5 Aplikasi Email Client Terbaik untuk Windows

5 Aplikasi Email Client Terbaik untuk Windows

0

5 Aplikasi Email Client Terbaik untuk Windows

Buat kamu yang punya lebih dari satu email aktif, membuka satu per satu layanan email di browser tentu tidaklah praktis. Demi kemudahan, kepraktisan, dan produktivitas, menggunakan email client adalah pilihan cerdas.

 

Kenapa Email Client?

Ada beberapa hal yang bakal membuat kamu lebih mudah jika menggunakan email client di Windows, yaitu:

  • Praktis. Kamu tidak perlu login ke masing-masing layanan email. Cukup masukkan semua akun email yang kamu miliki ke dalam email client dan semua inbox bisa kamu manage di satu tempat.
  • Produktif. Email client langsung terhubung ke notifikasi Windows, sehingga kamu tidak akan ketinggalan berbagai email penting, khususnya jika berhubungan dengan bisnis & pekerjaan.
  • Mudah. Selain cukup membuka email client untuk melihat semua email, kamu bisa melakukan manajemen email di satu dashboard dalam satu experience. Tidak perlu lagi berganti-ganti experience dari Gmail ke Outlook, lalu ke Yahoo Mail, dsb.

Jelas terlihat bahwa email client adalah salah satu aplikasi wajib yang perlu kamu miliki.

 

Aplikasi Email Client untuk Windows

Ada banyak sekali aplikasi email client untuk Windows, tetapi berikut ini adalah 5 email client terbaik versi WinPoin:

 

5. Mailbird

5 Aplikasi Email Client Terbaik untuk Windows

Mailbird punya desain yang bikin betah: simple, clean, modern, dan Windows 10 banget.

Fiturnya lengkap diatas ekspektasi email client, karena dilengkapi:

  • Fitur Speed Reader untuk membaca email dengan cepat
  • Attachment Preview
  • Snooze email, untuk mematikan notifikasi email yang masuk dikala kamu tidak ingin terganggu
  • Integrasi dengan messenger populer seperti WhatsApp, Slack, dsb.

Untuk bisa menikmati seluruh fiturnya kamu akan dikenakan biaya $1 per bulan, atau $45 sekali bayar.

Baca juga:  Cara Menjadikan Windows 10 PC Menjadi Wireless Display

Namun demikian kamu bisa menggunakan versi gratisnya dengan batasan yang ketat, seperti maksimal 1 akun email misalnya, plus tanpa fitur unggulan seperti speed reader dan snooze email.

Jadi Mailbird ini bagus dan layak dipilih jika kamu upgrade ke Pro, tetapi jika tidak maka sebaiknya kamu memilih aplikasi mail client lain dibawah ini yang memiliki batasan fitur jauh lebih lunak.

Download Mailbird

 

4. Windows Mail

5 Aplikasi Email Client Terbaik untuk Windows

Nah jika kamu pengguna Windows 10, OS kamu sudah dilengkapi dengan aplikasi Windows Mail. Sebagai aplikasi built-in, tentu menawarkan integrasi dan performa terbaik untuk Windows 10. Namun demikian fitur yang dimiliki sangatlah basic, tanpa filtering ataupun kecerdasan lain yang bakal membuat produktivitas kamu meningkat.

Namun kelebihannya kamu bisa menggunakan seluruh fitur tanpa batasan, termasuk memasukkan akun email sebanyak mungkin yang kamu inginkan.

Windows Mail sudah terintegrasi di Windows 10, jadi kamu tidak perlu download ataupun install. Cukup buka saja aplikasi Mail melalui Start Menu untuk mulai menggunakannya.

 

3. Inky

5 Aplikasi Email Client Terbaik untuk Windows

Security menjadi fitur andalan Inky karena menawarkan komunikasi email yang aman terenkripsi.

Namun tidak hanya itu, Filtered Inbox juga menjadi keunggulan Inky karena mampu menampilkan Inbox email yang sudah difilter dari Social Media, Subscription, Newsletter, dsb.

Dengan begitu kamu bisa menemukan email yang penting dengan mudah, sehingga produktivitas kerja kamu juga meningkat karena tidak terganggu dengan email-email nggak penting yang masuk.

