4 Cara Memperbaiki Registry Windows 8 / 8.1

4 Cara Memperbaiki Registry Windows 8 / 8.1

0

memperbaikiregistry_0

Memodifikasi registry sering digunakan banyak user Windows 8 / 8.1, baik untuk tweaking ataupun penambahan fitur-fitur tertentu. Namun sayangnya tidak jarang yang mengalami error akibat terlalu banyak memodifikasi registry atau salah dalam memodifikasi registry itu sendiri. Pertanyaannya adalah bagaimana cara untuk memperbaiki registry tersebut??
Pada artikel kali ini, WinPoin akan memberikan 4 cara yang dapat dilakukan untuk memperbaiki registry di Windows 8 / 8.1.

 

Membackup Registry

Sebenarnya cara ini lebih tepat disebut sebagai pencegahan dan bukan perbaikan, tetapi hasil backup nya sangat ampuh digunakan untuk memperbaiki registry. Untuk itu pastikan kamu membackup registry terlebih dahulu setiap kali akan memodifikasinya, sehingga jika nanti setelah dimodifikasi muncul masalah kamu bisa mengembalikannya dengan mudah.
Untuk melakukannya, pada saat membuka registry klik kanan “Computer” lalu pilih “Export“, kemudian beri nama pada file reg tersebut kemudian pilih Save.
memperbaikiregistry_1
File backup tersebut akan muncul. Disini WinPoin memberikan nama file tersebut dengan nama “WindowsRegistry”.
memperbaikiregistry_2
Untuk merestorenya. kamu cukup klik 2x pada file tersebut dan jika muncul veritifikasi. cukup tekan “yes”, dengan begitu registry akan ke restore dengan menggunakan file reg hasil backup.

 

Melakukan System Restore

memperbaikiregistry_3

Menjalankan system restore juga bisa menjadi pilihan jika ingin memperbaiki registry. Selain memperbaiki sistem ke keadaan yang sama pada saat membuat restore point, system restore juga akan merestore registry ke waktu dimana dibuatnya restore point. Untuk itu kamu juga bisa membuat restore point sebelum memodifikasi registry, dan jika terjadi masalah kamu bisa merestorenya kembali. Untuk selengkapnya kamu bisa membaca panduan Cara Restore Windows 8 / 8.1.

 

Menggunakan Bantuan Software

memperbaikiregistry_4

Ada banyak software yang bisa kamu gunakan untuk memperbaiki registry. Salah satunya yaitu dengan menggunakan software Windows Repair AIO dari Tweaking.com. Selain dapat memperbaiki, kamu juga dapat membackup dan restore registry (jadi ini bisa menjadi alternatif dari cara pertama diatas). Jika kamu tertarik, kamu dapat mengunjungi halaman ini dan pilih mirror link untuk mendownloadnya.

 

Install Ulang Windows

memperbaikiregistry_5

Langkah terakhir yang dapat kamu lakukan jika semua cara diatas tidak membantu adalah dengan menginstall ulang windows. Dengan begitu sistem akan kembali fresh dan membersihkan semua sampah pada sistem, maupun pada registry. Tetapi ingat ini adalah cara terakhir jika semua cara diatas tidak ada yang berhasil. Selengkapnya kamu bisa membaca panduan Tutorial Lengkap Cara Install Windows 8 Berserta Gambar.

 

Itulah beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk memperbaiki registry di Windows 8 / 8.1. Jadi selalu berhati-hatilah dalam memodifikasi registry karena jika salah digunakan dapat menyebabkan error yang berdampak pada sistem windows itu sendiri. Pastikan selalu backup atau membuat restore point untuk menghindari permasalahan di kemudian hari. Jika kamu memiliki permasalahan seputar registry, kamu juga bisa tanyakan di Forum WinPoin.

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!
Microsoft Device and Windows beta enthusiast. akan merasa senang jika bisa saling bertukar knowledge tentang Windows dan Lumia, baik Melalui Forum atau Twitter. Bukan fanboy.