5 Aplikasi Terbaik Alternatif uTorrent untuk Download Torrent

5 Aplikasi Terbaik Alternatif uTorrent untuk Download Torrent

18

Aplikasi Terbaik Alternatif uTorrent untuk Download Torrent

Untuk kamu yang sering berada di dunia maya dan berkelut dengan aktivitas download maka kamu pasti pernah mengetahui atau bahkan menggunakan file torrent. (Baca: Apa itu Torrent? – Mengenal Lebih Dalam Tentang Torrent) Beberapa orang ada yang lebih suka mendownload file entah itu ISO, software atau apa pun menggunakan torrent daripada sumber aslinya, karena lebih cepat dan efektif. Kadang-kadang server dari sumber file aslinya lemot sehingga kecepatan download tidak bisa maksimal. Sedangkan jika menggunakan torrent, semakin banyak seeder maka kecepatan download bisa maksimal. (Baca: 9 Cara Mempercepat Koneksi Internet)

Untuk mendownload torrent, kamu membutuhkan torrent client seperti uTorrent, BitTorrent atau sebagainya. Untuk uTorrent mungkin kamu sudah tidak asing lagi, banyak orang yang sudah mengenal software ini. Sayangnya software torrent client yang satu ini tidak lagi seperti dulu. Sekarang uTorrent telah dibeli BitTorrent Inc., memiliki banyak sekali junkware dan iklan untuk keuntungan mereka. Kalau kamu tidak berhati-hati saat menginstallnya, kamu akan mendapatkan banyak sekali junkware yang membuat komputer kamu lemot. (Baca: Inilah Alasan Kenapa Ada Crapware di Windows — dan Bagaimana Cara Memberantasnya)

Berikut ini WinPoin bagikan 5 aplikasi terbaik untuk download torrent alternatif uTorrent.

 

Vuze

Aplikasi Terbaik Alternatif uTorrent untuk Download Torrent

Salah satu software torrent client yang sudah cukup lama seperjuangan dengan uTorrent, Vuze yang sebelumnya Azureus memiliki GUI yang cantik.

Seperti software torrent client lainnya, Vuze mendukung semua tipe torrent dan memiliki beberapa fitur tambahan. Selain itu ia juga memiliki fitur kategori seperti news, music, video, tv show, movie dan sport. Bahkan ia juga memiliki kategori game yang bisa kamu download dan ada juga fitur search untuk pencarian torrent.

Mencari torrent menggunakan Vuze jauh lebih mudah dibandingkan dengan yang lainnya, karena aplikasi ini memiliki browser bawaan tersendiri untuk menemukan torrent berdasarkan Bing atau metasearch dari situs torrent. Meta search adalah kelebihan tersendiri dari aplikasi ini meskipun lamban ketika digunakan.

Itu hanya sebagian fitur gratis dari Vaze, fitur lain seperti playback untuk video dan music, iTunes converter, DVD burner dan sebagainya pasti akan membuat kamu tertarik.

Satu hal yang perlu kamu tahu, Vuze memiliki tiga versi software torrent client. Leap yang hanya memiliki fitur untuk download torrent, playback dan tidak memiliki iklan, Vaze yang memiliki fitur lengkap torrent disertai dengan remote control, burning dan memiliki iklan dan yang terakhir Vaze+ aplikasi berbayar dengan fitur mirip Vaze tapi memiliki antivirus. Sama seperti aplikasi pada umumnya, kamu harus berhati-hati ketika menginstall Vaze, karena pasti ada junkware, pilihlah custom installation saat proses installasi.

 

Tixati

Aplikasi Terbaik Alternatif uTorrent untuk Download Torrent

Kalau kamu tidak membutuhkan banyak fitur dan hanya sekedar untuk download torrent, mungkin kamu bisa mencoba menggunakan software torrent client Tixati. Yang paling penting, Tixiati tidak memiliki spyware, adware dan hal apa pun yang menguntungkan si pembuatnya. Mendedikasikan dirinya untuk user yang ingin menikmati software torrent client tanpa keuntungan apa pun. Sangat cocok untuk kamu yang sering terganggung dengan adanya iklan di uTorrent.

Tixiati tersedia untuk Windows dan Linux. Memiliki tampilan yang simpel dan mudah digunakan, serta menggunakan algoritma yang bisa mempercepat download torrent. Mendukung link magnet, DHT dan PEX. Installasi yang mudah, kamu tidak perlu menginstall java atau .NET. Ada juga pengatur bandwith supaya kecepatan internet kamu bisa dibagi rata untuk hal lain.

 

Deluge

Aplikasi Terbaik Alternatif uTorrent untuk Download Torrent

Deluge adalah software torrent client open source, cross platform untuk Windows, Linux dan Mac OS X. Fungsinya juga merupakan fungsi dasar dari software torrent client, mendukung BitTorrent encryption, DHT, peer exchange, magnet URLs, UPnP, RSS, bandwidth scheduling, per-torrent speed limits, dan masih banyak lagi. Tampilannya sangat mirip dengan uTorrent, bagi kamu yang terbiasa dengan uTorrent pasti akan sangat mudah menggunakan software ini.

