7 Langkah yang Sebaiknya Kamu Lakukan Setelah Membeli Windows Phone Baru (Untuk...

7 Langkah yang Sebaiknya Kamu Lakukan Setelah Membeli Windows Phone Baru (Untuk Pertama Kali)

71

Langkah membeli Windows Phone Baru

Apa yang akan dilakukan seseorang yang baru saja membeli Windows Phone? Teman saya yang manis heboh menyambut petugas JNE yang mengantarkan Lumia 730-nya dari salah satu Toko Online terkemuka, dengan brutal menjebol paket yang melapisi kirimannya, mengeluarkan perangkat Windows Phone tersebut sambil memuji-muji kecantikannya, jeprat jepret sebentar, upload ke Instagram, update status BBM macam “Paketan datang Cyin“, lalu dengan anggun menghampiri saya, dan dengan wajah polos bertanya, “Ini diapain dulu ya?”

Oke, saya yakin tidak semua sobat Winpoin sebingung teman saya ketika membeli perangkat Windows Phone baru, meskipun sebelumnya belum pernah memegang perangkat Windows Phone. Namun perlu diakui bahwa Windows Phone memiliki “karakteristik khas” yang berbeda dengan platform lain.

Kalau kamu bermain Dota, berusaha membeli Divine Rapier sejak awal permainan memang sah, dan mungkin berhasil – Tapi tentu saja akan sangat menyusahkan (dan membuat kita melalui saat-saat menyebalkan). Demikian juga dengan mengatur perangkat Windows Phone yang baru saja dibeli. Tanpa persiapan atau urutan langkah yang akan saya paparkan berikut ini pastilah akan tetap berhasil, hanya saja akan lebih mudah jika kamu meluangkan waktu mengikuti tahapan berikut. Hohoho…

 

1. Siapkan Koneksi Internet Stabil – WiFi Lebih Baik!

Membeli Windows Phone Baru

Banyak hal yang perlu kamu lakukan pada perangkat Windows Phone baru. Mendaftar akun Microsoft (jika belum punya) atau Login ke Akun Microsoft (jika sudah punya), login ke akun email, kemudian memasang berbagai aplikasi yang kamu perlukan untuk perangkat baru kamu, dan banyak lagi. Ini semua memerlukan koneksi internet yang stabil. Koneksi mobile, sebesar apa pun tidak menjanjikan kestabilan yang sama dengan WiFi. Oleh karena itu dalam hal ini WiFi lebih baik.

Bila kamu tidak memiliki koneksi internet rumah tangga yang memungkinkan kamu menggunakan WiFi, maka ada baiknya kamu mempertimbangkan solusi nongkrong di tempat yang memiliki WiFi dan tentu saja sambungan listrik untuk sekaligus melakukan charging pada ponsel kamu. Tidak ada bayangan tempat nongkrong? WiFi.ID atau Speedy merupakan solusi yang bagus. Kamu bisa nongkrong di WiFi hotspot yang menyediakan WiFi.ID atau sekalian mungkin nongkrong di Telkom demi kenyamanan mempersiapkan Windows Phone kamu. Hahaha…

Baca juga:  Sorry Guys..Pendaftaran VLC Beta Windows Phone Sudah Ditutup

 

2. Daftar Akun Microsoft – Lebih Dini Lebih Baik!

Langkah membeli Windows Phone Baru

Akun Microsoft mutlak dibutuhkan ketika kamu pertama kali menggunakan Windows Phone. Mengurusi registrasi akun di perangkat mobile berlayar 4″-5″ mungkin tidak akan begitu nyaman. Apalagi menggunakan keyboard touchscreen. Oleh karena itu, akan lebih nyaman bila kamu melakukan pendaftaran akun Microsoft terlebih dahulu melalui desktop atau browser. Ini akan menjadikan kamu lebih mudah saat mendaftar, kemudian ketika perangkat Windows Phone kamu akan digunakan, kamu tinggal Sign-in pada perangkat tersebut.

 

3. Sinkronkan Kontak – Perhatikan Ponsel Kamu Sebelumnya

Langkah membeli Windows Phone Baru

Tentu saja kamu tidak ingin kehilangan kontak di perangkat baru kamu ini. Namun menyelaraskan atau sync kontak di Windows Phone sedikit tricky bila sebelumnya kamu belum pernah menggunakan perangkat Windows Phone.

