7 Tanda Bahwa Kamu Adalah Pengguna Windows Sejati

7 Tanda Bahwa Kamu Adalah Pengguna Windows Sejati

9

7 Tanda Bahwa Kamu Adalah Pengguna Windows Sejati

Tidak terduga, umur Windows telah mencapai dua dekade mungkin lebih dan bisa jadi lebih tua dari pada kamu. Ditemukan pada tahun 1985, sistem operasi terpopuler ini telah banyak melewati evolusi sejak saat itu.

Ini adalah salah satu sistem operasi yang banyak digunakan saat ini dan kemungkinan kamu menggunakannya sejak versi pertama dirilis. Windows mungkin sudah berubah banyak dari versi pertama sampai sekarang, tapi beberapa elemen dasarnya masih tetap melekat sampai sekarang.

Jika kamu pengguna Windows sejati, pasti kamu tahu tentang hal-hal yang akan WinPoin tuliskan ini. Atau jika kamu tidak mengetahui hal-hal apa yang perlu diketahui seorang pengguna Windows sejati, ini dia yang harus kamu tahu. Artikel ini berisikan fitur lama yang dihilangkan, fitur baru, dan masih banyak lagi.

 

Kamu Main 3D Pinball: Space Cadet

Sejak Windows dirilis, game telah hadir secara built-in. Kita semua tahu tentang Minesweeper dan Solitaire, bahkan kamu juga sering memainkannya. Tapi apakah kamu tahu dan memainkan game pinball di Windows? 3D Pinball: Space Cadet pertama kali dimasukan di Microsoft Plus! 95 (dengan tambahan software) dan kemudian dimasukan ke dalam sistem operasi NT 4.0.

7 Tanda Bahwa Kamu Adalah Pengguna Windows Sejati

Game ini menawarkan mode pinball single, desain ungu biru yang fancy, dimana pemain bisa menggunakan dua flipper agar pemainan tidak usai dengan cepat. Dengan begini kamu akan mendapatkan banyak poin dan menempati urutan pertama di leaderboard. Meskipun game ini offline, tapi tak kalah seru. Terkadang kamu mencoba untuk mengalahkan diri sendiri dengan menempatkan score terbaru di leaderboard.

Sayangnya, 3D Pinball terakhir disertakan untuk Windows XP, tidak muncul di Windows Vista dan Windows versi terbaru. Diduga ini karena masalah hukum, karena game ini dikembangkan oleh perusahaan luar yang disebut Cinematronics.

 

Mengetahui Berbagai Start Menu

Kembali ketika Windows 95 dirilis pada tahun 1995, Microsoft juga merilis video yang dibintangi Jennifer Aniston dan Matthew Perry karena mereka bertemu dengan hal baru dalam dunia teknologi. Sepertinya kamu bisa menebak, video ini mungkin terlihat usang buat kamu, tapi patut untuk kamu tonton.

Windows 95 pertama kalinya membawa Start button dan taskbar yang sekarang telah populer. Sekarang tampaknya aneh untuk berpikir jika ini dijadikan fitur baru, namun sebelumnya sekelompok program bisa kamu temukan di Program Manager. Menu baru di 95 memungkinkan kamu untuk membuka program, folder dan fungsi lain seperti pencarian dan shutting down.

Dilema di Windows 8 ketika Start Menu digantikan dengan Start Screen, dimana sebuah halaman menampilkan aplikasi secara penuh. Setelah banyak komentar negatif yang mengalir ke telinga Microsoft tentang hal ini, mereka mencoba mengembalikan seperti semula. Windows 8.1 kembali memiliki Start Menu yang masih belum memuaskan dan akhirnya Windows 10 menghadirkannya kembali seperti semula. (Baca: 5 Aplikasi untuk Mengembalikan Start Menu di Windows 8.1)

 

Tahu Tentang Genius

Ketika kamu sedang menulis surat, kamu akan dibantu dengan Clippy (meskipun sebagian besar orang menganggap fitur ini mengganggu) virtual assistant akan menawarkan tips di Office, sebuah package software yang baru saja merayakan ulang tahunnya ke-25. (Baca: 20 Fakta Sejarah Penting Microsoft Office yang Sebaiknya Kamu Ketahui)

Namun tahukah kamu kalau karakter Clippy bisa digantikan dengan karakter lain? Saran yang diberikan tetap sama, tapi kamu bisa melihat virtual assistant dengan tampilan berbeda seperti robot, anjing superhero, dan genius (karakter yang mirip dengan Albert Einstein).

7 Tanda Bahwa Kamu Adalah Pengguna Windows Sejati

Karakter akan berubah tergantung pada versi Office apa yang kamu gunakan, Genius hadir di Office 97, dan beberapa karakter dihapus digantikan dengan yang baru. Sayangnya Clippy dan teman-temannya telah lama hilang dari Windows.

 

Kamu Akan Ingat Untuk Apa Drive A dan B

Apa kamu pernah bertanya-tanya kenapa C merupakan drive default untuk menyimpan data di komputer saat ini?? Bagaimana dengan drive A dan B? Untuk kamu yang telah menggunakan komputer dengan sangat lama, drive A digunakan pertama kali untuk floppy disk. Sedangkan untuk drive B digunakan ketika orang-orang yang memiliki uang berlebih memiliki dua floppy drive. Hardware motherboard telah dibuat built-in mendukung dua floppy drive, sehingga drive lain yaitu C sekarang melekat erat dengan sistem.

