4 Alasan Kenapa Kamu Harus Upgrade Ke Internet Explorer 11

4 Alasan Kenapa Kamu Harus Upgrade Ke Internet Explorer 11

3

Alasan Kenapa Kamu Harus Upgrade Ke Internet Explorer 11

Internet Explorer adalah browser yang terkenal paling lemot sedunia dan pengguna Windows hampir tidak pernah menggunakan browser ini untuk keperluan sehari-hari. Mungkin kamu menggunakan Internet Explorer untuk pertama kalinya ketika selesai menginstall Windows, itu pun hanya digunakan untuk mendownload software yang diperlukan. (Baca: Daftar Aplikasi yang Kamu Butuhkan Setelah Install Ulang Windows)

Karena citra yang terlanjur hancur, Microsoft tengah mencoba membersihkan nama Internet Explorer kembali. Sejak dirilisnya Internet Explorer 10, Microsoft sudah melakukan kampanye, bahwa browser ini telah berevolusi dan sudah tidak seperti dulu. Tapi apakah browser ini sudah benar-benar diperbaiki oleh Microsoft? (Baca: Microsoft Merayakan 1 Tahun Kampanye “IE10 Browser You Loved to Hate”)

Untuk saat ini Internet Explorer telah mencapai versi 11 atau yang lebih dikenal dengan Internet Explorer 11, telah berkembang dengan pesat. Microsoft benar-benar memperbaiki kinerja browser yang sebelumnya sangat buruk. Untuk itu WinPoin akan membangkitkan lagi kepercayaan kamu, bahwa browser Internet Explorer 11 memiliki kemampuan yang sama dengan browser lain bahkan lebih baik. (Baca: Inilah Fitur Baru Internet Explorer 11)

 

1# – Internet Explorer 11 itu Cepat

Internet Explorer 11 muncul dengan penuh kejutan, ini dikarenakan kecepatan. Versi terbaru ini mampu mendownload halaman situs dengan lebih cepat ke komputer kamu (yang juga hadir untuk Windows Phone 8 dengan kemampuan yang sama) dan telah melalui tes bebas yang dilakukan para user.

Halaman grafik web ditampilkan Internet Explorer 11 dengan menggunakan graphics processor daripada menggunakan CPU, ini akan membantu halaman terbuka dengan cepat. Namun tidak semua kinerja Internet Explorer 11 mengandalkan GPU. Saat proses background browser sibuk mencoba untuk menebak dan menghubungkan apa yang akan kamu klik selanjutnya dan melakukan preloading dari data tersebut. Meskipun kejadian ini tidak terjadi setiap kali (algoritma hanya akan mengambil pre-fetch halaman yang diprediksi atau yang akan kamu pilih) tentu kecepatan yang menentukan ini.

 

2# – Tampilan Web Semakin Keren di IE11

Seiring dengan penggunaan GPU untuk meningkatkan kecepatan saat load halaman grafik web, Internet Explorer 11 membuat kemajuan yang sangat pesat dalam menangani masalah sebelumnya.

Alasan Kenapa Kamu Harus Upgrade Ke Internet Explorer 11

Di masa lalu, browser Microsoft baik itu di Windows atau Mac OS memiliki reputasi yang sangat buruk untuk pemrosesan halaman web dan tidak memiliki standart (atau masih menggunakan standart yang lama) yang di atur oleh W3C. Hal ini sangat berbeda dengan browser lain seperti Netscape Navigator, Mozilla Firefox, Safari, dan browser lainnya untuk menampilkan halaman web HTML.

Bagaimana pun juga browser Internet Explorer 11 sekarang telah mematuhi peraturan standart web meskipun terlambat.

