7 Aplikasi Windows Phone Spesifik untuk Mendukung Komunitas Tertentu

7 Aplikasi Windows Phone Spesifik untuk Mendukung Komunitas Tertentu

28

7 App Mendukung Komunitas

Acara senbatsu JKT48 kemarin menyadarkan saya akan dua hal besar! Pertama, Sisil ternyata manis – cuma jarang kelihatan. Kedua, adalah menyenangkan berkumpul dengan teman-teman yang memiliki hobi serupa – dan dengan hubungan yang harmonis, kamu bisa mewujudkan sesuatu yang besar bersama-sama (Dalam hal ini: menaikkan idol kamu ke panggung utama – Sisil memperoleh 6293 suara fans yang menjadikannya mendapatkan hak masuk tim utama). INILAH KEKUATAN KOMUNITAS!!! *Mengepalkan tangan | mulut terbuka lebar | pose Leonidas menyambut prajurit Persia | backsound: Power by Helloween*

Meskipun sering dibully karena selisih app dengan dua OS tetangga, Windows Phone cukup mendukung aktivitas kamu dalam sebuah komunitas, baik itu spesifik hobi tertentu atau komunitas terkait pekerjaan. Berikut ini 7 aplikasi yang mendukung aktivitas kamu dalam komunitas tertentu!

 

1. Penggemar dan Pengguna Produk Windows

7 App Mendukung Komunitas7 App Mendukung Komunitas

Tak dapat dipungkiri bahwa kebanyakan pengguna Windows Phone adalah pengguna produk Windows lainnya juga. Salah satu alasannya adalah interaksi yang sangat baik antara satu produk Windows dengan produk lainnya.

Untuk kamu yang ingin tahu berbagai kabar, tips dan trik tentang Windows langsung dari “induk”-nya, Windows Central adalah Forum yang akan memuaskan keinginan kamu. Aplikasi terbaik untuk mengakses Windows Central di Windows Phone adalah Windows Central yang dapat kamu unduh dari tautan di bawah ini:

Windows Central

Terdapat opsi membayar sebesar IDR 12.000 apabila kamu ingin menghilangkan iklan pada aplikasi tersebut.

7 App Mendukung Komunitas7 App Mendukung Komunitas

Jika kamu tidak begitu menikmati diskusi dan artikel di Windows Central karena kendala bahasa, jangan kuatir, karena di Indonesia kita punya Winpoin! Bukan hanya sekedar artikel rutin tentang informasi Windows dan berbagai tips, kamu juga dapat memperoleh banyak teman baru yang mungkin bisa membantu kamu jika kebetulan kalian tinggal di wilayah yang sama, tentu saja setelah saling berdiskusi dan merasa cocok di Winpoin.

Baca juga:  Ingin Memanfaatkan Windows Phone untuk Hal Produktif? Berikut Tipsnya!

Kamu bisa mengunduh aplikasi official Winpoin versi beta karya Putu Yoga di tautan berikut ini:

Winpoin

 

2. Komunitas Fotografi

7 App Mendukung Komunitas7 App Mendukung Komunitas

Bukan rahasia lagi bahwa salah satu kelebihan Nokia atau Microsoft Mobile adalah pada lini kameranya. Berbagai perbandingan dalam kemampuan fotografi dengan produsen lain menunjukkan bahwa hardware dan software kamera Lumia secara konstan selalu berada di tempat teratas bersama beberapa flagship dari vendor OS lain.

Bila kamu begitu menyukai karya fotografi, terutama dari kamera Lumia, memang kamu dapat mengikuti beberapa komunitas di Instagram. Akan tetapi bila ingin lebih spesifik lagi, kamu dapat memanfaatkan aplikasi Hipstamatic Oggl yang memang diperuntukkan bagi penyuka fotografi.

