7 Aplikasi Kamera yang Perlu Kamu Miliki di Windows Phone

7 Aplikasi Kamera yang Perlu Kamu Miliki di Windows Phone

27

7 Aplikasi Kamera

Apa gunanya download banyak-banyak aplikasi kamera? Perlu kamu ketahui bahwa banyak situasi khusus yang memerlukan pengambilan gambar secara khusus pula. Coba bayangkan situasi ini: Kamu di depan panggung, Elaine memimpin para undergirls menyanyikan lagu dengan gerakan yang dinamis. Bagaimana kamu akan mengabadikan kelincahan dan keceriaannya? Kalau kamu tidak memiliki Lumia Camera atau Blink, kamu akan kesulitan untuk mendapatkan gambar dan pose terbaik idol favorit kamu. Itu hanya sebagian kecil manfaat aplikasi kamera khusus seperti yang diceritakan sebelumnya!

Nah, berikut ini Winpoin membantu dengan mengumpulkan tujuh aplikasi kamera yang akan menunjang “kehidupan berkamera” kamu. Kesemuanya memiliki manfaat yang spesifik sehingga dapat digunakan dalam situasi dan kondisi khusus. Aplikasi-aplikasi kamera berikut ini bisa disebut sebagai penunjang kamera utama kamu. Jadi kamu tidak akan menemukan ProShot ataupun Camera360 Sight dalam daftar berikut ini, karena keduanya cenderung bersifat sebagai “pengganti” kamera utama.

Berikut ini daftar 7 aplikasi kamera khusus yang perlu kamu miliki di Windows Phone!

 

1. Lumia Camera

7 Aplikasi Kamera7 Aplikasi Kamera

Tak terbantahkan lagi bahwa Lumia Camera adalah salah satu aplikasi utama yang perlu diunduh untuk mendampingi Microsoft Camera yang dimiliki secara default. Keistimewaan Lumia Camera adalah memiliki tingkat kontrol manual yang luar biasa. Kamu bias mengelola pengaturan ISO, white balance, shutter speed, dan manual focus untuk menghasilkan karya foto yang menakjubkan.

Dengan permainan fokus manual dan elemen fotografi lainnya, kamu dapat menghasilkan gambar seperti di bawah ini hanya dengan Lumia 625 yang memiliki sensor ‘cuma’ 5mp.

Baca juga:  Kamu Bisa Mengendalikan Banyak PC Hanya dengan Satu Mouse dan Keyboard Saja!

 

7 Aplikasi Kamera

Selain itu, Lumia Camera juga dapat kamu manfaatkan untuk menciptakan berbagai foto unik yang pasti akan dapat kamu banggakan.

Kamu dapat mengunduh Lumia Camera di sini:

Lumia Camera

 

2. Blink

7 Aplikasi Kamera 7_Aplikasi_Kamera_15

Bingung untuk menangkap momen dari objek yang terus bergerak? Misalnya ingin memotret anak kecil yang sedang lincah-lincahnya atau pertandingan olahraga yang dinamis? Jangan khawatir, BLINK memberikan kamu kemudahan untuk melakukan hal tersebut.

Aplikasi ini akan menangkap gambar dalam rentang sekitar 5-10 detik, kemudian memungkinkan kamu melakukan editing untuk memilih gambar terbaik, atau juga menciptakan action shot.

Sebetulnya membuat action shot juga dapat dilakukan dengan Lumia Camera, akan tetapi Blink memberikan kemudahan karena kamu dapat meluncurkan kamera langsung dari start screen. Ini lebih praktis untuk beberapa orang, terutama bila kamu tidak memiliki tombol khusus kamera yang saat ini tidak diberikan bagi Lumia keluaran baru non pureview.

 

7 Aplikasi Kamera

Kamu dapat  mengunduh blink di sini:

Blink

 

3. Lumia Selfie

7 Aplikasi Kamera7 Aplikasi Kamera

Untuk para penggemar selfie, Lumia Selfie memberikan kamu banyak kemudahan. Kamu dapat mengambil foto dengan menggunakan auto selfie yang secara otomatis mendeteksi wajah kamu bila ingin mengambil foto dengan kamera belakang. Begitu masuk frame, maka kamera akan otomatis memotret.

Ada juga fitur timer yang memungkinkan kamu meletakkan kamera pada tripod untuk menantikan kamera ini memotret wajahmu bersama teman-teman.

Sebagai pelengkap, Lumia Selfie juga memiliki fitur editing yang dapat mengurangi noise dan mempercantik wajahmu. Untuk penggemar selfie, ini merupakan aplikasi yang akan sangat membantu!

Baca juga:  Cortana Akan Segera Memahami Bahasa Portugis

Dapatkan Lumia Selfie di sini:

Lumia Selfie

 

 

4. Lumia Panorama

7 Aplikasi Kamera

Ingin mengambil foto dalam bingkai yang lebar? Untuk ini kamu memerlukan Lumia Panorama. Aplikasi ini memungkinkan kamu mengambil gambar memanjang dengan menggabungkan beberapa gambar dalam satu frame. Sangat cocok untuk kamu yang menyukai fotografi alam atau lanskap.