 

3# – Peningkatan Keamanan dan Fitur Privacy IE11

Tidak ada cara untuk memastikan apakah browser aman dari gangguan dan aktivitas mengenai dara pribadi kamu ketika browsing. Tapi dalam perbandingan antar browser, Internet Explorer telah melakukannya dengan baik dalam mendeteksi situs phising, sedangkan siklus update Microsoft juga ikut turut serta membantu dengan cepat ketika ada celah keamanan. (Baca: 5 Tips Aman Berselancar di Internet)

 

Jika kamu belum pernah menggunakan Internet Explorer, kamu mungkin tidak menyadari ada banyak menu Safety, dimana kamu bisa menemukan opsi untuk menghapus Delete browsing history dan mengaktifkan InPrivate browsing, yang terakhir fitur yang mirip dengan incognito mode di Chrome. (Baca: 3 Cara Menghapus History di Google Chrome)

Alasan Kenapa Kamu Harus Upgrade Ke Internet Explorer 11

Yang lebih bagus lagi, menu Safety memiliki kemudahan untuk mengakses fitur Do Not Track, memungkinkan kamu untuk meminta situs web yang kamu kunjungi untuk tidak melacak kamu.

Ada juga SmartScreen Filter, menu yang akan memeriksa situs web terhubung dengan database Microsoft untuk mengetahui apakah web itu berbahaya atau tidak.

Alasan Kenapa Kamu Harus Upgrade Ke Internet Explorer 11

Selain itu ada juga menu pop-up blocker, bisa membebaskan kamu dari iklan pop-up dari situs yang saat ini lagi marak. Dengan merubah pengaturan menjadi level tertinggi maka iklan pop-up tidak akan muncul dan ini bisa kamu atur untuk situs tertentu saja.

Alasan Kenapa Kamu Harus Upgrade Ke Internet Explorer 11

 

4# – Tampilan Modern untuk Windows 8.x

Untuk pengguna Windows 8.x, Internet Explorer 11 memiliki mode alternatif yang cocok untuk pengguna tablet atau pengguna touchscreen, sementara itu tidak cocok untuk digunakan oleh pengguna mouse atau touchpad yang biasanya dimiliki laptop. (Baca: Inilah Cara Mendapatkan Fitur Windows 10 di Windows 7 atau Windows 8)

Alasan Kenapa Kamu Harus Upgrade Ke Internet Explorer 11

Bisa dibilang mode ini dibuat memang untuk device berbasiskan touchscreen, mengutamakan pengalaman dengan layar sentuh. Tampilan Modern untuk Internet Explorer 11 bisa kamu gunakan mulai dari Windows 8. Meskipun begitu ada perbedaan kecil antara versi desktop dengan modern, perbaikan yang sama dan privasi juga diberikan, dan kamu bisa menemukan Opsi untuk Privasi di charm Settings.

 

Layakkah Upgrade ke Internet Explorer 11??

Kalau sebelumnya kamu ragu dengan kemampuan Internet Explorer 11, maka kamu harus berpikir ulang. Tapi ada informasi yang harus kamu tahu juga bahwa pengguna Windows XP dan Vista tidak kompatibel dengan Internet Explorer 11. Tidak mengherankan untuk Windows XP karena supportnya telah dihentikan, begitu juga Vista yang akan segera berakhir. (Baca: 8 Cara Menjaga PC Kamu Tetap Aman Pasca Habisnya Masa Support Windows XP)

Untuk Windows 7, 8 dan 8.1 bisa upgrade ke Internet Explorer 11 secara gratis dari halaman download Microsoft. Kemudian kamu tinggal menginstallnya dan sudah bisa menikmati browsing menggunakan Internet Explorer 11. (Baca: Internet Explorer 11 untuk Windows 7 Sudah Bisa Didownload)

 

Jadi apakah kamu ingin menggunakan Internet Explorer 11 sebagai browser utama? Fitur apa yang kamu sukai dari Internet Explorer 11?

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!
Suka ngobrolin berbagai hal tentang teknologi. Dia hampir tidak pernah bisa tenang sebelum mengetahui kabar teknologi paling gress saat ini.
  • Agil Faisal R.

    satu lagi min, ie 11 makan memory kecil dibanding mozilla yg gede banget makan memory, coba aja cek di task manager, buka banyak tab tapi dikit memory yang kepake, beda ma mozilla buka 2 tab aja udah makan banyak memory,,
    sehari2 ane pake mulu ni IE 11, IE udah berubah sekarang,,,

  • satu lagi IE 11 punya maskot anime yang bernama Inori Aizawa

    • nurcahya

      Setuju :v
      Ane pake IE11 gara gara inori aizawa aja :v