6 Cara Mengembalikan Windows 8 / 8.1 Seperti Semula

6 Cara Mengembalikan Windows 8 / 8.1 Seperti Semula

3

mengembalikanwindows8sepertisemula_0

Disaat kamu mengalami masalah yang sangat sulit pada sistem Windows kamu dan berkeinginan untuk membuat keadaan Windows kembali seperti waktu tidak terdapat masalah, ada beberapa pilihan langkah yang bisa kamu lakukan. Berikut ini WinPoin berikan cara yang dapat kamu lakukan untuk mengembalikan Windows 8 / 8.1 seperti semula ketika belum bermasalah:

 

Melakukan System Restore

mengembalikanwindows8sepertisemula_1

Dengan melakukan system restore maka kamu dapat kembali ke keadaan sistem pada saat restore poin dibuat. System restore akan berpengaruh terhadap aplikasi, driver dan patch system yang terinstall sesudah dibuatnya sistem restore ini. Namun dia tidak akan menghapus berbagai file dan dokumen yang tersimpan. Untuk menjalankan system restore kamu bisa baca panduan tentang Cara Restore Windows 8 / 8.1.

 

Melakukan System Image

mengembalikanwindows8sepertisemula_2

System Image ini dalam artian bahwa kamu mencopy semua isi file dari drive tersebut. Dan ini juga bisa menjadi opsi untuk membackup Partisi sistem yang nantinya bisa di restore kapan saja. Jadi cara kerjanya adalah kamu membuat system image sebelum semua permasalahan muncul, misalnya saja sesudah install ulang Windows + mengisinya dengan software & driver. Sehingga suatu saat ketika Windows bermasalah kamu bisa langsung merestore sistem menggunakan System Image tersebut. Panduan selengkapnya bisa kamu baca di Cara Membuat System Image Windows 8.

 

Melakukan Refresh Windows 8

6 Cara Mengembalikan Windows 8 / 8.1 Seperti Semula

Dengan fitur Refresh Windows ini kamu dapat menginstal ulang Windows 8 tanpa kehilangan personal file, app metro, dan settingan. Untuk melakukan ini kamu membutuhkan Recovery media yang berupa DVD ataupun USB (Baca : Cara Membuat Bootable Windows 8). Selengkapnya untuk melakukan Refresh Windows bisa membaca Cara Melakukan Refresh di Windows 8.

 

Melakukan Reset Windows 8

mengembalikanwindows8sepertisemula_4

Berbeda dengan Refresh Windows, dengan melakukan reset pada Windows 8 maka akan mengembalikan keadaan sistem ke awal atau yang disebut factory settings. Semua file, dokumen, software, dan aplikasi yang tersimpan di drive C akan hilang begitu proses reset selesai.

Sama dengan Refresh kamu juga membutuhkan Recovery media untuk melakukan reset windows. Sebelum melakukan reset WinPoin sarankan kamu untuk membackup data-data penting kamu terlebih dahulu. Setelah syarat-syarat telah terpenuhi kamu dapat membaca panduan lengkap mengenai Cara reset Windows 8 / 8.1.

 

Melakukan Clean Install Windows 8 / 8.1

mengembalikanwindows8sepertisemula_5

Metode Clean Install sendiri adalah tahap dimana pada saat melakukan installasi Windows, kamu memilih untuk memformat seluruh isi dari partisi yang nantinya akan menjadi tempat diinstallnya Windows 8. Dengan begitu semua settingan dari OS sebelumnya akan terhapus dan menjadikannya sama seperti baru pertama kali menginstall Windows. Sama dengan melakukan Reset Windows 8 kamu juga harus membackup data-data penting sebelum melakukan clean install. (Baca Juga : Tutorial Lengkap Cara Install Windows 8 / 8.1)

 

Menggunakan Partisi OEM

mengembalikanwindows8sepertisemula_6

Partisi OEM (Original Equipment Manufacture), tersedia untuk Laptop yang OSnya per-installed. Partisi ini berisi Image Windows original, jadi jika kamu menggunakan ini untuk melakukan troubleshooting masalah pada windows maka keadaan windows akan kembali ke kondisi awal seperti ketika baru membeli laptop tersebut.

Cara melakukan recovery menggunakan partition recovery berbeda-beda tiap laptop tergantung pada brand dan tipe laptop tersebut. Biasanya untuk melakukan recovery OEM dilakukan dengan menekan tombol-tombol tertentu pada saat booting ataupun bisa melalui aplikasi OEM Recovery Manager contohnya pada laptop HP atau Acer.

Nah itulah 2 cara yang dapat kamu lakukan untuk membuat keadaan Windows 8 seperti semula. Jika ada yang ingin kamu tanyakan seputar panduan diatas kamu dapat menanyakannya langsung di Forum WinPoin. See you Windows Lovers.

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!
Microsoft Device and Windows beta enthusiast. akan merasa senang jika bisa saling bertukar knowledge tentang Windows dan Lumia, baik Melalui Forum atau Twitter. Bukan fanboy.
  • Yudhistira Prastyo

    bg saya menggunakan win 8 OEM.
    tetapi recovery nya gak bisa malahan menjadi blue screen.
    bisa jelasin knp?

  • thomas

    kl saya pilih option kedua, saya mau tanya :
    1. harddisk saya udah partisi, apakah data di drive D kehapus juga?

    2. apakah saya harus install ulang windows 8, soalnya saya terima leptop udah ada OSnya.

    trims