6 Prospek Microsoft Edge untuk Menjadi Populer Kedepannya

6 Prospek Microsoft Edge untuk Menjadi Populer Kedepannya

43

 

Prospek Edge

Pada sebuah kursus untuk menjadi developer web, seorang peserta bertanya: “Pak, bagaimanakah cara paling praktis untuk mengetahui bahwa sebuah HTML disusun menggunakan HTML5?”

“Pertanyaan yang bagus,” jawab sang Tutor. “Caranya gampang. Coba buka HTML tersebut menggunakan Internet Explorer. Kalau tidak bisa terbuka, oke. Berarti HTML itu disusun menggunakan HTML5..”

Oke, itu memang masa lalu yang sendu untuk menunjukkan betapa ‘purba’-nya Internet Explorer dibandingkan dengan browser lainnya. Ketika pertama kali mengumumkan Project Spartan untuk menggantikan Internet Explorer, Browser legendaris Microsoft, para penggemar agak sanksi akan performanya. Microsoft menjanjikan bahwa mereka membangun sebuah mesin browser dari awal atau baru. Namun banyak yang sangsi dan menganggap bahwa project Spartan hanya peningkatan dari IE.

Lambat laun, Microsoft berhasil membuktikan bahwa Spartan yang kini beralih nama menjadi Microsoft Edge, bukan hanya sekedar pengembangan dari Internet Explorer, namun jauh melebihi itu. Dan adalah benar bahwa proyek ini dikembangkan dari awal dengan basis yang berbeda.

Berikut ini Winpoin merangkum prospek Microsoft Edge ke depannya , dalam artian berbagai fitur Microsoft Edge yang memiliki potensi menarik hati pengguna, sehingga nantinya kemungkinan akan menjadi hal yang diunggulkan pengguna dan menjadikan mereka menggunakan browser canggih ini.

 

1. Calon browser tercepat

Sebuah laporan dari blog Windows menunjukkan beberapa hasil benchmark dari Microsoft Edge yang menunjukkan bahwa browser ini memiliki potensi untuk menjadi browser paling cepat setelah rilis resmi nantinya.

  • Di WebKit Sunspider, Edge 112% lebih cepat daripada Chrome
  • Di Google Octane, Edge 11% lebih cepat daripada Chrome
  • Di Apple JetStream, Edge 37% lebih cepat daripada Chrome
Baca juga:  IE 11 Windows Blue dilengkapi Download List dan Tracking Protection

Kenapa bandingannya di sini adalah Google Chrome? Ini karena Chrome adalah browser paling cepat saat ini (disamping salah satu kelemahannya yang banyak dibenci orang, yaitu makan RAM terlalu banyak). Secara sederhana bila Edge lebih cepat dari Chrome, maka Edge akan menjadi browser paling cepat di luaran sana.

 

2. Menjanjikan support seluruh extension yang ada di Firefox dan Chrome

Prospek Edge

Microsoft menjanjikan bahwa Edge akan support seluruh extension yang berada di Chrome dan Firefox. Seperti yang kita ketahui, extension merupakan salah satu sarana yang menjadikan kita dapat browsing dengan sangat nyaman. Oleh karena itu jika Edge dapat menjalankan semua extension yang terdapat di Firefox dan Chrome (meskipun dengan beberapa penyesuaian tentunya), maka ini akan menjadi salah satu killer feature bagi browser terkini Microsoft tersebut.

 

3. Terintegrasi dengan Cortana

Prospek Edge

Cortana merupakan salah satu alasan Microsoft Edge disebut browser tercanggih. Kamu dapat membuka frasa mana saja dari artikel yang dibuka dengan menggunakan Edge, kemudian mencarinya dengan dukungan Cortana. Ini tentu saja akan sangat membantu untuk kamu yang browsing guna mencari informasi tertentu, kemudian menemukan beberapa istilah aneh dan khusus yang memerlukan penjabaran. Cortana bisa membantu kamu melakukan penjabaran tersebut, apa pun website yang tengah kamu akses.