 

7 Aplikasi Kamera

Ada sedikit keluhan bahwa kamera tipe low end agak kesusahan menggunakan fitur ini, karena sensor yang kurang lengkap. Meskipun demikian, aplikasi ini cukup membantu untuk mengambil foto panorama. Bila kamu menggunakan tipe Lumia low end, kemungkinan kamu memerlukan beberapa kali percobaan untuk mendapatkan gambar yang bagus.

Kamu dapat memperoleh Lumia Panorama di sini:

Lumia Panorama

 

5. Lumia Cinemagraph

7 Aplikasi Kamera

Ingin membuat gif yang lucu dari hewan peliharaan kamu atau momen-momen unik lainnya? Kamu bisa memanfaatkan Lumia Cinemagraph. Aplikasi ini cukup handal untuk membuat gambar tipe gif.

Apa gunanya membuat gambar gif? Kebanyakan sih hanya digunakan sebagai hiburan serta ajang beradu kreativitas dengan teman-teman lain. Tentukan hasil karya siapa yang paling keren menggunakan aplikasi ini!

Lumia Cinemagraph dapat kamu peroleh di sini:

Lumia Cinemagraph

 

6. Lumia Refocus

7 Aplikasi Kamera7 Aplikasi Kamera

Bingung memanfaatkan fokus manual untuk menciptakan focus, back focus, dan bokeh yang indah? Kamu bisa memanfaatkan Lumia Refocus untuk memudahkan pekerjaanmu!

Sebagai saran penggunaan, Lumia Refocus baik digunakan dalam kondisi ketika ada ruang kosong di belakang objek, atau ada dua objek yang berbeda jarak. Dalam kondisi seperti demikian, Lumia Refocus dapat menunjukkan potensi maksimalnya.

Baca juga:  Ikuti Perkembangan Olimpiade 2016 di Official Apps Rio 2016

Kamu bisa mengatur sendiri objek mana yang ingin kamu tajamkan atau kaburkan gambarnya untuk menciptakan foto yang indah.

Dapatkan Lumia Refocus di sini:

Lumia Refocus

 

7. Phototag

7_Aplikasi_Kamera_15

Phototag memberikan keistimewaan berupa tag lokasi dan waktu pengambilan gambar yang akan disisipkan pada foto yang kamu ambil. Apa pemanfaatannya?

Perlu kamu ketahui bahwa beberapa perusahaan memiliki kebijakan absen dengan mengirimkan selfie ke grup chat perusahaan (biasanya BBM), sehingga pihak personalia tahu pukul berapa karyawannya sampai.

Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkannya untuk membuat foto kenangan di lokasi yang tak ingin kamu lupakan. Dengan adanya “tag”, kamu akan mengetahui langsung ketika melihat foto, kapan dan di mana kamu mengambil foto tersebut.

 

7 Aplikasi Kamera

Aplikasi ini didukung iklan yang dapat kamu hilangkan dengan membelinya seharga USD 0.99. Perlu saya ingatkan bahwa terdapat bug dalam aplikasi ini sehingga ketika saya mereset ponsel, terkadang catatan pembelian ikut hilang sehingga saya harus membeli aplikasi ini kembali. Namun meskipun menyebalkan jika peristiwa ini menimpa kita, hasil yang ditawarkan sepadan apabila kamu memang memerlukan fasilitas “Tag” semacam ini.

 

Nah, itulah 7 aplikasi kamera yang dapat kamu manfaatkan dalam situasi dan kondisi khusus untuk menunjang kamera utama kamu. Punya aplikasi kamera lain yang memiliki kegunaan khusus? Sumbangkan pendapatmu di kolom komentar di bawah ini.

 

Penulis Winpoin yang paling sering minta dimaklumi kalau lagi lama nggak nulis | Dengan senang hati menjawab pertanyaan seputar Windows Phone lewat akun Twitter @kikisidharta
  • Ida Bagus Anom Sanjaya

    pertamax

  • Muhammad Zaidan

    Keduax. :v

  • Muhammad Zaidan

    Untuk Panorama saya lebih suka PhotoSynth, bisa capture full 360° ke segala arah.

