4 Permasalahan yang Biasanya Terjadi di Skype dan Cara Mengatasinya

4 Permasalahan yang Biasanya Terjadi di Skype dan Cara Mengatasinya

0

Permasalahan dan Cara Mengatasi yang Biasanya Terjadi di Skype

Sebagai salah satu layanan chat yang terkenal, Skype telah berkembang pesat dan memiliki banyak fitur. Contohnya seperti fitur video calling yang cukup populer saat ini dikalangan pengguna desktop maupun mobile. Sebenarnya tidak hanya fitur video call saja yang keren dari Skype, ada juga fitur seperti screen sharing, group screen sharing, group call dan sebagainya. Baru-baru ini juga ada fitur video message, kamu bisa mengirim pesan video ketika teman kamu sedang offline.

Meskipun banyak fitur yang menarik bagi user, namun tidak jarang muncul permasalahan saat fitur tersebut digunakan. Berikut ini WinPoin akan membeberkan beberapa permasalahan menyebalkan yang sering terjadi di Skype.

 

1# – Skype Tidak Bisa Menemukan Webcam, Speaker atau Microphone

Salah satu yang paling dikeluhkan orang orang dari Skype adalah hilangnya koneksi antara komponen komputer, seperti kamera, speaker atau microfone. Sementara itu jika permasalahan diteliti bisa jadi hardwarenya bermasalah, driver atau error Windows yang dapat diselesaikan dengan reboot.

Tapi yang pertama harus kamu lakukan ketika menemukan permasalahan ini adalah, klik Tools > Options. Kemudian klik Audio Settings, lalu klik menu Show advanced options. Dari sini kamu akan menemukan daftar semua device audio yang pernah kamu gunakan. Seperti misalnya saja jika kamu pernah menancapkan sebuah headset, maka disini akan muncul. Masalah ini muncul ketika Skype tidak sengaja menggunakan perangkat ini, bahkan jika perangkat tersebut tidak terhubung. Untuk mengatasi masalah ini, kamu cukup pilih perangkat audio yang kamu gunakan sekarang dan klik tombol Move up atau Move down sampai berada di atas sendiri atau memiliki tanda centang.

Permasalahan dan Cara Mengatasi yang Biasanya Terjadi di Skype

 

2# – Kualitas Suara Telepon Mengecewakan

Untuk masalah ini bukan sepenuhnya kesalahan Skype. Ini bisa saja terjadi karena internet kamu yang lemot, atau kamu terlalu dari router Wi-Fi, atau jaringan yang sedang penuh atau sibuk. Jika permasalahan ini kamu alami ketika menggunakan Wi-Fi maka kamu harus mendekati router.

Permasalahan dan Cara Mengatasi yang Biasanya Terjadi di Skype

Tips lain yang bisa kamu ikuti adalah, setelah kamu menaruh laptop, tablet atau ponsel, jangan pindahkan itu. Setelah kamu menemukan jaringan yang stabil, jangan sentuh device itu lagi. Ini akan membantuk kestabilan koneksi wireless, jadi Skype bisa bekerja dengan bandwith yang tetap, dan juga meningkatkan kualitas dengan mengoptimalkan kompresi video. Karena background secara statis bukan bergerak, piksel yang lebih sekdikit akan merubah kualitas gambar yang berarti lebih banyak bandwith yang digunakan untuk hal lain. Selain itu, pastikan device lain tidak memonopoli bandwith. Jika ada seseorang yang streaming YouTube di ruangan lain, koneksi Skype akan menderita.

 

3# – Skype Menggantikan Nomor Telepon di Web Browser dan Ada Tombol “Click to Call” yang Mengganggu

Ini adalah fitur yang sering kamu abaikan dan saat menginstall, fitur ini akan hadir secara default jika kamu tidak berhati-hati, namun kamu bisa membatalkannya dalam beberapa langkah.

Pertama, uninstall Skype Click to Call di Control Panel. Setelah itu, periksa Add-On browser kamu. Jika kamu melihat Skype Click to Call terdaftar, maka disable add-on tersebut.

Permasalahan dan Cara Mengatasi yang Biasanya Terjadi di Skype

Sekarang di Skype, klik Tools > Options > Advanced dan hapus centang pada dua menu, Use Skype tol call callto: links on the web dan Use Skype to call tel: links on the web. Ini dilakukan agar Skype tidak mencoba menelepon dari browser.

Permasalahan dan Cara Mengatasi yang Biasanya Terjadi di Skype

 

4# – Notifikasi Skype Mengganggu Kamu

Secara default, Skype memiliki notifikasi yang berisik. Skype akan memperingatkan kamu dengan suara beep atau chrip ketika ada pesan atau apapun yang terjadi, bahkan ketika itu hari ulang tahun di kontak kamu. Untuk itu kamu bisa mengunjungi Tools > Options > Notifications > Notifications settings dan hapus centang dari apa yang tidak kamu inginkan.

Permasalahan dan Cara Mengatasi yang Biasanya Terjadi di Skype

Jika kamu tidak menginginkan suara notifikasi yang mengganggu, kamu bisa klik menu Sounds dan klik tombol Mute all sounds. Dengan begini kamu tidak akan menerima suara notifikasi lagi.

Permasalahan dan Cara Mengatasi yang Biasanya Terjadi di Skype

 

Nah itulah 4 permasalahan yang sering terjadi di Skype dan cara mengatasinya. Jika kamu memiliki permasalahan selain yang ada diatas, silahkan langsung ditanyakan di Forum WinPoin.

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!
Suka ngobrolin berbagai hal tentang teknologi. Dia hampir tidak pernah bisa tenang sebelum mengetahui kabar teknologi paling gress saat ini.