7 Cara Mengoptimalkan Windows 7

7 Cara Mengoptimalkan Windows 7

0

mengoptimalkanwindows7_0

Banyak orang yang menggunakan Windows 7 tetapi tidak merawat software dan hardwarenya dengan baik. Tentunya itu dapat membuat perfoma Windows 7 menjadi lambat dan tidak jarang membuat sistem menjadi error. Nah diartikel kali ini WinPoin memberikan 5 Cara yang dapat kamu lakukan untuk mengoptimalkan Windows 7 sehingga kamu juga nyaman menggunakan Windows 7 itu sendiri.

 

Pastikan Spesifikasi PC Memenuhi Standar Kebutuhan Sistem

mengoptimalkanwindows7_1

Memastikan kamu memiliki spesifikasi hardware yang memenuhi standar kebutuhan sistem yang diperlukan Windows 7 sangatlah penting. Dengan spesifikasi yang sesuai dengan kebutuhan sistem, maka Windows 7 kamu akan berjalan dengan lebih optimal. Berikut ini adalah kebutuhan sistem Windows 7:

  • Prosesor 1 GHz atau yang lebih cepat, 32-bit (x86) atau 64-bit (x64).
  • 1 GB RAM (32-bit) atau 2 GB RAM (64-bit).
  • 16 GB space hardisk (32-bit) atau 20 GB (64-bit).
  • GPU yang support DirectX 9 dengan WDDM 1.0 atau yang lebih tinggi.
  • Kebutuhan sistem selengkapnya bisa dilihat di  Halaman Official Microsoft.

Dan seperti yang pernah kita bilang sebelumnya, meskipun kamu bisa menjalankan windows 7 dibawah standar kebutuhan sistem, Windows 7 kamu tidak akan bisa berjalan dengan performa yang optimal.

 

Install Driver yang Tepat dan Update dengan Rutin

Beberapa pengguna Windows tidak menginstall driver setelah melakukan install ulang. Meskipun seringkali sistem bisa berjalan dengan lancar karena Windows 7 telah dilengkapi dengan driver bawaan, tetapi kinerjanya tidak akan bisa maksimal. Untuk itu pastikan kamu mendownload dan menginstall driver hardware yang tepat, lalu rajin-rajinlah mengupdatenya.

Driver yang tepat dan up-to-date bakal meningkatkan performa Windows 7 secara signifikan.

 

Gunakan Software yang Sesuai dengan Spesifikasi PC

Selain memastikan PC kamu telah memenuhi standar kebutuhan sistem Windows 7, software yang kamu gunakan juga harus sesuai dengan spesifikasi PC yang kamu miliki. Jika kamu memaksa menggunakan software yang kebutuhan sistemnya lebih besar dari spesifikasi PC, hal itu bisa membuat sistem menjadi lemot. Jadi pastikan kamu memeriksa setiap software yang ingin kamu install, terutama software yang tergolong berat seperti Visual Studio, Adobe Photoshop, Game, dsb.

 

Menginstall Software Pendukung System

Memastikan setiap software pendukung system sudah terinstall juga sangat penting untuk akan memastikan sistem bisa berjalan dengan lancar saat digunakan. Beberapa software pendukung yang sebaiknya terinstall di PC kamu antara lain:

  1. Net Framework
  2. Direct X End-User Runtime : untuk Web Installer bisa Kunjungi Official Microsoft Download Center.
  3. Adobe Flash player : kunjungi Official Page Adobe.
  4. dan sebagainya

 

Membersihkan Temporary File Secara Teratur

mengoptimalkanwindows7_2

Banyaknya Temporary / junk file yang berada disystem membuat kapasitas hardisk menjadi berkurang dan itu juga akan membuat windows 7 menjadi lambat. Untuk itu kamu perlu melakukan penghapusan pada file-file yang tidak dibutuhkan oleh sistem (Baca : 4 Cara Untuk Melonggarkan Ruang Hardisk di Windows)

 

Gunakan Antivirus yang Up-to-Date

mengoptimalkanwindows7_3

Keamanan sistem memang sangat penting. Dengan lebih memperhatikan keamanan sistem kamu dapat mencegah Windows terinfeksi virus, malware, worm, trojan, dsb. Oleh karena itu sesering mungkinlah kamu mengupdate antivirus agar bisa mendeteksi berbagai virus terbaru. Bahkan sangat kita sarankan bagi kamu yang berlangganan internet untuk mengaktifkan fitur auto update di antivirus tersebut.

 

Update Windows 7 Secara Berkala

Microsoft secara rutin merilis patch untuk Windows 7 setiap hari selasa minggu kedua atau yang lebih dikenal dengan sebutan Patch Tuesday. Patch ini berisi berbagai perbaikan bugs maupun tambalan celah keamanan yang ditemukan di Windows 7. Dengan menginstall update Windows secara rutin, Windows 7 kamu bakal lebih bebas dari bugs dan aman dari berbagai serangan eksploit.

 

Nah itulah 5 Cara yang dapat kamu lakukan untuk mengoptimalkan windows 7. Jika kamu ingin membuat Windows 7 kamu lebih cepat lagi (Baca : Inilah 12 Cara Mempercepat Windows 7). Dan Jika ingin belajar lebih dalam tentang Windows bisa mengunjugi Forum WinPoin. Tetap terus ikut WinPoin untuk tutorial selanjutnya :D

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!
Microsoft Device and Windows beta enthusiast. akan merasa senang jika bisa saling bertukar knowledge tentang Windows dan Lumia, baik Melalui Forum atau Twitter. Bukan fanboy.