Untuk kamu yang sudah berpengalaman, pasti paham bahwa aplikasi “Transfer My Data” yang seharusnya berfungsi untuk memindahkan kontak antar ponsel lewat Bluetooth kurang dapat diandalkan untuk perangkat modern. Menurut pengalaman saya, aplikasi ini cukup baik memindahkan data dari ponsel Symbian lama, namun buruk sekali bila memindahkan data dari Android, apalagi iPhone (yang jelas tidak mau berbagi Bluetooth). Apalagi jika dihadapkan dengan ponsel lama tanpa Bluetooth.

Trik yang paling bagus adalah, jika kamu menggunakan perangkat ponsel fitur tanpa Bluetooth adalah dengan memindahkan semua kontak kamu ke Kartu SIM. Bila cukup, maka ketika sudah memasang SIM card ke Windows Phone, maka kamu tinggal membuka aplikasi “People” > Setting, lalu pilih “import from SIM”. Cara yang mungkin agak ribet adalah satu per satu mendaftarkan kontak kamu ke akun Outlook. Ini mungkin lama, tapi hasilnya permanen.

Untuk Android, ini lebih mudah. Kamu tinggal menyinkronkan kontak kamu di perangkat Android ke akun Gmail kamu. Lalu di perangkat Lumia, bersamaan dengan kamu memasukkan akun Email Google, maka semua kontakmu juga akan tersinkron.

Sedangkan bila kamu berpindah dari perangkat iOS, maka kamu dapat memasukkan Email Cloud ke perangkat Lumia di Setting > email+accounts, lalu pilih “add an account” dan masukkan akun iCloud kamu. Secara otomatis, kontak kamu dari iPhone akan tersinkronisasi dengan Lumia.

Baca juga:  Cara 'Menendang' Penyusup yang Terhubung ke Koneksi Kita

Cukup mudah bukan?

 

4. Masukkan Semua Akun Email Kamu – Perhatikan Pengaturan Detailnya!

Langkah membeli Windows Phone Baru

Email adalah salah satu fitur yang paling dicari ketika menggunakan smartphone. Oleh karena itu pastikan kamu memasukkan semua akun Email kamu  dengan mengetuk Setting > email+accounts, lalu pilih “add an account”.

Upaya lebih lanjut untuk mengelola emailmu, kamu bisa membukanya satu per satu, dan melakukan pengaturan di bagian setting email. Sebisa mungkin kamu memilih opsi “as item arrive” dalam opsi “Download new email” di Global Setting pengaturan Email. Ini akan memungkinkan email tiba lebih cepat untuk kamu tindaklanjuti.

 

5. Download Aplikasi – Apa yang Paling Penting untuk Kamu?

Langkah membeli Windows Phone Baru

Meskipun dikatakan “menderita” app gap (selisih aplikasi dengan iOS dan Android), pada kenyataannya hampir semua aplikasi populer sudah ada di perangkat Windows Phone. Pasang aplikasi yang kamu inginkan. Bila bingung, maka utamakan layanan dasar Microsoft yang bermanfaat bagi kamu serta perusahaan pendukung Windows Phone seperti HERE dengan produk HERE Maps dan HERE Drive-nya yang melegenda.

Windows Phone memiliki perhatian lebih terhadap aplikasi kamera, sehingga kamu bisa memilih sistem kamera yang paling cocok dengan kamu. Meskipun demikian, kamu hanya dapat memilih meluncurkan dua macam kamera dari tombol shutter, yaitu Lumia Camera dan Microsoft Camera. Ini bisa kamu atur dari Setting, sapukan jari ke kiri untuk mendapatkan “applications”, lalu pilih “photos+camera”. Pada “Default Camera app”, kamu bisa memilih mana di antara dua kamera utama tersebut yang ingin dijadikan default.

