4 Hal yang Wajib Dipertimbangkan Sebelum Membeli Notebook Hybrid

4 Hal yang Wajib Dipertimbangkan Sebelum Membeli Notebook Hybrid

16

4 Hal yang Wajib Dipertimbangkan Sebelum Membeli Notebook Hybrid

Seiring perkembangan jaman semakin banyak saja orang yang membutuhkan perangkat portable untuk mendukung aktivitasnya. Berbagai device portable pun makin diburu masyarakat, mulai dari smartphone, laptop, tablet, ultrabook, maupun yang paling gress saat ini — Notebook Hybrid.

Bagi kamu yang belum tahu, Notebook Hybrid merupakan perkembangan dari ultrabook dan penerapan sistem tablet dalam satu perangkat. Dengan begitu kamu bisa menggunakannya sebagai laptop biasa atau menggunakannya dalam bentuk tablet.

Notebook Hybrid langsung jadi populer setelah kemunculan Microsoft Surface yang menggunakan Windows 8 sebagai OS nya. Lalu dalam perkembangannya muncul juga Notebook Hybrid yang menggunakan 2 sistem operasi sekaligus, dimana jika kamu menggunakannya dalam posisi seperti laptop maka secara otomatis OS yang digunakan adalah Windows, dan jika kamu gunakan dalam posisi tablet maka secara otomatis OS yang digunakan adalah Android ataupun yang lainnya.

Dengan akan dirilisnya Windows 10 yang berjalan lancar di berbagai macam device, Notebook Hybrid diprediksi bakal menjadi trend baru notebook masa depan.

Namun bagi kamu yang tertarik untuk memiliki  Notebook Hybrid, ada beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan sebelum memutuskan untuk membelinya:

 

Didesain untuk Produktivitas Kerja

4 Hal yang Wajib Dipertimbangkan Sebelum Membeli Notebook Hybrid

Hingga saat ini hampir semua Notebook Hybrid dirancang untuk mempermudah pekerjaan dan meningkatkan produktivitas pemiliknya. Desainnya yang tipis sengaja dibuat untuk memudahkan pengguna membawanya kemana-mana. Jadi jika kamu adalah orang yang ingin meningkatkan produktivitas kerja, Notebook Hybrid cocok sekali untuk kami miliki.

Namun demikian Notebook Hybrid tidak cocok digunakan untuk gaming. Ada beberapa hal yang menjadikannya tidak cocok bagi gamer, misalnya spesifikasi hardware yang kurang memadai, kapasitas storage yang tidak terlalu besar, desain tipis yang minim sirkulasi udara, dan sebagainya.

Jadi sebelum memutuskan membeli, pastikan dulu akan digunakan untuk apa Notebook Hybrid tersebut.

 

Kapasitas Penyimpanan Kecil

Jika kamu telah menetapkan akan membeli Notebook Hybrid, maka hal kedua yang harus diperhatikan adalah kapasitas penyimpanannya. Hal ini penting karena kapasitas penyimpanan di Notebook Hybrid tidak sebesar Notebook / laptop biasa. Bahkan rata – rata Notebook Hybrid kelas menengah kebawah memiliki kapasitas penyimpanan hanya 32 GB saja, padahal secara default Windows akan membutuhkan sekitar 16 – 20 GB untuk OS nya saja dan itu belum termasuk software lain seperti Microsoft Office, browser, dsb.

Menggunakan cloud storage seperti OneDrive memang bukan hal yang buruk untuk pekerja kantoran yang sering menggunakan software Microsoft Office. Namun bagaimana dengan para designer yang menggunakan Corel Draw, Photoshop, ataupun Ilustrator?

Untuk itu pilihlah Notebook Hybrid yang memiliki kapasitas penyimpanan sesuai dengan kebutuhan kerja yang diperlukan.

 

Tidak Mudah Diupgrade

4 Hal yang Wajib Dipertimbangkan Sebelum Membeli Notebook Hybrid

Berbeda dengan laptop biasa yang cukup mudah untuk diupgrade, mengupgrade Notebook Hybrid tidaklah semudah itu. Sebagai contoh Microsoft Surface memiliki RAM yang tersolder langsung ke motherboard nya, sehingga kamu tidak akan bisa melakukan upgrade RAM ke kapasitas yang lebih besar. Dari seluruh bagian Microsoft Surface hanya SSD nya saja yang bisa diupgrade dengan mudah, dan hal ini juga berlaku bagi sebagian besar Notebook Hybrid saat ini.

