5 Software OCR Terbaik untuk Mengubah Gambar ke Text

5 Software OCR Terbaik untuk Mengubah Gambar ke Text

0

Software OCR Terbaik untuk Mengubah Gambar ke Text

Ketika jaman sudah modern, tampaknya orang-orang kantor sudah meninggalkan kebiasaan mereka untuk bekerja menggunakan kertas. Mereka beralih menggunakan komputer, menyimpan semua dokumen di dalam komputer. Ini memang bagus, karena dengan begini kertas semakin jarang digunakan yang juga berarti semakin sedikit pohon yang ditebang. Selain itu tidak ada dokumen yang menumpuk di ruang mereka. Mereka bisa dengan mudah mencari dokumen yang dibutuhkan di komputer.

Jika kamu masih menggunakan kertas dan ingin memindahkannya ke dalam komputer supaya dokumen tersebut tidak menumpuk di sudut ruangan. Ini berarti kamu sedang mencari program yang mampu mengubah dokumen nyata menjadi dokumen digital. Software yang mampu bekerja seperti ini adalah software OCR.

Mengubah Text dengan OCR adalah hal yang sering kita lakukan saat ini, bahkan smartphone sekarang dibekali dengan aplikasi ini. Bagaimana dengan desktop? Sekarang teknologi OCR telah banyak berkembang, banyak software OCR diluar sana. Tapi dimanakah software OCR terbaik dan gratis? Berikut ini WinPoin membahas 5 layanan online OCR atau software OCR terbaik saat ini, bisa membantu kamu dalam mengubah dokumen scan menjadi dokumen digital.

 

FreeOCR

Software OCR Terbaik untuk Mengubah Gambar ke Text

Software pertama pilihan Winpoin adalah FreeOCR. Mendukung sistem operasi Windows saja, selain itu bisa digunakan hanya untuk versi Windows XP ke atas. Tapi untuk Windows XP sendiri masih bisa menggunakan aplikasi ini, meskipun kamu harus repot-repot menginstall beberapa tambahan.

FreeOCR bisa bekerja untuk TWAIN scanner, file PDF, dan image TIFF, dan text output yang dihasilkan akan menjadi Microsoft Word. Untuk bisa menggunakan aplikasi ini, kamu juga harus mendownload Google Open Source Tesseract OCR engine.

 

FreeOCR To Word

Software OCR Terbaik untuk Mengubah Gambar ke Text

Ini adalah salah satu software OCR terbaik rekomendasi WinPoin, karena tingkat keakuratannya sangat besar. Perusahaan dibalik aplikasi ini menjanjikan akurasi 99,8% dan aplikasi ini mampu mempertahankan format asli dari bagian dokumen. Judul, isi dan format akan diubah ke dokumen Word yang dapat di edit, tapi file text (.txt) mungkin juga bisa.

Software ini juga mendukung semua format gambar, termasuk file Photoshop. Selain itu software ini juga hanya ada untuk Windows dan bisa kamu download secara gratis.

 

gImageReader

Software OCR Terbaik untuk Mengubah Gambar ke Text

Aplikasi ini juga merupakan aplikasi yang membutuhkan Google Tesseract OCR engine untuk dapat bekerja, tapi memiliki tampilan yang lebih bagus dari aplikasi pertama tadi. Reader berfungsi sangat bagus karena secara otomatis bisa mendeteksi page layout. Atau jika ada tata letak text yang hancur, kamu bisa menyesuaikannya sendiri secara manual.

Text ditempatkan disisi kanan layar gambar atau dokumen scan sehingga memudahkan kamu untuk mencocokkannya. Tapi ini tidak termasuk pengeditan dasar text serta pemeriksa ejaan text (tapi kamu bisa melakukannya jika mendownload kamus yang pas).

 

Capture2Text

Software OCR Terbaik untuk Mengubah Gambar ke Text

Software OCR ini memiliki dua fungsi. Pertama, kamu bisa menggunakannya sebagai tool screenshot yang bisa mengambil gambar dan mengcopynya sebagai text ke Windows clipboard. Kamu bisa paste text kemana saja yang kamu inginkan. Kedua, software ini memiliki teknologi voice recognition yang bisa mengubah kata-kata ke text. Sayangnya mereka mengatakan ini masih belum sempurna, jadi kamu jangan mengharapkan lebih. Apalagi biasanya ini hanya bekerja untuk bahasa Inggris saja.

 

Free Onlie OCR

Software OCR Terbaik untuk Mengubah Gambar ke Text

Kalau kamu malas menginstall software, kamu juga bisa menggunakan layanan online OCR. Free Onlie OCR bisa membantu kamu mengubah dokumen PDF, file gambar JPEG, PNG, GIF, TIFF, dan DjVu ke dalam text. Selain itu aplikasi online ini juga bisa menampilkan OCR sesuai dengan page layout dari dokumen yang kamu miliki. Kamu hanya perlu membuka situs dari aplikasi ini, kemudian upload file yang ingin kamu jadikan text. Setelah selesai, kamu bisa melihat hasil OCR di bawah gambar dokumen yang kamu upload. Ada juga tombol download, google translate, bing translator dan edit online.

 

Itulah 5 software OCR terbaik versi WinPoin, membantu kamu mengubah dokumen nyata menjadi dokumen digital. Jadi software OCR mana yang akan kamu gunakan? Apakah kamu lebih memilih versi OCR online? Atau kamu punya aplikasi OCR terbaik sendiri versi kamu? Tinggalkan komentar di bawah ini.

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!
Suka ngobrolin berbagai hal tentang teknologi. Dia hampir tidak pernah bisa tenang sebelum mengetahui kabar teknologi paling gress saat ini.