya. klw gk ada officenya udah milih ipon ane nya mah.
    android ?
    mendingan ane gk punya hp dri pda pilih android.

    • Rafael

      Tapi sekarang office udah lama looh hadir ke iphone dan android memang pemakainnya saja yang sussah tapi anehnya mereka mendapat office dengan percuma alias gratis :|

      • Ghet

        bkn pemakaiannya aja yg susah. tpi tampilannya jg aneh & kagak bgs atw gk enak d pandanglah pokoke. trutama d andro. dan jg gk bsa d pin k menu. ya namanya jg gratis sih hehe.
        jd lebih baik ane pilih WP utk officenya dripada andro. karena fiturnya lebih bsa d maksimalkan d WP (bsa d pin k menu, simpan sdcard dll).

      • Adib Tsani Faishol

        Yang di ios nggak maksi, tetep purchase juga ujungnya buat maksimal.

  • Dixa

    Dengan mengenal Microsoft, Anda bisa menjadi seorang yang produktif dan kreatif di dunia IT, bukan konsumtif seperti yang lain…

    • ryriadi

      Setuju bro……

  • Angga Yanuar Putra

    Jgn salaah pikir, WP bnyak di cerca justru krna mreka ingin mmbrikan apa yg bner2 dibutuhkan oleh user..krna pmikiran yg sperti itu yg ane suka dri microsoft..n jelas akn ad halang rintang mnuju ke arah sana..

    bnyak pngguna smartphone gk bsa mmbedakan mna yg bner2 di butuhkan aplikasi dlm khidupan shari2, memudahkan pnggunaan aplikasi trsbut..dan pstinya pgn donk sistem krja aplikasi trsbt lancar..

    Memang bnr klo bnyak aplikasi akn lbh mnyenangkan..tetapi, dlm khidupan shari2 kita gk mngkin mnggunakan smua aplikasi trsbt..ad bnyak hal lain yg lbh pnting dlm khidupan shari dripda skedar aplikasi / game smartphone..mnurut ane, sgala jenis OS, sgala merk smartphone itu hnyalah sbatas gengsi doank..percuma pemilik smartphone mahal, lengkap aplikasi, tp gk bsa mmbuat diri sndiri berkembang..jadikan smartphone sbagai jmbatan utk mngembangkan diri..bkn adu gengsi..gengsi gk akn ad habis2nya smpe ente pnya cucu..
    N jgn smpai kita mnjadi ‘bodoh’ oleh smartphone itu sndri..

    Salam WPLovers..

    • Rafael

      Ane setujuu gann kebanyakan orang itu liat iphone cuma karena mahalnya doang pengalaman ane make iphone terbilang singkat karena banyak aplikasi yang sangat dibutuhkan gak bisa di jalanin di ios 7 kebanyakn udah pindah support ke ios 8 kayak fiture find my phone yang sangat di perlukan aja gak ada untuk ios 7 masalah nya itu sanggat di butuhkan. nahh bagai mana untuk para pengguna iphone 4 kebawa yang gak bisa dapet fiture find my phone yang notabene gak bisa upgrade ke ios 8. Ini juga termasuk pembodohan teknologi ala apple kegigit hihihihihi

  • Mayza MyZone

    Tulisannya horor cuy,,, seirama dengan pak kiki dah… Dari dulu sampe sekarang Microsoft memang sudah memanjakan kita dengan kebutuhan teknologi yang kita inginkan,, dan saya cinta Microsoft

  • Muhammad Zaidan

    Nah…

  • Syahdan

    Wihh mantap bang cerita yang balas budi ke microsoft

  • Maududi Azhar

    salut artikelnya sungguh luar biasa om gak nyesel selama ini saya pake hp lumia Windows phone, karena tampilan user interfacenya sangat khas, elegan dan berbeda dengan platform os lain, jadi serasa menjadi orang eksklusif. sampai saat ini saya tetap bangga dengan produk keluaran microsoft khususnya dilini perangkat smartphone lumia. Hidup Microsoft, Hidup Windows, Hidup Winpoin you’re the best

  • Migi

    Sy selalu bangga dengan Microsoft, entah kenapa jadi muncul cita2 (bukan cita citata) kerja di Microsoft

  • Kasyah Rahmatullah Takhier

    Hahaa,, gw anak skolahan slma mke L535 gw gk prnh d.bully, malahan d.sanjung wkwkk..

    • RiDho Ahmad

      haha bagus tuh.. ane juga, karena kameranya bagus

  • Zulmi Kurniawan

    kontroversi antara hamburger ui dan pivot ui.

  • Hassan S Maulana

    Anti mainstream itu pertama, Windows Phone itu keren itu kedua, Cukup komplit dalam mengakomodir kebutuhan itu ketiga, bisa kenal kalian adalah anugerah terakhir.

