4 Windows System yang Sebaiknya Tidak Kamu Utak-Atik Untuk Pemula

4 Windows System yang Sebaiknya Tidak Kamu Utak-Atik Untuk Pemula

5

4 Windows System yang Sebaiknya Tidak Kamu Utak-Atik

Jika kamu seorang pengguna Windows yang belum lama menggunakan Windows atau seorang newbie, sebaiknya kamu tidak mengutak-atik 4 Windows System berikut ini karena bisa menyebabkan BSOD atau kerusakan lainnya. Beberapa bagian komputer kamu sangat sensitif untuk di tweak, karena itulah kamu harus berhati-hati untuk melakukan tweak. Kalau kamu seoarang pemula untuk Windows, berikut 4 Windows System yang sebaiknya kamu jauhi dan jangan kamu utak-atik.

 

Driver

Driver adalah sebuah software yang membantu menghubungkan hardware dengan software. Video card kamu membutuhkan driver untuk dapat bekerja, mouse kamu juga membutuhkan driver untuk dapat mengatur kecepatan, dan keyboard kamu membutuhkan driver untuk memproses apa yang kamu tekan.

4 Windows System yang Sebaiknya Tidak Kamu Utak-Atik

Jadi kesimpulannya driver sangatlah penting, karena driver adalah software kamu juga perlu mengupdate driver jika diperlukan. Kadang untuk dapat melakukan update driver, kamu bisa melakukannya secara manual atau dengan bantuan software pihak ketiga seperti SlimDrivers yang terkenal. Jika kamu salah menginstall atau menguninstall driver untuk hardware kamu, maka akan terjadi masalah yang serius seperti BSOD. Jadi bagi kamu yang pemula sebaiknya jangan sekali-kali untuk menguninstall driver atau menginstall driver baru yang tidak jelas, sebaiknya kamu menggunakan software pihak ketika jika tidak tahu cara mengupdate secara manual.

 

Registry

4 Windows System yang Sebaiknya Tidak Kamu Utak-Atik

Registry adalah sebuah database yang berisi tentang ribuan dan puluhan ribu keys dan pengaturan system yang disimpan. Bukankah ini bagian penting dan sangat penting untuk sebuah sistem? Penjelasan singkatnya kalau kamu menginstall software, mengatur wallpaper, atau gambar dari icon-icon software, semua informasi itu disimpan sebagai text di dalam registry. Oleh karena itu sangatlah berbahaya kalau kamu sembarang mengubah keys atau value dalam registry, sebaiknya kamu membuat backup terlebih dahulu ketika ingin melakukan tweak registry.

 

Service

4 Windows System yang Sebaiknya Tidak Kamu Utak-Atik

Serive adalah sebuah tempat dimana kamu bisa melihat semua proses yang dilakukan komputer secara background. Kadang banyak beberapa service yang berjalan dan tidak kamu perlukan, tetapi ada juga beberapa service yang berjalan dan kamu perlukan. Mematikan service secara sembarang dapat mengakibatkan Windows System berhenti berjalan dan membuat komputer kamu crash, oleh karena itu harap kamu berhati-hati ketika menghentikan sebuah service. Kenali terlebih dahulu service apa yang kamu matikan dengan mencarinya lewat googling. Ada juga malware yang berjalan melalui service, malware ini biasanya didapatkan karena kamu menginstall software yang kurang terpercaya atau bajakan.

 

Device

4 Windows System yang Sebaiknya Tidak Kamu Utak-Atik

Device manager adalah tempat dimana kamu dapat melihat semua perangkat keras atau hardware yang terpasang di komputer kamu. Dengan menggunakan Device Manager kamu dapat mengelola hardware yang terhubung dengan komputer kamu, jika kamu salah mematikan device dari salah satu device. Maka hardware tersebut tidak dapat berjalan atau mati total, ini mungkin terlihat remeh. Tetapi bila kamu mematikan device seperti monitor, bukankah ini sangat lucu jika kamu tidak bisa menyalakan kembali monitor karena kamu tidak bisa melihat device yang harus diaktifkan.

 

Kesimpulan

Itulah 4 Windows System yang bersifat sensitif untuk kamu utak-atik dan akan sangat berbahaya bila kamu tidak tahu cara menggunakannya. WinPoin hanya memperingatkan kamu agar tidak mengutak-atik Windows System tersebut meskipun kamu sudah berpengalaman jika kamu tidak tahu tujuan tentang tweaking Windows tersebut. Karena jika ada kesalahan saat kamu mengutak-atiknya maka komputer kamu bisa crash, error atau BSOD. Jadi apakah kamu punya pengalaman menarik tentang mengutak-atik dari salah satu Windows System diatas? Ceritakan pengalaman kamu di kolom komentar di bawah ini.

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!
Suka ngobrolin berbagai hal tentang teknologi. Dia hampir tidak pernah bisa tenang sebelum mengetahui kabar teknologi paling gress saat ini.
  • Muhammad Zulfikar

    lebih suka mengutak-atik yang regedit

    • asal jangan lupa buat backup registrynya aja :)

    • RA ZO R

      Sama gan lebih suka utak atik regedit buat game

    • chipot

      Sama.. hehe :)

  • ojik

    hati hati jangan bawa penghapus atau gunting kalo masuk ke folder system32