5 Software Video Editing Pilihan Untuk Windows

5 Software Video Editing Pilihan Untuk Windows

0

2016-06-20 (1)“Eh, software buat ngedit video yang bagus apa sih?”

Entah sudah berapa puluh kali saya mendengar pertanyaan tersebut. Nah, disini saya akan berbagi pengalaman dan gambaran sekilas ketika melakukan editing video sederhana untuk Windows. Oh ya, urutan disini tidak menentukan mana yang terbaik dan terburuk, jadi untuk kenyamanan penggunaan tergantung pengguna masing-masing.

Windows Movie Maker

Movie Maker

Untuk kamu yang benar-benar pemula untuk dalam membuat video. Software ini merupakan software yang tepat untuk belajar. Tampilan antar mukanya mudah dipahami dan sederhana. Yang perlu kamu lakukan cuma memasukkan foto atau video, cut, beri caption, masukkan lagu, beri efek, dan transisi, jadi deh. Satu lagi kelebihan yang paling sip adalah software ini Gratis-tis-tis.

wlmm3

Kelemahan dari Windows Movie Maker adalah tidak ada sistem proxy, jadi ketika mengedit video ukuran besar dan panjang akan terasa beraat banget, dan tidak jarang terjadi crash. Selain itu, fitur-fiturnya juga sangat terbatas. Namun sekali lagi, software ini sangat cocok untuk kamu yang masih pemula.

Baca juga:  Kembalinya “Si Anak Hilang” — Pengalaman Menggunakan Windows Phone 8.1 Lagi Setelah Berbulan-bulan Memakai Windows 10 Mobile

Windows Movie Maker

Corel VideoStudio

Corel VideoStudio

Corel juga punya software untuk mengedit video loh. Nah, software ini tergolong cukup banyak dan tampilannya mudah dipahami. Selain itu kamu juga bisa memasukkan multiple track dan audio. Kamu juga bisa menambahkan plug-in, meskipun tidak banyak variasinya.

Corel VideoStudio

Kekurangan dari software ini adalah, ketika loading di awal terasa cukup berat. Selain itu, bikin was-was ketika melakukan render karena memiliki kemungkinan cukup besar untuk error atau stuck. Selain itu software ini tidak gratis, jadi kamu harus membeli lisensi untuk memakainya.

Corel VideoStudio

Pinnacle Studio

Pinnacle Studio

Sekilas, Pinnacle Studio ini memiliki tampilan layout mirip dengan Corel Video Studio. Akan tetapi, fitur yang dimiliki jauh lebih banyak daripada Corel Video Studio. Serius, banyak banget. Bahkan kamu bisa memasukkan 3D object yang sudah kamu buat di software lain.

Baca juga:  Cara Agar Cortana Menggunakan Google Search di Hasil Pencarian (Firefox)

Pinnacle Studio

Kekurangannya adalah si software kurang bersahabat dengan prosessor AMD. Kemampuannya akan menurun drastis dibandingkan dengan posessor Intel. Selain itu, untuk multitrack kadang tersendat-sendat. Oh ya satu lagi, software ini tidak gratis. hehe

Pinnacle Studio

Sony Vegas Pro

Vegas Pro

Nah jujur, Vegas Pro ini adalah software editing favorit saya. Kelebihannya utamanya adalah ringan, tidak memakan memori dan kaya akan fitur. Kamu bisa memberikan berbagai efek sesuka hatimu. Selain itu, software ini cukup terkenal diluar sana, sehingga banyak yang membagikan template video secara gratis.

Vegas Pro

 

Kekurangannya adalah tampilan interfacenya cukup rumit dan terlihat membosankan. Cara memberikan efeknya juga tidak semudah software yang saya sebutkan diatas. Selain itu, software ini termasuk berbayar.

Sony Vegas Pro

Adobe Premiere

Adobe Premiere

Nah, ini dia raja di editing video. Inilah software yang digunakan para profesional diluar sana. Fitur sudah tidak perlu dipertanyakan lagi. Plug-In? Tinggal memilih. Semua kemungkinan yang kamu bayangkan bisa diwujudkan dengan software ini. Satu lagi kelebihan utamanya, yaitu Integrasi dengan software Adobe lain seperti Premiere, Photoshop, hingga dengan software 3D Modelling seperti Autodesk Maya atau 3DS Max.

Baca juga:  Windows 10 PC / Mobile Build 14332 Dirilis, Apa yang Baru?

Adobe Premiere

Kekuarangannya sudah jelas, Beraaat banget, rendernya juga lamaa banget dan harganya cukup mahal. Tampilannya juga cukup rumit. Secara, Adobe Premiere ini merupakan software untuk profesional, jadi untuk menjalankannya juga perlu perangkat yang mumpuni.

Adobe Premiere

Nah, demikianlah software editing video pilihan untuk Windows. Ada banyak lagi software yang tidak kalah keren misal iMovie atau Final Cut Pro X, sayangnya cuma untuk Mac. Nah, manakah favoritmu? Nah, Jika kamu punya masukan atau list versimu sendiri, bagikan pendapatmu disini yak!

Batal jadi peternak, hanya seorang Author dan Illustrator yang mencintai teknologi.