  • ZAY

    windows phone adalah OS yang sangat membuatku penasaran , setiap hari menganalisisnya _—_ terus menerus berusaha menemukan sesuatu yang baru
    meskipun tidak bisa di moding atau di ganti ganti penamppilannya
    startscreen 8.1 tranparent tilenya masih bisa di kostum dengan manual menggunakan photoshop

    _–_

  • hprabowo

    dan keempat alasannya itu pas kaya aku, :o
    hutang budi : dulu pas kuliah pake win + office bajakan :(,
    personalisasi : pas banget, dan akhirnya sering dibilang aneh –”
    pekerjaan : ngoding .NET ya tetep enak pake Windows :v
    dan WP : semua kebutuhanku tentang komunikasi dan entertainment 90% lebih telah tercukupi dengan WP :)

  • farouq ramdani

    Mengharukan sekali

  • zymethsalim

    Wahhh curhatan seorang penulis…
    Kalo menurut saya sih orang yg memBully WP nggak sadar saja mereka nggak bisa hidup tanpa Microsoft, HP mereka diRoot atau diCustom ROM pasti pake Windows, googling pake Windows, ngebullynya juga pake Windows, belajar OS mereka juga pake Windows, tanya saja yg membully OS apa yg mereka pake paling juga bukan Andro ato iOs, pastinya Windows **bajakan lagi**..
    kayaknya mereka harus disadarkan bukan kita balik membully..

    • Hendri Inderata

      Seperti hal nya ane,wp ane dah ngidupin ratusan hp os laen..mantap wp

      • zymethsalim

        sippp, jadi dewa penyelamat,, hhhhhh

  • Rievky Benity

    kalo ane jujur aja suka sama perjuangannya bill gates, ane terinspirasi dari doi.
    dan ane inget kata2 beliau pas lagi ngomong ke Steve Jobs, “suatu saat nanti perangkat lunak saya akan melampaui Apple” CMIIW

  • Hendri Inderata

    Wp ane dah nyelamatin ratusan hp os laen,…hahaha

  • uan

    Udah terbiasa make product microsoft jd agak susah make yg lain bro

  • Ida Bagus Anom Sanjaya

    Microsoft menjadi segalanya buatku… dari dulu hingga kini…

    Oh ya

    “Sebetulnya ini pernah terjadi pada saat rilis Preview Developer Windows
    Phone 8.1 yang lalu. Konsep baru Microsoft yang dirilis melalui program
    Preview Developer tersebut menjadikan Microsoft sebagai bahan bully-an
    di mana-mana karena perubahan konsep yang cukup radikal. Mulai dari
    sebutan {kopian Android}, hingga kehilangan identitas diri.”
    Lha perasaan Patennya kebanyakan dari Microsoft, jadi
    Shelly : “eh WP itu copasan Android ji itu kaciant.. eh la paniru…”

    Anom : “Eleh, PALALO!! Patennya dipake Andro siapa yang punya?” “MS punya”
    Shelly : “Waduh.. jadi WP 8.1 copasan Android tp banyakkan patennya MS wah coeg banget sampe bilang copasan Android
    Anom : -_-

    Baru Fitur yang jadi andalan kena Bully.. eh OS tetangga make juga yang dia Bully.. ni mah “Jilat ludah sendiri” [lihat tuh fitur “Snap In” akan dipasang di Android Lolipop, yang punya pertama siapa?] dan [Lihat juga Apple bikin iOS versi Preview nanti alias beta, yang bikin versi beta ke publik pertama kali siapa?]..

    Itu saja…

  • Adib Tsani Faishol

    Alasan milih wp.

    1. Pertama ngejar office karena sudah built in, Times New Roman yg punya microft soalnya. Hehehe (tapi dikecewakan oleh tampilan yg nggak bisa document view, sma nggak bisa buka word 97-03). Padahal yg buat os adalah sang empunya aplikasi office fenomenal. Hemm.
    2. Ngejar fasilitas email, ternyata harus melalui files, mudah sih tapi nggak bisa cek sent item, nggak bisa liat attachment nyampe apa kagak. Padahal sang empunya os juga punya email client (outlook). Tapi Akhirnya terselesaikan sama maestro buat aplikasi email full feature (wp 8.1)

    Alhamdulillahnya, meskipun dikecewakan oleh dua hal yg paling saya cari (mail+office) tapi saya nggak ciut asa. Karena saya percaya “selalu ada harapan dalam sebuah penantian lama”. Akhirnya wp.10 nantinya memenuhi harapan saya. Outlook yg baru sangat memuaskan, dan semoga akhir bulan ini office juga memenuhi harapan saya. :)
    Untuk aplikasi nggak masalah, game (asa asphalt, fifa, starwars commander), aplikasi sosial juga sudah lengkap, terlebih buat tanggepin komen diwinpoin yg pake disqus juga bisa. Sejauh ini setau saya, cuma WP yg punya official aplikasinya disqus. (CMIIW)

    Salam satu windows! Haha sori banyak.

  • Nanu

    Microsoft membuka jendela duniaku.

