7 Pengumuman Penting di BUILD 2016 yang Menarik untuk Kamu Ketahui

7 Pengumuman Penting di BUILD 2016 yang Menarik untuk Kamu Ketahui

0

7 Pengumuman Penting di BUILD 2016 yang Menarik untuk Kamu Ketahui

Event besar tahunan Microsoft, BUILD 2016, sudah digelar sejak tengah malam tadi. Dan seperti biasa ada banyak sekali hal baru yang diumumkan oleh Microsoft.

Dari sekian banyak pengumuman di event BUILD 2016 tadi, berikut ini adalah 7 pengumuman paling penting yang menarik untuk kamu ketahui:

 

Windows 10 Anniversary Update Dirilis Musim Panas Ini

Windows 10 Redstone, atau yang kini disebut Microsoft sebagai Windows 10 Anniversary Update, bakal dirilis pada musim panas waktu setempat, yaitu sekitar bulan Juni – September 2016.

Namun mengingat namanya yang Anniversary Update, ada kemungkinan perilisannya bakal dilakukan pada bulan Juli 2016, persis setahun sejak perilisan pertama Windows 10 lalu.

Windows 10 Anniversary Update ini dirilis gratis bagi semua pengguna Windows 10, dan akan berisi banyak sekali perubahan didalamnya.

Dari sisi developer, akan ada pengembangan kemampuan di Universal Windows Platform (UWP), dimana developer bisa memanfaatkan biometric authentication (Windows Hello) di berbagai apps.

Login Windows Hello ini juga akan ditanamkan di browser Microsoft Edge, misalnya saja login ke website hanya menggunakan fingerprint di sebelah trackpad.

Dan fitur yang cukup hot adalah bakal ditambahkannya Bash Shell (Linux Terminal) ke dalam Windows.

 

Microsoft Bot Framework

Microsoft mulai fokus ke dalam pengembangan BOT dan memberikan akses kecerdasan Cortana kepada developer untuk digunakan di berbagai aplikasi mereka.

Nantinya Bot bisa digunakan dengan mudah di berbagai aplikasi chat seperti Skype, Slack, atau apapun. Microsoft bahkan kemarin mencontohkan bagaimana mudahnya menggunakan bot pemesanan Domino’s Pizza menggunakan Microsoft tools.

Baca juga:  Hingga 2017, Bakal Ada Empat Perangkat Surface Baru?

Semua ini bisa terjadi karena Cortana Intelligence Suite yang berisi Microsoft Bot Framework. Teknologi ini memungkinkan developer untuk memanfaatkan kecerdasan Cortana di aplikasi mereka, dengan ketersediaan 22 API hingga saat ini.

Nantinya berbagai layanan chat support, reservasi hotel / restoran / dsb, bisa memanfaatkan Bot ini untuk menjawab berbagai pertanyaan user.

 

Cortana Semakin Cerdas

Di Windows 10 Anniversary Update nanti Cortana bakal dibuat semakin cerdas, dengan pemahaman baru terhadap waktu.

Cortana akan mengenali file dokumen yang baru kamu kerjakan tadi malam, atau toko online yang kamu buka tahun lalu. Memudahkan kamu menemukan berbagai hal dari aktivitas yang sudah kamu lakukan sebelumnya.

Cortana nantinya juga bisa membuat jadwal pertemuan berdasarkan email atau sms yang kamu terima.

Dan tentu saja seperti yang sudah kita jelaskan sebelumnya, developer bisa menggunakan otak Cortana di aplikasi yang mereka buat melalui Cortana Intelligence Suite.

Cortana juga bisa berinteraksi dengan Bot lainnya. Misalnya saja ketika melakukan pemesanan hotel, Bot pemesanan hotel tersebut meminta data alamat lengkap. Cortana akan memberikan data itu ke Bot reservasi hotel tersebut, beserta data-data lain yang diperlukan.

Jadi kedepannya bot bisa berinterksi dengan sesama bot, dan Cortana bisa ikut berinteraksi didalamnya, ataupun menjadi perantaranya.