7 Tanda Bahwa Kamu Adalah Pengguna Windows Sejati

Drive A dan B tidak reassignable karena itu tidak begitu penting. Kebanyakan software seperti BIOS telah dikembangkan dengan data akan di drive C. Tentu saja sekarang itu telah berubah, Windows bisa membiarkan kamu untuk menetapkan drive A dan B sebagai volume, tapi tetap saja itu tidak bisa menangani booting. (Baca: Komputer Restart Tanpa Peringatan?? Ini Dia Cara Memperbaikinya..)

 

Menutupi Satu Window dengan Window Lain

Versi pertama dari Windows menggunakan tiling windows manager. Yang berarti kamu tidak bisa menutupi satu window dengan window lain, mereka semua harus ditempatkan disisi lain dan tidak saling menutupi. Hal ini berubah dengan Windows 2 yang mengimplementasikan stacking window manager. Ini merupakan sesuatu yang biasa untuk sekarang, tapi sebenarnya ini adalah ide inovatif.

7 Tanda Bahwa Kamu Adalah Pengguna Windows Sejati

Meskipun ini tampak sederhana, tapi proses stacking telah ditingkat dari waktu ke waktu. Mungkin kamu melihat bug dari Windows versi awal seperti XP dimana jika window stop responding dan kamu drag maka akan meninggalkan bekas di belakang. Hal ini karena stacking manager tidak dapat redraw window dan menunjukan apa yang perlu ditampilkan.

 

Kamu Tahu Cara-Cara Membuka Task Manager

Task Manager pertama kali muncul di Windows NT 4.0. Program disebut dengan task dan menampilkan program yang sedang berjalan, sementara manager berarti menerapkan fitur yang canggih.

Task Manager telah menjadi fitur lama di Windows, tapi apakah kamu tahu cara membukanya? Banyak metode yang dikenalkan untuk membuka Task Manager dan saat ada Windows 8 ada lebih banyak cara lagi. Berikut cara membuka task manager yang ada sampai saat ini:

  • Ctrl + Shift + Esc
  • Ctrl + A + Del dan pilih Task Manager
  • Klik kanan pada area kosong taskbar dan pilih Task Manager
  • Win + R dan ketikkan taskmgr
  • Di Windows 8 tekan Win + X dan pilih Task Manager

 

Kamu Telah Mendengarkan Semua Melihat Startup

Mungkin kamu penasaran dengan tampilan semua versi Windows Startup bahkan suaranya juga. Sementara itu saat ini mungkin Windows Startup tidak berpengaruh karena waktu booting telah meningkat dan semakin cepat. Tapi kamu pasti masih melihatnya ketika menyalakan komputer.

Brian Eno dianggap sebagai inovator dalam musiknya dan dia dibayar $35.000 atau sekitar Rp 370 juta untuk membuat suara startup Windows 95 yang berlangsung kurang lebih dari 3 detik. Buat kamu yang tertarik dengan semua startup Windows, kamu bisa memainkan video di atas.

 

Jadi Apa yang Kamu Ingat??

Apa kamu sudah menggunakan Windows untuk waktu yang lama? Jadi bagian sejarah Windows mana yang kamu ketahui? Kamu bisa memberitahukannya di kolom komentar di bawah ini.

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!
Suka ngobrolin berbagai hal tentang teknologi. Dia hampir tidak pernah bisa tenang sebelum mengetahui kabar teknologi paling gress saat ini.
  • Agil Faisal R.

    ya ketauan dehhh ….

  • yocktan

    Buat Veteran Windows nih, Min :
    – hobi main game Reversi/Minesweeper
    – bisa pake MS-DOS
    – tau program manager (jaman sebelum Start Menu/Windows 95)
    – pernah memiliki atau setidaknya mengidamkan PocketPC
    – tau bug di Windows jadul yang ga bisa rename file dengan kata/karakter tertentu
    – tau anehnya kenapa CTRL + F di Outlook adalah shortcut Forward, bukannya shortcut Find.
    – tau Easter Eggs di Windows jadul
    – tau fungsi tombol keyboard F1-F12, Pause/Break, Alt, dll.
    – (tambah lagi, Min)

    • burakakak..itu bener2 veteran jaman perang dunia om :v

  • AiZU

    kok 2 abad @,@

  • goendoel

    2 dekade mungkin/dasawarsa, kalo 2 abad lalu keknya belom ada kompi ;)

    • nah ini bener, keliru tulis nih admin, maaf yak XD

      • ***

        Hahahah minta pin bbm nya dong min atau invite nih…7D12BC05

  • jarang merhatiin :v paling masih inget game win98 yang ice skating terus dimakan beruang salju

  • Pipod

    jadi ingat kenangan pas SD kelas 5 tahun 2005’an waktu masih pakai windows 95, 98, 2000 dan dan belajar ngetik pakai office 2003 :D