  • Hendri Inderata

    Tes

  • Arvy Zulfan Akhmad

    saya juga nih
    saya jadi tahu beragam hal dari windows dan memudahkan saya belajar

  • Viqie Dellavega

    Dulu waktu pake symbian di bully user BB… Skarang pake WP di bully sama user andro… Tp pas di liatin kelebihan symbian n wp baru dah pada bilang ” tergantung yg pake nya ” jiahhh pake 1000 langkah no jutsu… Haaaa

  • Viqie Dellavega

    Tp bingung jg c yaa kalo hh nya uda

  • Mochammad Reza

    Bangga lah saya ama Microsoft,dari jaman SD sampe SMA pelajaran komputer pake nya Office Microsoft,pokoknya yg bully Microsoft orang yg gak tau diri yg dulunya gaptek sampe melek teknologi,khususnya WP temen saya sirik liat Lumia saya smooth banget maen game berat kaya Aspalt,Dead Trigger,dll,bukan game berat doang Family Guy yg game enteng di iPhone dia nge lag abis pas liat saya maen di Lumia 730 dia bilang “kok gak nge lag di hp lo?” Wkwkwkwkwk

  • RiDho Ahmad

    aku.. aku..

    ane milih WP karena WP emang HP impian .. udah diinginkan sejak lama
    tertarik ama Windows Phone karena kenal OS-tan

    • RiDho Ahmad

      ane juga mendukung Microsoft karena salut semua produknya yg paling berkualitas

  • pungky pratiwi

    Temen2 aku sih alhamdulillah gak ngebully, cuma pada heran aja kenapa aku beli windowsphone. Tapi pada penasaran sama nih hp, jdi kebanyakan pada minjem buat otak atik, soalnya rata2 pada pake android

  • Nauval Nurikhsan Fauzi

    Bener om, pengalaman pas awal2 masuk kelas 9 ane bawa lumia punya mama (Lumia 710, WP 7.8) temen2 dikelas pada ngerubungin ane, dan hasilnya temen ane ada yg hijrah ke WP, tapi ane masih pake Andro :’v

  • doblonk

    aku tak punya alasan :(

  • Adnan Zaki

    ane baru pake WP <4 bulan. pertama pake ini hp, gak ada satupun yg ngejek. di kampus mlh pd bilang keren dan ngiri. bukan cuma yg hpnya dibawah ane (ane pake 730) tp jg yg diatas ane, ada yg make LG G2 tapi ngiri karna di Lumia bisa moto pake mode manual, doi ngiri abis sm manual shutter speed nya yg sampe kapanpun ga akan ada hp android yg bisa bikin foto light trail. tampilan WP juga mencolok, lain dari yg lain, khususnya 730 ane punya desain yg khas bgt, dan ini lagi2 bikin ngiri user android lain. jadi bisa disimpulin, yg paling bikin user andro ngiri sm WP yaitu tampilan sama kameranya, dan akhirnya ane sukses bikin temen ane yg user G2 itu bilang "jadi pengen pake windows phone gue". so, pandangan orang tentang windows phone skrg udah beda banget, sebagian besar dari mereka justru iri dan pngn ganti platform. just info: ane pake background wallpaper xperia untuk start screen nya, dan itu keliatan jauh lbh keren dibandingkan yg ada di xperianya sendiri.

    kalo untuk windows versi PC, gak usah ditanya lagi, this is the most perfect OS for most people. ane pake windows mulai dari belajar office (word, excel, ppt, access), sampe skrg desain grafis (adobe, corel), video editing, audio editing, visual basic dan tentunya sarana hiburan kayak nonton film, ngegame dll. ane gak perlu review panjang2 buat jelasin knpa masih pake OS Windows. thanks Microsoft!

  • Nanang Sunardi

    alasan saya pake wp, karna saya anti mainstream :v

  • Pengen migrasi Ke WP :v

  • Komang

    sepertinya pangsa pasar android mulai lesu ya?
    ane jg jadi tertarik dengan WP…kmaren bru beli Lumia 435 (tp blum ditangan) :D
    keren nih WP, cuma 1 produsen (mirip ipin) klo android kan saking banyaknya jd tampilannya gt2 aja,,
    smoga aja smua prangkat lumia support ma win10..biar makin mantapppp..
    maju terus microsoft :)

  • Rudi

    Saya dari kuliah pake windows laptopnya… Bagus… Kalo hape mah gonta ganti karena ingin coba os lain… Tapi pas sekarang pake wp 535 sengsara broo… Layar nya suka nyelonong sendiri.. Ngetik harus penuh perjuangan dan pas ada telpon mau mencet jawab malah tolak… Gara gara terlalu sensitif.. Jadinya pake ipon juga.. 535 cm buat medsos dan media player

  • indra

    Hmmmm,, untuk handphone saya pakai WP,, dan untuk laptop saya gunakkan linux,, karena saya mampu untuk membeli WP.. Tapi untuk laptop/desktop,, sungguh saya tidak mampu membeli lisensinya,,

  • best

    karena android dan iOS sudah terlalu mainstream :3

  • dona

    baru barapa hari pake microsoft lumia 535 udah item layarnya…. memang benar ini produk gagal, sebenarnya softwere bagus,, tapi hardwerenya yang kmenurut saya produk gagal