Inky tersedia gratis untuk pengguna rumahan, tetapi bagi bisnis yang memerlukan akses ke email bisnis mereka seperti Microsoft Exchange, Office 365, atau Google Apps, tersedia opsi subscription.

Baca juga:  Cara Mengirim Email Melalui Sticky Notes di Windows 10

Dalam banyak kasus, versi gratis saja sudah cukup memenuhi semua kebutuhan kamu dalam ber-email.

Download Inky

 

2. eM Client

5 Aplikasi Email Client Terbaik untuk Windows

Buat kamu email power user yang benar-benar mengandalkan email untuk berbisnis dan berkomuikasi, eM Client adalah pilihan yang tepat.

eM Client memberikan fitur advanced dalam ber-email, seperti:

  • Quick Text untuk membuat template email
  • Delayed Sending untuk mengirim email otomatis pada jadwal yang sudah kamu tentukan
  • Mail Translation untuk mentranslate email dengan sekali klik

Tetapi ada salah satu fitur lain yang saya sukai yaitu Dark Mode, dimana ini akan membuat tampilan menjadi gelap, nyaman dilihat, dan hemat baterai. Terlebih Dark Mode adalah tampilan favorit saya di Windows 10, sehingga dengan eM Client Dark Mode semua jadi tampak serasi.

Fitur lain yang saya suka adalah tab Contact Details, yang akan menampilkan semua komunikasi email dari suatu kontak, membuat membaca email semudah membaca chatting.

eM Client versi gratis memberikan kamu fitur penuh, namun dengan batasan 2 akun email saja. Sedangkan jika memiliki lebih dari 2 akun email, kamu harus menebus versi pro seharga $29.95 sekali bayar. Bisa dibilang eM Client ini powerful seperti Microsoft Outlook, namun dengan opsi gratis dan harga yang murah di versi Pro nya.

Download eM Client

 

1. EmailTray

5 Aplikasi Email Client Terbaik untuk Windows

Ini adalah email client favorit saya sejak dulu. Meskipun secara desain terlihat paling jadul diantara yang lain, tetapi secara fitur EmailTray ini jempolan banget.

Baca juga:  Chrome di Desktop Bakal "Dipoles" Material Design

Satu hal yang sangat saya suka dari EmailTray adalah kemampuannya untuk memisahkan mana email yang penting dan tidak, serta hanya memunculkan notifikasi untuk email yang penting saja.

Jadi EmailTray akan memisahkan email kamu di 3 tab, yaitu Top Priority, Low Priority, dan No Priority.

Kecerdasan EmailTray ini bakal terus bertambah seiring dengan lamanya kamu menggunakannya, karena penting tidaknya sebuah email ditentukan atas dasar aktivitas kamu dalam membaca, membalas, menghapus, forward, bahkan report spam sebuah email.

Sangat WinPoin rekomendasikan untuk kamu gunakan, terutama jika akun kamu menerima banyak sekali email setiap harinya. Filter EmailTray bakal membuat kamu terbebas dari berbagai email nggak penting yang terkirim.

EmailTray bisa kamu gunakan secara gratis dengan fitur penuh.

Download EmailTray

 

Itulah 5 aplikasi email client terbaik untuk Windows yang bisa kamu gunakan. Jelas terlihat bahwa EmailTray adalah aplikasi mail client Windows yang WinPoin rekomendasikan karena kecerdasannya.

Mungkin kamu bertanya, kenapa Microsoft Outlook tidak masuk kedalam daftar tersebut. Sebenarnya Outlook sangat bagus khususnya untuk enterprise, tetapi harganya yang mencapai 2 jutaan membuat kita melewatkannya dari daftar email client terbaik Windows yang memang kita prioritaskan untuk pengguna rumahan (non-enterprise).

Namun jika kamu memiliki budget untuk menebusnya, well..why not? Microsoft Outlook bisa juga jadi pilihan.

Bagaimana dengan kamu, apakah kamu memiliki aplikasi email client favorit lainnya? Jika ada silahkan bagikan di kolom komentar beserta detail fitur unggulan yang dimilikinya.

Semoga bermanfaat.

Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.