Hipstamatic Oggl

 

3. Wota JKT48?

7 App Mendukung Komunitas7 App Mendukung Komunitas

Kalau kamu kurang semangat berangkat ke sekolah, terasa lelah letih lesu di kelas, jangan keburu ke dokter!.. Mungkin saja kamu cuma perlu sedikit asupan senyum ceria dari oshi kamu. Makanya kamu memerlukan aplikasi khusus untuk stalking idol JKT48 yang kamu dukung. Mungkin agak mengesalkan bagi para pengguna Windows Phone karena member JKT48 kebanyakan menggunakan Google Plus untuk membagikan foto, video, dan cerita-cerita tentang diri mereka. Pada dasarnya Microsoft memiliki hubungan yang jelek dengan Google. Hampir semua aplikasi official Google tidak berfungsi dengan baik. Untunglah aplikasi Google Plus HD yang dibuat oleh developer Pratik Mohapatra ini cukup dapat diandalkan meskipun masih banyak kekurangan. Tapi untuk stalking mencurahkan dukungan pada idol grup ini, aplikasi tersebut cukup keren!

Baca juga:  Cara Menambah Virtual Memory Windows 8

Google Plus HD

 

4. Pecinta Cosplayer?

7 App Mendukung Komunitas7 App Mendukung Komunitas

Kalau kamu suka berbaur dengan komunitas Cosplayer, mungkin kamu mendapati bahwa mereka sering memanfaatkan Instagram untuk memamerkan eksistensinya. Cosplay merupakan aktivitas yang makin populer akhir-akhir ini dan makin banyak acara yang rutin diselenggarakan dan melibatkan street cosplay. Beberapa cosplayer terkenal seperti Punipun, Pinky Luxun dan Yuzukyuu sering memamerkan foto imut mereka memerankan chara tertentu di Instagram.

Ingin mengoleksi foto-foto cosplayer sekaligus mendukung mereka dengan membubuhkan tanda suka agar mereka makin dikenal? Gunakan 6Tag karya developer Windows Phone ternama Rudy Huyn. Aplikasi ini memiliki semua fitur Instagram dan bahkan lebih baik lagi karena kamu bebas mengunduh foto yang kamu inginkan dari Instagram.

6Tag

 

5. Penggemar The Voice

7 App Mendukung Komunitas7 App Mendukung Komunitas

The Voice merupakan acara reality show musik dengan format pelatihan bagi seorang penyanyi amatir yang terpilih oleh juri. Acara ini sempat dibuat versi Indonesianya oleh Indosiar dengan juri Sherina, Glenn Fredly, dan Armand Maulana. Meskipun musim berikutnya belum akan tayang, The Voice cukup popular terutama di Inggris Raya.

Jika kamu adalah penggemar The Voice, maka kamu bisa menggunakan app khusus The Voice pada Windows Phone untuk berinteraksi dengan reality show ini.

The Voice

 

6. Komunitas gamer Steam

7 App Mendukung Komunitas7 App Mendukung Komunitas

Bila kamu suka bermain Dota 2 online, maka kamu tidak asing lagi dengan Steam, “toko” penyedia berbagai game yang dapat diunduh, termasuk Dota 2 sebagai salah satu produk andalannya. Sesama pengguna Steam biasanya berkomunikasi melalui Steam chat untuk membahas fitur baru game, atau janjian bermain game bersama.

Baca juga:  Lumia Black untuk Nokia Lumia 920 dan 820 Dirilis untuk India dan Italy, Indonesia?

Meskipun masih belum ada Steam app chat official di Windows Phone, namun kamu dapat menggunakan aplikasi Chat for Steam yang cukup dapat diandalkan untuk mengelola kegiatan akun Steam kamu.

