7 Alasan Tidak Perlu Bersedih Meskipun Gagal Memperoleh Upgrade Windows 10 Mobile

7 Alasan Tidak Perlu Bersedih Meskipun Gagal Memperoleh Upgrade Windows 10 Mobile

0

7 Alasan Tidak Perlu Bersedih Meskipun Gagal Memperoleh Upgrade Windows 10 Mobile

Bagi kamu pengguna Windows Phone yang gagal mendapatkan upgrade Windows 10 Mobile, jangan bersedih lagi. Beberapa device saya sebenarnya juga batal mendapatkan upgrade ke Windows 10 Mobile Final, tetapi setelah dipikir-pikir, Windows Phone 8.1 sebenarnya masih sangat powerful untuk penggunaan sehari-hari.

 

It’s Just Work

Yep. Tidak perlu OS paling gress saat ini agar smartphone kamu berjalan layaknya sebuah smartphone. Windows Phone 8.1 masih fungsional dan bisa digunakan untuk hampir seluruh keperluan dasar smartphone.

SMS, telepon, email, browsing, jepret foto, akses sosmed, dsb.

Faktanya bagi sebagian besar device Windows Phone (kecuali versi flagship yang support Continuum), fungsi dasar yang bisa dilakukan di Windows 10 Mobile bisa juga dilakukan di Windows Phone 8.1.

It’s just work. Windows Phone 8.1 masih sangat layak digunakan untuk keperluan komunikasi sehari-hari.

 

Jaminan HERE Apps

7 Alasan Tidak Perlu Bersedih Meskipun Gagal Memperoleh Upgrade Windows 10 Mobile

HERE Apps merupakan salah satu aplikasi yang sangat penting dan bermanfaat, khususnya bagi kamu yang suka berjalan-jalan ke tempat asing. Dan seperti kita tahu beberapa waktu lalu HERE Apps mengumumkan akan segera mencabut aplikasinya dari Windows 10 Mobile, tetapi tetap mempertahankan keberadaannya bagi Windows Phone 8.1

Baca juga:  Update Lagi Untuk Aplikasi Xbox Games di Windows Phone 8.1

Jadi dengan berada di Windows Phone 8.1 kamu tetap bisa menikmati HERE Apps dalam waktu lama, dikala pengguna Windows 10 Mobile nantinya harus puas dengan Windows Maps dari Microsoft.

 

Lumia Camera Keren

Tidak semua pengguna Lumia setuju dengan hal ini, tetapi menurut saya hasil jepretan Lumia Camera di Windows Phone 8.1 masih lebih kece dibandingkan Windows 10 Mobile.

Sebenarnya kemarin Microsoft sudah mengupdate Windows Camera hingga hasil jepretannya menjadi lebih baik lagi dari sebelumnya, tetapi bagi saya kualitas hasil jepretan Lumia Camera masih ada diatasnya, terlebih untuk device Lumia berkelas low-end sampai mid-end.

 

Ringan dan Smooth

7 Alasan Tidak Perlu Bersedih Meskipun Gagal Memperoleh Upgrade Windows 10 Mobile

Windows 10 Mobile memang ringan, tetapi Windows Phone 8.1 jauh lebih ringan. Hal ini juga menjadi salah satu alasan kenapa Microsoft tidak merilis Windows 10 Mobile ke semua device: masalah performa!

Baca juga:  Aplikasi Resmi Tumblr Ditarik dari Windows Store

Di Windows Phone 8.1, experience OS sangat ringan dan smooth. Bahkan di beberapa sudut sisi, memiliki UI yang lebih cantik dibandingkan Windows 10 Mobile. Misalnya saja Active Call UI.

 

Apps Compatible

Developer di Windows Store sebagian besar terbilang pasif dalam melakukan update aplikasi.

Jadi meskipun Windows 10 Mobile sudah dirilis, mayoritas aplikasi bakal tetap bertahan di state sekarang ini, yaitu teroptimasi untuk Windows Phone 8.1.

Lagipula 50% pengguna Windows Phone tidak dapat upgrade ke Windows 10 Mobile, dan yang dapat upgrade pun tidak semua melakukannya. Dari sisi market share, developer tentu akan lebih mengutamakan pengguna Windows Phone 8.1 dibandingkan mengembangkan UWP untuk Windows 10 Mobile.

Setidaknya itulah yang akan terjadi saat ini hingga satu tahun kedepan.

 

No Real Value bagi Sebagian Besar User

Bagi sebagian besar pengguna smartphone yang hanya memanfaatkannya untuk komunikasi, sosial media, dan berinternet ria, upgrade Windows 10 Mobile tidak begitu membawa perubahan besar.

Perubahan terbesar dari Windows 10 Mobile sebenarnya berada di bagian produktivitas, seperti perombakan di Microsoft Office, Outlook Mail, serta penanaman fitur Continuum untuk flagship.

Baca juga:  Daftar Perintah Cortana yang Perlu Kamu Ketahui

Tetapi seberapa banyak dan seberapa sering pengguna Windows Phone membuat dan mengedit dokumen di smartphone? Atau menggunakan fitur Continuum di tempat kerja?

Untuk itu sebenarnya bagi sebagian besar pengguna, upgrade Windows 10 Mobile tidaklah begitu membawa real value terhadap aktivitasnya sehari-hari.

Hampir seluruh aktivitas berkomunikasi masih bisa dilakukan via Windows Phone 8.1.

 

Bisa Install via Insider

Jika ternyata kamu memang kepengen sekali upgrade ke Windows 10 Mobile, kamu tetap bisa mendapatkannya meskipun secara official tidak dirilis untuk device kamu.

Yup, kamu bisa menginstall Windows 10 Mobile melalui Insider di Production Ring.

Build yang kamu dapatkan adalah 10586.164 yang merupakan build dari Windows 10 Mobile final saat ini.

Jadi mengapa harus terlalu lama bersedih? Windows Phone 8.1 still great! Dan Windows 10 Mobile Final build bisa didapatkan via Production Ring Insider.

Be happy!

Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.