Baca juga:  Cara Mencari Lowongan Kerja di Microsoft

 

4. Pengaturan tab yang mudah diakses

Prospek Edge

Hampir semua browser memungkinkan kamu membuka website yang sudah pernah dikunjungi sebelumnya. Namun Microsoft Edge melangkah lebih jauh dengan menampilkan tab yang tengah kamu buka dalam thumbnail, kemudian juga memberikan saran untuk mengunjungi website yang paling sering kamu kunjungi, termasuk juga website yang sudah dibuka sebelumnya, namun sudah ditutup. Ini tentu saja memudahkan kamu mengakses semua website yang kamu inginkan. Fitur ini tentu saja memudahkan dan menarik bagi para pengguna browser umum.

 

5. Fitur Annotation (Mencuplik bagian dari Edge)

Prospek Edge

Edge memungkinkan kamu membuat screenshot dari website yang tengah dibuka, kemudian memberi keterangan pada screenshot tersebut secara langsung. Ini merupakan cara yang baik untuk berbagi informasi dengan teman atau individu yang kamu inginkan. Fitur praktis ini akan menjadi salah satu andalan bagi Microsoft Edge dalam merebut hati para penyuka browsing.

 

6. Reading Mode untuk membaca lebih nyaman

Prospek Edge

Ketika tengah membaca artikel, kamu pasti sering merasa terganggu karena banyaknya pop up yang muncul, baik iklan maupun tawaran untuk membaca artikel selanjutnya dari banyak website. Jika kamu benar-benar ingin membaca artikel tertentu menggunakan Microsoft Edge, maka kamu dapat melakukannya dengan memanfaatkan Reading Mode. Di sini Edge akan menampilkan tampilan non-distraction atau tanpa gangguan dari situs yang tengah kamu baca, sehingga memudahkan kamu untuk berkonsentrasi dalam membaca. Tentu saja ini menarik sekali bagi orang-orang yang browsing untuk mencari informasi.

Baca juga:  HOT: Dapatkan Ratusan Ebook Gratis Terbaru dari Microsoft!

 

Jajaran fitur dan fakta prospek Microsoft Edge tersebut minimal cukup meyakinkan bahwa nantinya Microsoft Edge tidak hanya akan berfungsi sebagai sarana mengunduh Chrome atau Firefox setelah kita menginstal Windows (seperti yang biasanya dilakukan dengan Internet Explorer). Sebenarnya masih banyak lagi aneka fitur dari Microsoft Edge yang kemungkinan akan menarik hati. Namun fitur yang diungkap Winpoin di atas merupakan prospek ke depan yang pasti ‘mengundang’ minat banyak orang untuk menggunakan browser canggih besutan Microsoft ini. Kamu bisa merasakan fitur-fitur menarik ini setelah Windows 10 dirilis akhir Juli ini.

Punya pendapat lain tentang fitur prospektif Microsoft Edge? Bagikan pendapat kamu di kolom komentar berikut.

via Microsoft Blog dan PCMag

Penulis Winpoin yang paling sering minta dimaklumi kalau lagi lama nggak nulis | Dengan senang hati menjawab pertanyaan seputar Windows Phone lewat akun Twitter @kikisidharta
  • Ferizal Aja

    Search bar dan tab barnya terlalu besar ,,,
    Dan rading modenya lebih bagus kan kalo temanya bisa diatur sendiri. Karena sebagian orang lebih nyaman membaca dengan talar canvas y putih ,,,
    Bahkan ada sebagian orang y lebih nyaman membaca dengan latar canvas y item

    • YanDhika

      reading sayang :v / tanganmu kepleset saat ngetik ya ?
      talar? latar kali ah :v /

      • Ferizal Aja

        Iya sayang ,,,
        Maaf ya say ,,,

    • Orang memiliki gaya sendiri2 lebih tepatnya :(

  • Lamm Nurc

    Wahh, keren juga ya…

  • Deris Kharisma

    siap berpaling dari chrome kalau pas dicoba terbukti lebih cepat

    • Kalau saya mungkin masih pake Chrome, ya Edge juga dipake kok (kalau emg bener2 mendukung ekstensi lebih jauh, sejauh ini ekstensi blokiran iklan di youtube di IE saya gak berfungsi, udh capek saya instal2 bahkan update memang gak mau, ternyata ditelusuri ya memang kagak support lagi katanya :D
      Toh, kalau Windows 10 rilis, banyak developer dan designer yang adaptasi dengan gaya windows 10 dong, Chrome nya juga mungkin gak kayak yg sekarang kan? ;)

      • Zulmi Kurniawan

        Waah di ane malah iklannya gak ada mas bro. Saat ini pake ie yg utama chrome kedua.