 

6. Personalisasi – Karena Kamu Unik dan Tiada Dua!

Langkah Membeli Windows Phone Baru

Kalau semua aplikasi yang kamu inginkan sudah terpasang, maka saatnya melakukan personalisasi. Seperti yang kamu ketahui, Live Tile di start screen dapat diubah ukurannya. Jika kamu ingin mengubah ukuran standar dari dua tile persegi, buka Setting > Start+Theme, lalu aktifkan “Show More Tiles” di bagian bawah. Ini menjadikan start screen kamu bisa memasang tiga tile persegi. Atur agar kamu mudah menjangkau aplikasi yang paling sering kamu gunakan.

Baca juga:  Windows Phone Mengalahkan iOS di Negara Berkembang

Kelebihan Windows Phone adalah memungkinkan kamu memiliki ponsel yang “khas” dengan karakteristik kamu sendiri. Kamu bisa menempatkan gambar favorit kamu, mengubah warna tema sesuka hati, dan mengatur tile agar indah di mata kamu. Bila kamu adalah orang yang hobi meluangkan waktu mengatur tile sekeren mungkin, kamu bisa menggunakan aplikasi #TileArt.

 

 

7. Charging Awal – Bagaimana Seharusnya?

Langkah Membeli Windows Phone Baru

Sering terjadi perdebatan tentang bagaimana merawat baterai Li-Ion yang merupakan standar umum perangkat Windows Phone. Namun dari hasil penelitian yang saya baca, Baterai Li-ion sudah tidak seperti baterai generasi sebelumnya, sehingga tidak memerlukan charging dalam jangka waktu lama (hingga 8 jam) untuk mendapatkan trickle charge, yaitu memulihkan sel baterai dalam charging. Selain itu, Baterai Li-ion juga tidak memiliki memori seperti generasi sebelumnya sehingga kamu dapat melakukan charging meskipun baterai belum habis. Jangan lupa, sebisa mungkin kamu melakukan charging hingga baterai penuh (100%).

Meskipun demikian, disarankan agar melakukan charging ketika baterai sudah rendah (standar pada Lumia adalah pada 20%) agar tidak mempersering siklus charging yang dikhawatirkan memperpendek usia baterai.

Diagram di atas menunjukkan bahwa Baterai Li-ion memiliki empat tahap dengan masukan arus yang berbeda ketika proses charging, dan pada tahap terakhir, yaitu sekitar setelah 3,5 jam, maka baterai akan memutus arus atau memperkecilnya di jumlah terendah untuk menghindari panas berlebih di transistor akibat arus listrik.

Kabar gembiranya, Windows Phone merupakan OS yang mengelola baterai dengan sangat baik, sehingga ponsel Windows Phone dengan kapasitas baterai yang sama sudah pasti lebih hemat dibandingkan ‘rekan’-nya yang ber-OS Android dan iOS. Ini bahkan terbukti ketika HTC merilis HTC M8 for Windows. Dibandingkan dengan HTC M8 yang ber-OS Android, baterai pada M8 for Windows lebih awet hingga 1,5 kalinya. Angka yang cukup luar biasa!

 

Nah, itulah hal-hal mendasar yang perlu kamu perhatikan ketika baru saja memiliki perangkat Windows Phone. Hindarkan kebingungan dan terapkan perlakuan yang tepat pada ponsel baru kamu dengan memperhatikan tips dari artikel ini. Kamu punya tips tambahan? Silakan sumbangkan pendapat kamu di kolom komentar.

Penulis Winpoin yang paling sering minta dimaklumi kalau lagi lama nggak nulis | Dengan senang hati menjawab pertanyaan seputar Windows Phone lewat akun Twitter @kikisidharta
  • Mochammad Reza

    WP itu,OS terhemat baterai nya,paling cepet ane pemakaian sekitar 10jam buat full browsing,game,sosmed,WA,BBM,kalo jarang bisa 15jam lebih bahkan 20jam an kalo maen game nya sebentar

    • Android di Sony 2 hari malah

      • Adii Adjji

        Percaya gn kalau baterainya di atas 3000mah :P

      • specs baterai nya emang serem om. 3200 mAh :v

      • YanDhika

        kapasitas battery’nya beda cuk

      • 15*uhuuk*20*uhuuuk*

      • Mochammad Reza

        Bomat android mah,disini yg di omongin WP

        • kok ketus gitu ya

          • Rasshid

            soalnya kadang ada member yg sensi kalo ada orang yg bahas Andro disini.. Kayak kemaren, ato tadi ada yg namanya om Rendi, itu njelek-njelekin WP. Sabar aja mas, maklumin aja, ini forum WP soalnya hehehe

