5 Cara Agar Laptop Tidak Overheat

5 Cara Agar Laptop Tidak Overheat

1

5 Cara Agar Laptop Tidak Overheat

Permasalahan Overheat (panas yang berlebih) pastinya sudah tidak asing lagi di telinga kamu. Untuk PC kerusakan karena overheat memang jarang terjadi karena banyak cara untuk membantu turunnya temperatur PC, misalnya saja dengan membuka casing, menambah kipas, dan lain-lain. Tetapi bagaimana dengan Laptop?

Kasus laptop overheat bukanlah hal yang langka dan sangat sering terjadi. Bahkan secara tidak sadar hal-hal yang dianggap sepele seringkali menjadi penyebab dari overhet, misalnya saja:

1. Menutup ruang sirkulasi udara tanpa sengaja.
2. Menggunakan Laptop di kasur atau tempat tidur.
3. Membuka banyak program atau aplikasi secara bersamaan.
4. Banyak perangkat yang terhubung dengan USB
5. Penggunaan Sistem Operasi atau software yang tidak sesuai dengan spesifikasi laptop

Untuk itu ada 5 cara yang bisa kamu lakukan untuk mencegah laptop mengalami overheat. Cara ini bermanfaat juga agar kedepannya tidak menyebabkan kerusakan hardware yang seringkali biayanya mahal.

Cara 1: Gunakan laptop pada tempat yang memiliki bidang datar dan tidak terlalu rapat dengan berbagai macam obyek seperti tembok, buku, dsb yang dapat memblokir udara yang keluar dari ruang sirkulasi meskipun ukurannya kecil.

Cara 2: Jangan gunakan laptop di atas kasur ataupun dipangku dengan kaki karena selain menyumbat lubang sirkulasi udara juga menjadikan laptop tidak stabil karena banyaknya goyangan yang diterima.

Cara 3: Jangan membuka banyak program atau aplikasi secara bersamaan apalagi program-program tersebut adalah program berat seperti Adobe Photoshop, Adobe Premiere, Sony Vegas, Adobe Flash, dan sebagainya.

Cara 4: Hindari menggunakan banyak perangkat yang terhubung dengan USB karena hal ini bisa menyebabkan Overheat. Meskipun jarang terjadi, tetapi penggunaan perangkat seperti HDD eksternal, kabel data handphone, dan yang lainnya secara berlebihan bisa memicu terjadinya overheat.

Cara 5: Hindari menggunakan Sistem Operasi atau software yang tidak sesuai dengan spesifikasi. Sebaiknya kenali spesifikasi laptop yang kamu miliki dengan baik, kemudian pilih sistem operasi dan software yang sesuai dengan spesifikasi tersebut. Sebelum menggunakan aplikasi berat, pastikan juga kamu melihat terlebih dahulu spesifikasi minimum yang diperlukan. Hanya gunakan software atau aplikasi yang sesuai dengan spesifikasi laptop yang kamu miliki.

Itulah 5 cara agar laptop tidak overheat. Jika kamu punya cara lainnya, silahkan bagikan di kolom komentar dibawah ini.

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!
Seorang Web Designer, Web Developer MyBBID, mempunyai sedikit bakat dalam bidang Multimedia, dan sering berurusan dengan yang namanya PC/Laptop.
  • rutin bersihkan laptop dari debu… terutama pentilasi udara bagian bawah dan samping