  • indra

    belum bisa “save link as” di edge

    • Boem

      Betul, jadi gak bisa save download lagu. Yg kadang kadang bisa didownload kalo disave as

    • Siti Maymunah

      Kasih feed back aja mas :)

      • indra

        Sudah,,

  • Boem

    Min review hyperlapse mobile yg updatetan terbaru yg suport posesor S4 dunk.. Efeknya kok kayaknya cuma mempercepat video.. :D

    • Hmmm, coba aku usulkan ke si Aditya Rizky prosesornya Snapdragon 400. :D

  • I Made Tobias Abdiman

    Kayaknya fitur-fitur tersebut belum terlalu penting buat saya…. tapi kecepatannya menggiurkan :D

  • AnotherUser

    azz sedih activex dah ga support lagi

    jadi ga bisa maen lost saga korea deh :(

  • BUDI

    Asal ngga makan resource terlalu banyak kaya Google Chrome pure aja.

    Ane aja sampe beralih ke Opera. ME sekarang bisa dicustom lebih lanjut ngga sih? Kan kalo di IE kurang banget tuh

  • pcku212

    (Breaking News)

    Windows 10 Akan Jalankan System *Update Paksa*

    http://www.jagatreview.com/2015/07/windows-10-akan-jalankan-sistem-update-paksa/

  • super dah… nggak sabar pengen coba… :D

  • Labib Muhammad

    Bakal tersedia di Android gak?
    *sembunyi

    • Achmad Riduwan

      Gak mungkin.. gak mungkin….

  • Agung Dedy

    pasang extention di edge dari chrome dan Mozilla gimana ya om ?

    • Sepertinya di build kemarin masih belum bisa. Sepertinya ini build yang lebih baru lagi. Lebih gampang lagi, ditunggu aja Windows 10 rilis sebentar lagi. Kemungkinan fitur itu sudah disertakan.

      • Agung Dedy

        nungguin edge bisa pasang extention saya pindah dari chrome haha

  • Ridwan Firdaus

    Bisa buat buka reddit ga ya?

    • Rasshid

      Harusnya, dgn Hotspot Shield, bisa sih

      Kalo ga kan ntar ada ekstensinya. Don’t worry~

    • Nurcahya

      buka website mah tergantung jaringannya, kalo jaringannya nge block websitenya, mau pake browser sehebat apapun tetep gk kebuka :v
      satu satunya cara ya ganti IP adress lain biar bisa kebuka website yang gk kebuka :v

  • Ida Bagus Anom Sanjaya

    Coba Microsft Edge bisa support protokol proxy, kayak proxifier/multi proxy jadi.. bagus buat SSH users..

    • Siti Maymunah

      Masukkan ke feed back aja :)

  • Achmad Riduwan

    Seandainya ada fitur custom theme pasti lebih keren , tpi klo tampilan default (gk pake theme) aja udah keren..

    • Nurcahya

      kasih feedback aja ke MS bro :v

  • eji

    gan kenapa direct windows ane 11.2 bukan direct 12… pada Spek Laptop ane Intel Core i5. Nvdia Gforce GT 630M 2GB.. dan driver Nvidia nya selalu ane Update… tolong Solusi nya dari para2 master2… thx

  • semoga saja microsoft edge tidak terlalu membebani RAM seperti google chrome, tidak terlalu gampang “not responding” di pc spek low seperti firefox, dan tentunya sering mendapat update security, bugs dan penambahan/peningkatan fitur baru :D

    • Rasshid

      Amin :D

  • Zahid Fakhruddin

    udah ada yg donlot windows 10 (pc) versi RTM di sini ?? reviewnya dong, kompatibel nggak sm pc/laptop agan2 :D

  • Hasbi Ash Shaddiqi

    apakah browser ini bisa terintegrasi dengan idm?

    • Siti Maymunah

      Iya ini q juga bingung cara ngintregasikannya

      • Boy Dimas Wicaksono

        cara setting ekstensinya gimana ya biar bisa masuk idmnya ke edge

  • Siti Maymunah

    Ada

  • Siti Maymunah

    Gratis :V aja

  • kalo ada fitur menyembunyikan browser sekejap seperti UC Browser for PC, saya siap pindah :D