          • Saya gak pernah bermaksud komparasi di sini, saya cuma berbagi ilmu, android Sony bahkan 2 hari (ini ekspresi takjub saya) ya memang kapasitasnya 3000 lebih, apalagi Android yang dipakai, itu kan banyak aplikasi kecil2 yang berjalan di background…tapi bisa diolah sama Sony terus juga baterainya memang gede. Setimpal sama Lumia yang di jelaskan di WP ini. Saya pengguna WIndows kok jadi gak usah kita iri-iri, semuanya berteman kan mas :)

          • Rasshid

            Makanya :) Eh itu 3000 mah? Ya pantes :v

    • Arie

      Lumia type berapa, punyaku Lumia 920 borossssss

      • Punyaku Lumia 730 om, cukup awet utk browsing / streaming tiap hari (seringnya nonton youtube sambil tiduran,,xixix)

        Mungkin terasa boros karena Lumia 920 masih pake baterai 2000 mAh, sedangkan Lumia 730 ku dah pake 2200 mAh

        Mirip2 sama Lumia 535 ku yang baterai nya malah cuman 1905 mAh

        Tapi selain besar kapasitas, umur dan kondisi baterai juga menentukan om

    • zaidan

      Ane pake 535 boros bgt. .._.

  • YanDhika

    kelebihan WP
    1. hemat battery
    2. lebih baik untuk produktivity
    3. bisa jalan di ram 512MB

    • Arie

      punyaku boros, Lumia 920 Denim

      • YanDhika

        ada 3 kemungkinan
        1. bug denim
        2. kamu pakainya nggak bener
        3. faktor face

        • Mochammad Reza

          Bener itu,ane L730

        • Ferdi Royen

          mungkin kemungkinan yg ke-3 :v

        • Arie

          face ?

    • Mochammad Reza

      Bener banget gan,hemat baterai banget

    • Redi

      Tergantung kebutuhan gan.. Klo pke sosmed sering kaya ane.. Sehari bisa 2x charge

  • Ahmad Rifqi

    entah kenapa di nomor 6. “Personalisasi” ana liatnya ke Mitsuki terus :v

    mungkin emang cuma ana :v

    • bagus

      bukan cuma anta (arabic) :v
      ane juga.

    • Ituuuu…

      • Ahmad Rifqi

        mengerikan :O

        • I-itu nggak aneh kan?
          Ba-banyak orang yang juga bicara sama barang-barangnya kan?

          • aku punya motor satria kunamai Satriyo Wicaksono :v
            PC ku ini kunamai si mbah karena tua :v
            dan akhirnya si laptop kunamai lemmi karena lemot :v

            aduh.. :v

          • Wakakaka.. Nah itu dia. Pasti kalo barangnya lagi bermasalah diajak ngomong juga dan ajaibnya kadang sembuh

          • Ahmad Rifqi

            emh bukan mengerikan maksudku, tapi “sugoiiiii …..”

      • RiDho Ahmad

        milik ane Ai-chan & Yuu-chan :3

        • Baguuus..

          • RiDho Ahmad

            :D hehe.. ( hoho :v )

        • Budiです

          “Tetaplah di jalan setan anak-anak” – Mermaidman

          • RiDho Ahmad

            :v

      • Maududi Azhar

        skarang wp10 preview L520 ane backgroundnya pake mitsuki juga om hehe

        • Waah.. Cantik.

          • Maududi Azhar

            oke om makasih infonya saya tunggu movie terbaru dari kyoukai no kanata musim panas tahun ini

    • Maududi Azhar

      enggak cuma nte gan sama ane juga

  • ryanmorre

    Mau tanya ni.. Kalo ganti akun microsoft caranya gimana?

    • Hard reset

    • imien alexander

      buka internet explorer,,trus masukan ke alamat windows phone trus paling kanan pojok atas klik gambar gear,,trus acount trus pilih alis nah tinggal tambah kan acoun microsoft trus ok.,tinggal set sebagai acount utama deh trus syncron….