  • Novi Nouvie

    Mantap sharingnya

  • Abis ini bahas App Photo Editor WP pleasee. dan mungkin bisa di compare mna yang terbaik. Photoshop Exp, Fhotoroom, PicsArt, dlll

    atau yang menurut mas Kiki terbaik aja dehh

    • Waah… Ide bagus. Habis ini aku buatin :D

  • Adib Tsani Faishol

    microsoft photosynth juga bagus, 360 derajat. round panorama. sori jelek contohnye hehe

    • Kalo mau contoh yang bagus musti upload ke layanan Photosynth, trus share link-nya. Biar langsung buka di websitenya. Dijamin ajib. Seperti ini misalnya:
      https://photosynth.net/view.aspx?cid=9ddefef4-80e8-45f3-8dff-6f3ceb468e0b
      https://photosynth.net/view.aspx?cid=1eeba30d-e91b-4f6b-b621-a3d1b6a180a3

      • Adib Tsani Faishol

        iya gan, itu cuma udah di convert ke jpg aja yg aku upload hehe

        • Karena gw udah pernah pake, bisa mengira-ngira gimana bentuk asli dari area yang agan foto. Buat yang belom terbiasa pasti bengong itu gambar bisa mletot-mletot gitu. :D
          *punya gw yang ada di link di atas dulu pake 710 sih. Jadi masih ajib kameranya. :3

          • Adib Tsani Faishol

            Iya, emang keren keren aplikasi kameranya bikin penasaran. Superb! Hahaha

      • Wah, makasih atas tips-nya. Membantu sekali :D

    • Agung

      Ane qo makenya cuma bisa round depan kanan kiri belakang yak? Untuk atas bawah gimana ya, ajarin donk om…

      • Adib Tsani Faishol

        Pas motret coba diarahin ke segala penjuru. Maksudnya atas sama bawah juga ikutan dijepret.

    • Joshua

      gw dah coba om mantap :D

      • Adib Tsani Faishol

        Emang keren tuh aplikasinya! emang sih dari nama sama simbolnya kayak nggak terlalu mengeksplor fungsi dari aplikasi tersebut. Awalnya juga cuma iseng ternyata keren banget.
        Tapi Sayangnya itu di iOS ada sih (dan juga aplikasi Microsoft yg lain).
        Kalo di android ada juga tapi bukan buatan Microsoft (cmiiw). Tapi belum pernah coba performanya. Hhe

  • Lumia Camera bukannya juga pengganti kamera utama seperti ProShot atau 360 Sight? :D

    • Bener juga sih, tapi aku cenderung menganggap pelengkap karena ada fitur seperti smart shoot dan manual setting yang gak ada di Microsoft Camera :D

  • Zulmi Kurniawan

    Hal malesin yg dirasain pake lumia camera sih loadingnya lebih lama daripada pake proshot.
    Untuk pemandangan sih kece pake photosynth.
    Untuk phototag sih enakan pake momento+. Buatan anak negeri sendiri lagi.
    Kalo mau selfie sih kayaknya asikan pake camera 360sight. Lagipula fitur kamera depan juga gak sebagus kamera belakang. Untuk lumia saat ini belom nemu kamera depan yg ada fitur ois dan autofokus.
    Jangan lupa juga aplikasi office lens untuk foto dokumen penting seperti fitur scanner. Cuma fiturnya masih gak selengkap camscanner.hehe
    Satu lagi. Aplikasi qr scanner. Yg di lumia ini hanya bisa scan barcode doang dgn mengaktifkan fitur kamera. Belom bisa scan barcode dengan menggunakan foto yg udah tersimpan. #penggunalumia625

    • Hmm, bener juga untuk Lumia Camera.
      Photosynth aku suka terganggu sama area hitam yang muncul pada gambar, entah sekarang udah dibenerin apa bener.
      Itu OIS sama autofocus tergantung hardware :D Setahuku cuma HTC M9 yang punya kamera depan lengkap dengan semacam PureView ala HTC dan autofocus.
      Hmm, sebetulnya aplikasi scanner layak masuk ya… Kan untuk kebutuhan khusus :D

  • Wah, gitu ya. Kalau dibandingkan sama Lumia Camera (smart shoot) bagus mana ya? Belum pernah bikin perbandingan detail untuk menangkap objek yang bergerak cepat ini.
    Iyaa… Aku tinggal di Malang – Ada Edo sama Yoga juga di Malang :D

    • Dedy De

      smart sequence itu ya om ?
      kalo dicoba sih hasilnya mirip mirip sih, cuma ya itu kalo objek yg mau difoto geraknya terlalu cepat kadang foto yg dihasilkan ngk sesuai harapan hehe, mungkin juga karena pake 535 yg kameranya kurang optimal, imho

  • Aku suka naik perahu di Selorejo :D
    Rasanya tenang gitu di tengah telaga, angin berhembus sepoi-sepoi.. :D

  • Ojo Nessu

    easy selfie free…
    bisa foto pke printah suara…
    cool…

  • Evlan Mars

    Kalau Soal aplikasi Kameran dan Kamera,jelas Lumia JuAranya!! sudah sangat Terbukti waktu Lomba Lumia 930 Vs iPhone 6 Vs Samsung 5s (Kalau KAGAK SALAH)

  • andre

    wah aplikasi nya keren banget, ada gak ya aplikasi kamera tembus pandang nya?

  • Irmha Muetz Ajhee

    saya mo tyk. kok camera lumia sy gbs. pdhl gk pnh jatuh. tuh knp ya? ksih solusi bwt q donk guys…