Chat for Steam

 

7. Kaskus yang (konon) merupakan Komunitas terbesar di Indonesia

7 App Mendukung Komunitas7 App Mendukung Komunitas

Era 2000-an, ketika format forum mulai popular di Indonesia setelah MiRC chat, Kaskus muncul sebagai salah satu kekuatan yang bertahan hingga sekarang. Kalau dulu Andrew Darwis, pemilik Kaskus harus keliling menghadiri setiap acara gathering untuk menunjukkan kepeduliannya pada forum ini, sekarang dia telah memiliki staff Humas yang dipastikan hadir setiap ada gathering Kaskus di daerah – Ini menunjukkan bahwa Kaskus boleh jadi memang salah satu yang terbesar di Indonesia untuk sebuah Forum online.

Kaskus memiliki aplikasi khusus untuk Windows Phone yang memudahkan kamu mengakses Kaskus, melakukan posting, menembakkan reputasi, dan membaca PM/VM. Meskipun masih ada beberapa bug dan kekurangan, namun aplikasi ini cukup membantu bagi para Kaskuser pengguna Windows Phone!

Kaskus

 

Nah, demikianlah berbagai apps Windows Phone yang mendukung kamu jika kamu bergabung dengan komunitas spesifik tertentu. Beberapa aplikasi memang secara khusus dijadikan “rumah” oleh komunitas tertentu supaya lebih mudah untuk saling koordinasi dan berbagi informasi. Menurut kamu, komunitas apa lagikah yang mendapat dukungan aplikasi tertentu di Windows Phone secara khusus? Bagikan pendapatmu di kolom komentar berikut.

Penulis Winpoin yang paling sering minta dimaklumi kalau lagi lama nggak nulis | Dengan senang hati menjawab pertanyaan seputar Windows Phone lewat akun Twitter @kikisidharta
  • Ojo Nessu

    ooo…
    da steam d wp y…
    cba dlu ah…

    • Yang itu buat chatnya aja, dan setelah aku coba agak ‘buggy’ sih.. :(

      • Ojo Nessu

        iya trnyata cma chat…
        ga da ftur yg lain x…

  • Samuel Manjo

    Windows central dan winpoin

  • apa cuma ane yang di no. 3 wota Jkt 48.

    maksudnya Game SAO, wkwkwk…

  • Aisy Muhammad Rozsidhy

    Hm.. saya lebih suka maen ke Web Winpoin sama WindowsCentral..
    klo apps sih enggk terlalu..

    Mas Putu? komunitas codingnya ada enggk ya?? :3
    apalagi yg di Malang

    • kalo yang jelas sih ada di facebook..

      • Aisy Muhammad Rozsidhy

        hm mungkin klo apps kurang rame ya?? :(

  • Kog “Konon”?
    Bukannya gak bisa di pungkiri?

    • Hahaha… Iya deh.
      Cuma yang akrab dengan Kaskus sendiri suka pakai kata “konon” merujuk pada jumlah user tercatat yang jauh lebih bengkak dari jumlah aslinya. Satu orang di sana bisa pegang ribuan ID soalnya.

      • Owhh Prime >< Cloning ID
        iya sih aku megang 8 ID disana

        • Rasshid

          Banyak bener om wakakakak :v

  • Evlan Mars

    WinCentral coba support Indonesia language…..

  • Darul Ahmad Fachrozy

    Wincentral ama winpoin

  • KIRA KIRA KILLER

    Ini seriusan, yang nulis artikelnya wots .-. gue malah fokus saat dia bialang sisil masuk senbatsu

  • Ane mnding WinBeta dri pada windows central…
    Britanya lebih update..

  • Awit Yunismardani

    ketauan nih yg nulis artikel domisili di malang..
    ada foto japan culture daisuki yg kemaren di UMM dome..
    ahaha

    • Yup. Betul sekali. Dipotret dengan Lumia 535 :D

  • Budiです

    Ngga perlu buka linknya, dari spoiler aja udah ketawan kalo yg posting admin kiki

    • Zaman dulu Edo lebih sering nulis tentang JKT daripada dakuu… :(

  • Ivan Azzam

    Ohh user Ambrosiana om Kiki toh :D