    • Utk saat ini kl ganti harus hard reset dulu om, install ulang dari awal
      Tapi di Windows 10 nanti udah enggak, mending nunggu Windows 10 nya daripada melakukan hard reset ilang semua :D

      • ryanmorre

        Sbenarnya gak mau ganti akun.. Tapi L520 yang lg di pake skarang ni.. Gak ada warnanya, juga start background gak muncul, jd smua aplikasi munculnya black. D lockscreen jg gtu.. Ad cara perbaiki gak?

        • kl masalahnya cukup banyak paling enak ya soft reset / hard reset itu om solusinya

          • ryanmorre

            Cman d startbackground.. Kalo soft reset gmn caranya?
            Saya cman malasnya harus update ulang.. Disini wifi lemot.. Kalo update aj di bela2in gak tidur ampe pagi.

          • Soft Reset di Settings > About > Reset Your Phone
            Jangan lupa contact2 dll yang penting dibackup dulu, in case terjadi sesuatu yang diluar dugaan :D

  • Budiです

    Dan ini semakin membuatku bingung ketika ada dana nanti, beli ponsel ber-OS sejuta umat atau pengen sok antimainstream dgn make WP. :

    • beli sesuai kebutuhan aja om, gak perlu bingung :v

    • Kalau menurut pengalamanku, daripada Android murah, mending WP murah. Kalau modal agak besar, baru Android.

      Untuk kerja iOS malah gak disarankan karena terlalu banyak batasan.

    • RiDho Ahmad

      jangan ragu .. windows phone aja bang ;D

    • jaka adi

      Wp aja om… Nyentrik.. Tampil beda.. Enak kalau pa nongkrong bareng, hp nya beda sendiri..
      Wus wus juga..

      • Budiです

        Bener juga sih, saya juga jadi suka WP karena liat temen kelasan ada yang make. Simple UI-nya itu jadi nilai plus sekaligus minus, enak ngga ribet tapi bikin bosen juga karena ngga bisa diutak-atik lebih mendalam.

    • Rasshid

      Why not both.. Beli Android, sama beli WP juga :v Ato punya laptop/PC Intel? Daripada beli Android minimal sejuta, beli aja AmiDUOS, walau masih JB/Kitkat, tapi tetep aja murah dan bagus :v Gak sampai 200 ribu :v

      • Budiです

        beliin gan :v

  • Matsudara Adachi

    anime :D

  • RiDho Ahmad

    pertama beli ane sama bahagianya kayak temen yg ditulis admin :v , waktu itu ane udah g bingung ama windowsphone walau pertama jumpa karena udah liat2 infonya duluan. ternyata akun microsoft yg udah lama dibikin ternyata diperlukan :D

  • Randy Sugandroid

    Ribet juga ya pake WP, untung gue pake Android
    Habis beli tinggal pake gak usah ribet-ribet macam begitu

    • jaka adi

      Hape second ya om? Kok Tinggal pake.. Gag pakai masukin account google segala..

    • randhika1991

      Sama aja… pas di awal2 diminta buat account atau kalau udah punya account, diminta login.

    • Bill Jobs

      Iya, isi yang banyak tuh Baidu, Mobogenie, Clean Master, sama aplikasi sampah itu ya.. :v

      Dijamin, LAG GILA, kayak RANDY SUGILA :v

    • Ida Bagus Anom Sanjaya

      Pake Andro juga 70% paten dari MS, coeg!! malah banyak dilanggarin Andronya.. fuck

  • Jali Dkc

    Kata” ini yang saya selalu pegang “Meskipun demikian, disarankan agar melakukan charging ketika baterai sudah rendah (standar pada Lumia adalah pada 20%) agar tidak mempersering siklus charging yang dikhawatirkan memperpendek usia baterai.”
    Sebisa mungkin saya mengurangi siklus charging, jaga-jaga jikalau mengurangi usia baterai itu sendiri.

    Kemudian saya yakin sekali bahwa, OS sebelah memang lebih boros dari pada OS Windows ini. Karema OS ini bisa dibilang sangat ringan, sehingga mengurangi konsumsi Baterai.

  • Redi

    .. siapa tau ada yg butuh..

    for sell hardcase lumia 730ds, lumia 535 ds.. softcase lumia 435ds,, backdoor lumia 730ds

    line :: iredi03