7 Fitur Windows 10 Anniversary Update Untuk Para Profesional IT

7 Fitur Windows 10 Anniversary Update Untuk Para Profesional IT

0

7 Fitur Windows 10 Anniversary Update Untuk Para Profesional IT

Windows 10 Anniversary Update membawa cukup banyak fitur baru lho. Bukan cuma fitur untuk para pengguna umum saja, tetapi untuk kamu para Profesional IT juga ada lho. Beberapa fitur ini hadir di pembaruan Anniversary Update yang dirilis beberapa waktu lalu. Nah, apa saja sih fitur-fitur tersebut?

Windows Information Protection (WIP)

WIP adalah fitur baru yang memungkinkan bisnis kemampuan untuk mengenkripsi data perusahaan yang diunduh ke perangkat para karyawannya. Dengan WIP, departemen IT bisa memblokir aplikasi yang disalin oleh karyawan. Jika karyawan mencoba menyalin sesuatu dari aplikasi enterprise ke aplikasi yang diblokir maka ia akan melihat notifikasi bahwa data yang ditransfer akan diamankan. Pengguna tentu bisa membuat silent permission dan melakukan override terhadap pembatasan tersebut dan tetap memberikan pesan peringatan kepada departemen IT.

Baca juga:  Rekor Baru: Build Windows Sudah Tembus 10000

Windows Mobile Device Management

Pengguna bisnis dapat melakukan sideload aplikasi dengan menggunakan kunci produk. Ini artinya, pegawai dengan akses terhadap kunci produk tersebut dapat mengunduh aplikasi ke perangkat Windows 10 yang disetujui tanpa pengawasan IT. Dengan demikian, proses sideload hanya bisa melalui app management control yang diatur oleh departemen IT. Jelas, ini sangat bermanfaat untuk para profesional IT.

Windows Defender

Windows defender juga penting ini buat profesional IT, meskipun juga penting untuk semua pengguna Windows 10. Windows defender yang pada awalnya hanya merupakan program pemindai Spyware sekarang sudah menjadi salah satu program keamanan yang bisa diperhitungkan. Yang terpenting dari itu semua adalah, Windows defender sudah terintegrasi dengan Windows 10 sehingga tidak perlu install apapun dan kinerjanya juga lebih maksimal.

Windows Hello for Business

Sudah pada tahu kan Windows Hello. Meskipun kebanyakan pada belum pernah coba (saya juga belum L), Windows Hello sangat penting juga lho. Namun dalam update Anniversary Update ini, Microsoft mengombinasikan Microsoft Passport dengan Windows Hello. Meskipun demikian, tidak ada perubahan nama sebenarnya meskipun kebanyakan jurnalis sering menyebutnya Windows Hello for Business.

Baca juga:  Cara Menyelaraskan Pengaturan di Semua Perangkat Windows

Remote Connect to Windows Azure Active Directory

Windows 10 sudah tersedia fitur sambungan remote ke Active Directory PC. Anniversary Update memberikan kemampuan untuk menyambungkan ke remote PC yang tergabung dengan Microsoft Azure Active Directory. Sambungan remote ke AD memungkinkan IT untuk mengakses PC dalam jaringan fisik. Dengan Microsoft Azure Active Directory, IT mampu menghubungkan secara remote ke PC apapun.

Shared PC Mode

Fitur ini memberikan kemampuan para Profesional IT untuk mengakses dari satu perangkat ke perangkat lainnya. Pengguna bisnis akan mampu untuk mengontrol bagaimana pengguna melakukan sign-in ke perangkat, siapa saja yang bisa membuat akun, bagaimana sebuah komputer sedang dalam keadaan maintenance, dan lain-lain. Fitur ini sangat cocok untuk pekerjaan seperti melacak persediaan atau riset tentang spesifikasi produk yang ada di sebuah perusahaan.

Baca juga:  Cara Mengaktifkan Akun Guest di Windows 10

Provisioning

Profesional IT sepertinya akan menyukai fitur ini. Daripada menginstall image baru ke setiap perangkat dalam rangka melakukan konfigurasi tertentu, di update Anniversary Update ini memungkinkan departemen IT untuk menentukan konfigurasi untuk setiap target perangkat. Satu konfigurasi untuk banyak perangkat yang digunakan. Sangat praktis daripada membuat konfigurasi masing2 perangkat. Misal jika ada 1000 perangkat, artinya harus melakukan 1000 kali konfigurasi. Dengan Anniversary Update, cukup satu konfigurasi dan bisa diterapkan ke semua perangkat.

Microsoft Student Partner. Bekerja sampingan sebagai penulis dan blogger. Menyukai Fotografi Mobile menggunakan Lumia dan iPhone. Penggemar Xbox Games khususnya Minecraft and HALO Series. Follow @ajisaputrars untuk berbincang-bincang #MiaSanMia