Untuk itu sebelum membeli Notebook Hybrid, pastikan kamu memilih device yang spesifikasinya mumpuni untuk menyelesaikan berbagai pekerjaan kamu sehari-hari.

 

Harga Masih Relatif Mahal

4 Hal yang Wajib Dipertimbangkan Sebelum Membeli Notebook Hybrid

Hingga saat ini harga Notebook Hybrid bisa dibilang masih cukup mahal. Dengan harga yang sama, kamu akan memperoleh Notebook Hybrid dengan spesifikasi yang jauh lebih rendah daripada notebook / laptop biasa. Untuk mendapatkan spesifikasi yang sama kamu juga harus mengeluarkan budget beberapa kali lipat dari harga laptop biasa.

Hal ini bisa saja terjadi karena Notebook Hybrid masih tergolong “barang baru” jika dibandingkan dengan laptop dan notebook biasa.

Untuk itu sebelum kamu memilih untuk membeli Notebook Hybrid, pastikan bahwa kamu memiliki budget yang cukup untuk mendapatkan device yang spesifikasinya sesuai dengan kebutuhan kamu.

 

Itulah beberapa bahan pertimbangan yang semoga bisa menjadi referensi kamu sebelum memilih dan membeli Notebook Hybrid.

Apakah ada diantara kamu yang berniat untuk membeli Notebook Hybrid dalam waktu dekat ini? Adakah pertimbangan lain yang kamu gunakan untuk bisa memilih Notebook Hybrid yang tepat?

 

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!
Seorang Web Designer, Web Developer MyBBID, mempunyai sedikit bakat dalam bidang Multimedia, dan sering berurusan dengan yang namanya PC/Laptop.
  • yocktan

    Baterai sama kualitas touchscreennya, Min..

    • Yup, baterai dan kualitas touchscreen juga krusial, terutama utk Hybrid yang menggunakan Windows Pro (Non-RT) yang notabene butuh resource power yang lumayan besar

  • Aisy Muhammad Rozsidhy

    Harga.. :’D
    Suface aja $700 buat yg core i3..
    ditambah dolar naik enggk ada harapan beli hybrid dalam waktu dekat.. :’)

    • Ambrizal Suryadinata

      Wkwkwkwk sabar sabar

    • Surface memang masih mahal, dan belum dirilis di Indonesia
      Tapi Microsoft dikabarkan tengah membuat Surface versi Murah, cuman harganya berapa dan apakah dirilis di Indonesia atau tidak kita masih blm tahu :D

    • Guest

      Ya semoga saja..
      klo enggk nanti beli Dell Venue 8 atau Advan W80/W100

  • Mochammad Reza

    Padahal ane baru pengen beli notebook hybrid buat multimedia n game,ternyata gak cocok buat game ya,owwwhh

    • Utk gaming sebaiknya budget nya dialihkan utk membeli laptop gaming, misalkan Asus ROG atau Alienware dibandingkan dengan Hybrid.

      Utk saat ini Notebook Hybrid masih blm begitu powerful utk nge-game, krn msh fokus di produktivitas kerja ^^

      • Mochammad Reza

        Kalo laptop gaming harganya lebih mahal ya gan?

  • Adii Adjji

    Kalau Advance W100 samaa W8 itu termasuk apa min ?? :/

    • Hybrid juga dia :D

      • Adii Adjji

        Tanya lagi om febian .. Berarti dua device itu bisa update ke Windows 10 gratis ya om .. Secara itu bukan Windows R.T kan :D

  • hprabowo

    laptopku juga ga bisa diupgrade selain ssd, –”
    padahal pengen upgrade ram :v

    tapi tetep aja pengen tablet windows yaa :v

  • Fauzan Adhima

    Tdnya pgn nyoba asus transformer book, tp karena hanya ada 1 slot usb 3.0 jadi pikir2 dulu :v

  • ahmad zakiy

    Mantap ulasannya mas.
    Lagi bingung mau nyari laptop Hybrid buat kerja (pakai Adobe Illustrator dan Photoshop). Ngebet sama surface pro 3, tapi belum masuk ke Indonesia. Trus, menurut iFixit, Surface Pro 3 paling susah diperbaiki kalau rusak :D.

    Kira2 ada saran mas? yang ram-nya 4 atau lebih, bandel dan barangnya ada di Indonesia. Harga nomor 2 :D.

    Makasi mas.