6 Cara Mengetahui Windows 10 Build Berapakah yang Kamu Gunakan

6 Cara Mengetahui Windows 10 Build Berapakah yang Kamu Gunakan

0

mengetahuibuildwindows10_1

Semenjak Windows 10 dirilis dalam status Technical Preview pada Oktober 2014, Microsoft memberikan patokan baru dalam hal memastikan bahwa pengguna menggunakan Windows 10 yang up-to-date. Karena seperti yang kita ketahui bahwa Microsoft tidak akan merilis Windows lagi, dengan kata lain Windows 10 akan mendapatkan update secara terus menerus.

Patokan ini mengacu pada ‘Build’ yang terinstall pada PC pengguna. Terlebih jika kamu anggota Windows Insider yang semenjak tahun lalu terus mencicipi Build secara berkala dari Build 9841 hingga sekarang ini 11082 dan tentunya akan terus bertambah seiring dengan update fitur ataupun Hotfix yang dikeluarkan Microsoft kedepannya.

Nah, untuk kamu pengguna Windows 10 terlebih ikut berpartisipasi dalam program Windows Insider, mengetahui Build berapakah yang kamu jalankan merupakan hal dasar yang penting pada sistem operasi ini. Karena itu kali ini saya akan memberikan 6 Cara yang dapat kamu lakukan untuk mengetahui Windows 10 build berapakah yang kamu gunakan.

Baca juga:  8 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan di Windows 10 Setelah Anniversary Update

Melalui Winver

Ini merupakan cara yang paling mudah dan tercepat untuk mengetahuinya. Caranya buka kotak RUN (WINKEY+R) kemudian ketikan ‘winver‘.

mengetahuibuildwindows10_2

Tertera jelas pada bagian OS Build ‘11082’.

Melalui DxDiag

Cara lain yang dapat kamu pilih adalah dengan melalui DirectX Diagnosist tool (dxdiag). Caranya sama dengan winver, buka kotak RUN lalu ketikan ‘dxdiag‘.

mengetahuibuildwindows10_3

Tertera pada deskripsi ‘Operating system‘.

Melalui Msinfo32

Selain melalui winver dan dxdiag. Cara tercepat yang dapat kamu gunakan adalah dengan membuka System Information (Msinfo32). Caranya buka RUN lalu ketikan ‘Msinfo32‘.

mengetahuibuildwindows10_4

Tertera pada bagian ‘Version‘.

Melalui Settings

Caranya buka ‘Settings‘ lalu pilih ‘System – About‘. Perhatikan pada bagian ‘OS Build‘.

Baca juga:  Cara Mengganti Password Akun Lokal di Windows 8

mengetahuibuildwindows10_8

Melalui Command Prompt

Pertama buka Command prompt bisa dengan atau tanpa Administrator previlege. Ketika jendela console CMD terbuka pada dasarnya sudah tertera pada bagian atas (1) tetapi jika ingin menampilkan informasi yang lebih detail, kamu dapat memasukan perintah.

systeminfo

mengetahuibuildwindows10_5

Maka akan muncul informasi yang lengkap tentang sistem, untuk informasi mengenai build tertera pada bagian ‘OS Version’ (2).

Melalui Registry

Cara terakhir yang dapat kamu lakukan adalah melalui registry. Caranya buka kotak RUN lalu ketikan ‘regedit‘. Setelah itu bernavigasilah ke ‘HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows NT\CurrentVersion‘. Untuk informasi build tertera dengan jelas pada bagian ‘CurrentBuild’.

mengetahuibuildwindows10_6Sedikit trik juga bagi yang tidak ingin repot-repot membuka regedit, kalian juga bisa mengetahuinya melalui Command prompt (as Admin) dengan cara mengetikan perintah.

reg query "HKLM\SOFTWARE\Microsoft\Windows NT\CurrentVersion" /v "CurrentBuild"

mengetahuibuildwindows10_7

Maka output yang dihasilkan akan sama dengan yang tertera pada registry.

Baca juga:  2 Hari Lagi Upgrade Gratis Windows 10 Berakhir

Nah itulah 6 cara yang dapat kamu pilih untuk mengetahui Windows 10 build berapakah yang kamu gunakan. See you later guys and Happy new year! :D

Microsoft Device and Windows beta enthusiast. akan merasa senang jika bisa saling bertukar knowledge tentang Windows dan Lumia, baik Melalui Forum atau Twitter. Bukan fanboy.