5 Tips Membongkar PC dengan Aman untuk Pemula

5 Tips Membongkar PC dengan Aman untuk Pemula

0

5 Tips Membongkar PC dengan Aman untuk Pemula

Bagi kamu yang belum terbiasa, membongkar PC bukanlah perkara yang gampang. Sedikit saja ada kesalahan maka bisa fatal resikonya. Untuk itu sebelum memberanikan diri untuk membongkar PC, ada baiknya kamu mempelajari dulu beberapa hal dasar seputar cara membongkar, memilah, dan memasang hardware dengan baik.

Melalui artikel ini saya akan membagikan sedikit tips bagaimana cara membongkar PC dengan aman untuk pemula. Tips ini berlaku untuk semua jenis hardware yang akan dibongkar meskipun langkahnya bisa jadi sedikit berbeda.

Tips 1: Pastikan peralatan yang digunakan tersedia

5 Tips Membongkar PC dengan Aman untuk Pemula

Penggunaan peralatan seperti obeng ataupun tang kecil sangat berguna sekali saat melakukan pembongkaran PC. Pastikan obeng yang digunakan tersedia untuk semua ukuran dan jenis baut yang ada dalam PC. Jangan memaksa melepas baut jika tidak sesuai dengan obeng yang kamu miliki, karena jika dipaksa bukan tidak mungkin meninggalkan goresan, atau bahkan bisa merusak baut itu sendiri hingga menjadi aus dan semakin sulit untuk dilepas.

Tips 2 : Lakukan pembongkaran di ruangan tertutup yang sejuk

Pembongkaran PC di ruangan tertutup yang sejuk sangat disarankan. Jika kamu membongkar PC di ruangan terbuka atau di luar ruangan dikhawatirkan membuat komponen PC menjadi kotor akibat adanya debu yang masuk. Bahkan jika kondisi ruangan sangat panas bisa jadi komponen PC akan yang terkena air dari keringat sendiri. Debu dan tetesan air ini sangat tidak baik bagi hardware dan komponen PC.

Tips 3 : Pastikan semua sambungan listrik pada PC telah terputus

Sambungan listrik juga menjadi faktor penyebab kenapa kecelakan kerja sering terjadi, misalnya saja kerusakan komponen PC, tersengat listrik, bahkan sampai terjadi kebakaran akibat konsleting listrik. Untuk itu pastikan sebelum membongkar PC semua sambungan listrik pada PC sudah terputus, termasuk juga sambungan listrik di komponen lainnya seperti printer, monitor, dan speaker.

Tips 4 : Jangan paksakan komponen jika tidak bisa terpasang

Ini adalah kecerobohan yang sering terjadi pada orang awam. Jika kamu ingin memasang komponen hardware seperti halnya VGA ataupun RAM, sebaiknya pasang dengan tenaga yang sewajarnya. Jika terlalu ditekan dikhawatirkan akan terjadi kerusakan pada komponen tersebut. Jika komponen tidak bisa dipasang jangan langsung ditekan paksa, tetapi cek dulu apakah pemasangannya sudah pas tepat dengan slot di motherboard. Terkadang komponen susah terpasang karena posisinya sedikit miring atau kurang pas dengan slot di motherboard PC.

Tips 5 : Jika tidak mengerti tanyakan kepada ahlinya

Jika ada yang tidak kamu mengerti tentang komponen-komponen yang ingin dipasang, bagaimana cara melepasnya dan cara memasangnya, sebaiknya kamu baca petunjuknya. Kamu bisa melihat manual book nya jika ada, googling dan mencari panduan, atau langsung menanyakannya kepada orang yang sudah ahli dan terbiasa membongkar pasang komputer.

Itulah 5 tips membongkar PC dengan aman untuk pemula. Jika kamu memiliki tips lainnya silahkan bagikan di kolom komentar. kamu juga bisa bergabung di Forum WinPoin jika memiliki berbagai pertanyaan seputar PC ataupun Windows.

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!
Seorang Web Designer, Web Developer MyBBID, mempunyai sedikit bakat dalam bidang Multimedia, dan sering berurusan dengan yang namanya PC/Laptop.