 

Windows Ink – Menggambar Dimanapun

Ini adalah salah satu fitur keren di Windows 10, dimana selain bisa meningkatkan produktivitas juga pasti bakal disukai oleh developer.

Baca juga:  Dapatkan Gratis Enpass Password Manager untuk Windows Phone

Dengan fitur ini Windows 10 berfungsi seperti Ink Workspace, dimana dengan Pen stylus kamu bisa corat-coret di berbagai aplikasi.

Misalkan saja di Sticky Notes kamu menulis jadwal, maka Cortana bisa membuatkan reminder untuk jadwal tulisan tangan kamu tersebut.

Hal keren lainnya adalah kamu bisa menggunakan Windows 10 layaknya buku gambar. Ada penggaris digital yang bisa kamu putar dan geser sesuka hati, lalu kamu gunakan untuk menggaris dengan Pen stylus.

Meskipun ini hanyalah penggaris virtual, tetapi benar-benar berfungsi baik saat digunakan dengan Pen stylus di Windows 10.

Windows Ink ini bisa digunakan di hampir semua elemen Windows 10, mulai dari Office, Sticky Notes, browser, dsb.

Adobe bahkan juga merilis aplikasinya dengan support terhadap Windows Ink ini.

 

The New Universal Windows Platform (UWP) Apps

Facebook, Instagram, Twitter sebelumnya sudah berkomitmen akan merilis UWP apps. Namun nama besar lain tidak ingin juga ketinggalan. Starbucks, Vine, Uber, WWE, dsb.

Boeing bahkan juga ikut bergabung, dimana Microsoft memamerkan Electronic Flight Bag, aplikasi yang memungkinkan pilot untuk mengetahui berbagai informasi yang mereka perlukan saat terbang.’

Namun demikian pengumuman terbesar dan terpenting seputar UWP ini adalah disediakannya dekstop tool oleh Microsoft agar developer bisa mengconvert aplikasi mereka ke UWP dengan mudah. Tools ini diklaim bisa digunakan di hampir semua aplikasi, lebih dari 16 juta aplikasi yang ada saat ini.

 

Linux Terminal Hadir di Windows

Bash Shell (Linux Command Line bakal) bakal dihadirkan ke Windows. Native Ubuntu binary bahkan juga bisa berjalan di Windows. Untuk mewujudkan ini Microsoft telah bekerja sama dengan Canonical, perusahaan dibalik distro Linux populer Ubuntu.

Baca juga:  Minggu Ini, Cumulative Update untuk Windows 10 PC dan Mobile Dirilis?

Bagi kamu yang belum tahu, Bash merupakan kependekan dari Bourne Again Shell, dimana developer nantinya bisa membuka terminal di Windows dan mengetikkan command yang biasa mereka pakai di Linux.

Sebelumnya developer menggunakan third party tools untuk melakukan ini, tetapi sekarang fitur tersebut tersedia secara built-in.

 

HoloLens Tersedia Bagi Developer

Setelah cukup lama berada dalam fase pengembangan, akhirnya Microsoft mengumumkan bahwa HoloLens kini sudah dirilis dan tersedia bagi developer.

Disana mereka mendemokan sekali lagi bagaimana HoloLens bakal mengubah cara belajar dan berkomunikasi dengan 3D holographic.

Tidak hanya itu, HoloLens ternyat juga banyak bermanfaat bagi perkembangan pengetahuan melalui pemanfaatannya oleh NASA, ataupun engineer lain dalam berbagai keperluan.

Microsoft juga mengumumkan bahwa Galaxy Explorer, aplikasi holografis yang memungkinkan kamu melihat planet-planet dalam galaksi secara lebih nyata, source code nya tersedia di Github untuk diakses semua orang.

 

Itulah 7 pengumuman penting di event BUILD 2016 hari pertama kemarin. Tentu saja pengumuman penting lainnya bakal terus bertambah seiring dengan dimulainya keynote-keynote lain hingga 1 April 2016 besok.

NB: BUILD 2016 bisa kamu tonton secara live streaming di WinPoin.

Bagaimana menurut kamu inovasi yang dilakukan Microsoft sepanjang tahun ini?

Bagikan pendapat kamu disini.

Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.