Disamping memiliki fitur standart untuk penggunaan download torrent, ia juga memiliki search yang terintegrasi dan juga remote management. Meskipun memiliki kemampuan remote, tapi itu membutuhkan sedikit keahlian khusus dengan command line.

 

Transmission-Qt Win

Aplikasi Terbaik Alternatif uTorrent untuk Download Torrent

Untuk pengguna Mac OS X dan Linux pasti tahu software torrent client populer bernama Transmission-Qt. Aplikasi ini secara default terinstall di Ubuntu, Fedora, dan distro Linux lainnya. Sayangnya, Transmission tidak mendukung Windows.

Tapi ada project unofficial untuk Transmission-Qt versi Windows bernama Transmission-Qt Win dengan berbagai tweak, tambahan, dan modifikasi lainnya untuk bisa bekerja di Windows. Transmission menggunakan basis libTransmission. Sama seperti Deluge, Transmission dapat menjalankan daemon di system lainnya. Kamu bisa menggunakan Transmission dari desktop untuk mengatur Transmission daemon yang berjalan di komputer lain. Singkatnya, Transmission juga memiliki fitur remote.

Transmission memiliki tampilan yang berbeda dari kedua tools diatasnya, ia memiliki tampilan yang lebih simpel dan mudah digunakan untuk user.

 

qBittorrent

Aplikasi Terbaik Alternatif uTorrent untuk Download Torrent

Sama seperti Deluge, qBittorrent juga merupakan software torrent client open source yang menggunakan basis libTorrent, Tujuan project ini adalah qBittorrent mendukung software gratis alternatif uTorrent. Ini dikarenakan uTorrent memiliki banyak sekali iklan yang terpasang di dalamnya dan banyak user yang mengeluhkannya.

Karena berbasiskan libTorrent, semua fiturnya seperti yang sudah kamu ketahui yaitu mirip dengan Deluge. Tampilannya di desain mirip dengan uTorrent dan tersedia untuk Windows, Linux, Mac OS X dan FreeBSD.

 

Sebenarnya masih banyak lagi software torrent client untuk Windows yang bebas dari iklan. Tapi beberapa torrent client di atas tidak akan membuat kamu menginstall junkware seperti software torrent client lainnya. Itu dikarenakan mereka open source. Selain itu versi uTorrent yang lebih lama yaitu 2.0.4 dan 2.2.1 masih layak untuk kamu gunakan, karena tidak mengandung unsur junkware dan juga iklan yang berlebihan. (Baca: Inilah 5 Cara Download Torrent dengan IDM yang Terbukti Cepat)

Kalau kamu memiliki software torrent client yang lebih ampuh daripada software-software di atas, kamu bisa menyebutkannya di kolom komentar di bawah ini.

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!
Suka ngobrolin berbagai hal tentang teknologi. Dia hampir tidak pernah bisa tenang sebelum mengetahui kabar teknologi paling gress saat ini.
  • Scarlet Nec’Arc

    Vuze bagus (y)
    sayang versi sekarang ada iklan
    dan makan RAM cukup besar. . .

    • soalnya banyak fitur tambahan dibandingkan fungsi utamanya :)

  • Ivan Agustian

    qbittorrent dah coba, itu yg pling enak

    • Kl aku biasa menggunakan Deluge
      Lumayan juga sih..mirip2 sama uTorrent dari segi UI dan cara pengoperasiannya

      • Ivan Agustian

        ya ibaratnya pria punya selera ya mas. Punya sukanya masing2. Hehehe

        • Bener om.. Kalo di iklan ada tuh tagline nya : pria punya selera!

          Wkwk

    • tixati enak tuh om :v simpel

  • Agung Suhendro

    Ane dari Web browser nya udah ada torrent apps nya …..

    • YanDhika

      biar aku tebak, Torch browser? Baidu Spark? Citrio ??

      • Agung Suhendro

        Yak Anda Benar buat yandhika

        • Agung Suhendro

          BAIDU SPARK !!!!

    • Pake add-on?

      • Agung Suhendro

        Kaga , emang dari browser nya

    • putra

      Ane pake fdm cpt n bagus
      Gk cuma sebagai downloader file tp bsa download file torrent. Juga

  • Rasshid

    Min, anda typo… (2) :’)

    “Vaze”

    • YanDhika

      manusia itu nggak ada yang sempurna coeg
      pasti ada yang salah….
      yang penting informasinya dapat ditelaah, bikin artikel itu nggak mudah coeg

      • Rasshid

        Iyeh om.. Tapi gak usah pake cg-cgan dong om :3

    • wow thanks bwt koreksinya, typo sudah kita betulkan :D