5 Tips Aman Berselancar di Internet

5 Tips Aman Berselancar di Internet

1

5 Tips Aman Berselancar di Internet

Hari gini siapa sih yang nggak kenal sama Internet? Internet merupakan suatu layanan yang memungkinkan kamu bisa terhubung ke negara luar, bahkan bagi sebagian orang internet saat ini sudah menjadi kebutuhan sehari-hari.

Tapi sangat disayangkan memang dari sekian banyak orang yang saya temui ternyata banyak juga yang menyepelekan tentang bahaya berselancar di internet dan tanpa ia sadari ada saja program jahat yang masuk ke dalam PC / Laptop dan merusak data yang ada. Untuk itu kali ini saya akan berbagi tips bagaimana cara berselancar dengan aman di internet, mulai dari hal yang kecil sampai hal yang besar.

Tips 1 Dengan semakin berkembangnya OS di dunia komputer maka OS yang bisa dikatakan “lawas” memiliki tingkat resiko keamanan yang cukup tinggi. Terkadang terdapat sebuah data yang masuk tanpa kita sadari saat terkoneksi ke jaringan internet dan data tersebut bisa berupa virus atau program jahat. Resiko eksploit terhadap OS lawas juga cenderung lebih tinggi. Cara pertama untuk menangkalnya adalah dengan mengupgrade OS yang kamu gunakan ke versi terbaru saat ini. Namun jika spesifikasi PC kamu tidak mendukung, kamu juga bisa melakukan update OS secara rutin.

Tips 2 Gunakan browser yang sesuai dengan spesifikasi PC / Laptop dan pastikan browser itu merupakan versi terbaru, karena terkadang browser juga bisa menjadi penyebab utama munculnya masalah di PC saat kita tengah asyik berselancar di internet.

Tips 3 Gunakan Anti Virus yang memiliki proteksi real-time dan juga memiliki fitur firewall yang baik. Ini bisa menjadi kunci perlindungan saat PC / Laptop terhubung ke internet. Kamu bisa menggunakan Anti Virus MSE atau Windows Defender karena penggunaannya yang mudah dan gratis, namun jika kamu ingin menggunakan antivirus buatan pihak ketiga, kamu bisa menggunakan Avast Free Anti Virus.

Tips 4 Jangan ceroboh saat melihat sebuah iklan yang sifatnya merayu kamu untuk menggunakan jasanya atau mendownload produknya. Terkadang iklan pada website juga menjadi titik masalah yang luar biasa. Kenapa bisa begitu? Karena tidak jarang iklan yang bersifat spam atau yang dibuat dengan sangat menarik tersebut ternyata malah berisikan virus.  Salah satu modus yang sering digunakan adalah ajakan iklan yang meminta kamu untuk mendownload sejenis tool untuk memperbaiki sistem Windows namun nyatanya tool tersebut malah berisikan malware atau adware yang merusak Windows.

Tips 5 Jangan gunakan Downloader atau Download Accelerator dari situs file sharing manapun. Biasanya tool tersebut telah disisipi oleh toolbar yang akan muncul di browser penggunanya saat diinstall. Bahkan tidak sedikit juga kasus munculnya iklan yang bersifat spam yang sangat mengganggu akibat adanya adware yang disisipkan di tool tersebut. Jika ingin menggunakan software downloader dan download accelerator, pastikan kamu menggunakan software yang sudah terpercaya seperti IDM atau EagleGet.

Itulah 5 tips yang bisa membantu kamu terhindar dari berbagai masalah saat berselancar di internet. Satu hal yang saya tekankan adalah pastikan sistem kamu up to date. OS kamu up to date, software kamu up to date, antivirus kamu up to date, dan seterusnya. Karena sistem yang rutin diupdate saja terkadang masih bisa jebol keamanannya, apalagi sistem yang tidak pernah diupdate..??

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!
Seorang Web Designer, Web Developer MyBBID, mempunyai sedikit bakat dalam bidang Multimedia, dan sering berurusan dengan yang namanya PC/Laptop.
  • Evolta Triathlon Comunity

    No 4 itu kayak tipsku yang di artikel hari ini adalah safer internet day itu

    Pokoknya jangan asal buka link atau attachment yang tidak diketahui asal usulnya