7 Tips Ampuh Mengamankan PC dari Mata-Mata

7 Tips Ampuh Mengamankan PC dari Mata-Mata

0

7 Tips Ampuh Mengamankan PC dari Mata-Mata

Data privasi kini semakin rawan untuk diintip oleh mata-mata, terlebih setelah munculnya kabar bahwa NSA (Badan Intelejen Amerika) “gemar” memata-matai berbagai pengguna komputer di dunia. Bagi kamu yang tidak ingin PC kamu diintip oleh pihak-pihak tertentu, hari ini WinPoin memiliki 7 tips untuk mengamankan PC kamu dari mata-mata, baik itu hacker, cybercriminal, atau bahkan mungkin..NSA.

 

Aktifkan Update Otomatis

Ini adalah dasar utama dari perlindungan PC. Pastikan sistem operasi kamu selalu up-to-date dengan cara mengaktifkan fitur update otomatisnya. Cara mengaktifkannya sangat mudah, buka Control Panel -> System and Security -> Turn Automatic Update on and off -> pilih install updates automatically.

7 Tips Ampuh Mengamankan PC dari Mata-Mata

Update tersebut akan menambal setiap bugs dan celah keamanan yang ditemukan. Microsoft secara rutin merilis patch update setiap hari selasa minggu kedua, jadi pastikan kamu tidak melewatkannya.

Tidak hanya sistem operasinya saja, alangkah baiknya jika software-software lain yang terinstall di PC kamu juga diupdate secara rutin, terutama software security seperti Antivirus, Firewall, dsb.

 

Enkripsi Data di Hardisk

Mengenkripsi data di hardisk akan melindungi data tersebut dari akses yang tidak diinginkan. Jika kamu adalah pengguna Windows Ultimate atau Enterprise, kamu bisa memanfaatkan fitur BitLocker yang built-in di OS tersebut. Tetapi jika tidak, kamu bisa memanfaatkan software enkripsi alternatif seperti TrueCrypt.

 

Tutup Webcam Saat Tidak Digunakan

Webcam yang terintegrasi di laptop memang sangat bermanfaat untuk video chat, tetapi bukan rahasia lagi jika hacker bisa memanfaatkannya untuk memata-matai pengguna PC. Hacker mampu mengaktifkan webcam dan merekam siapa pengguna komputer tersebut dari jarak jauh. Jika kamu khawatir akan hal ini, maka tutup webcam saat tidak digunakan. Kamu bisa menggunakan lipatan kertas atau apapun yang bisa menutup kamera tersebut.

 

Disable Microphone Built-in

Sama seperti webcam yang bisa diakses oleh hacker dari jarak jauh, microphone built-in juga demikian. Hacker terkadang merekam pembicaraan pengguna PC dengan memanfaatkan microphone built-in ini. Jika kamu khawatir hal ini terjadi, disable saja microphone built-in saat tidak digunakan.

Caranya buka Control Panel -> Hardware & Sound -> Sound -> Recording -> pilih microphone built-in -> disable

 

Matikan Protokol Network yang Tidak Digunakan

Tidak semua protokol network kita gunakan secara bersamaan. Cobalah mematikan protokol network yang sedang tidak digunakan, karena bisa saja hacker mencoba mengakses file dan data kamu dari protokol tersebut. Misalnya saja jika tidak kamu gunakan, kamu bisa mematikan IPv6, Bluetooth, atau bahkan Wi-Fi jika kamu setiap hari terkoneksi lewat ethernet. Pastikan juga kamu disable sharing file dan printer jika memang fitur tersebut tidak kamu gunakan.

 

Amankan User Account

Pastikan mengaktifkan fitur password di user account utama kamu. Jika komputer kamu hanya kamu gunakan sendiri, maka disable Guest Accounts yang ada. Lalu jika ada beberapa account didalamnya pastikan fitur login otomatis dimatikan dan tambahkan password di setiap account tersebut.

Aktifkan juga screensaver agar ketika kamu meninggalkan komputer tersebut, maka dalam jangka waktu tertentu komputer akan terkunci. Pastikan kamu mencentang On resume, display logon screen.

Setelah itu buka power options di Control Panel dan pilih Require a password on wakeup di menu sebelah kiri.

7 Tips Ampuh Mengamankan PC dari Mata-Mata

 

Jangan Browsing atau Membaca Email dengan Akun Admin

Jika tujuan kamu adalah browsing atau membaca email, maka sebaiknya gunakan akun khusus yang bukan admin. Browsing menggunakan akun admin sama seperti kamu berjalan-jalan ke daerah rawan dengan membawa kunci rumah di tangan kiri, ATM di tangan kanan, dan detail pin di saku baju.

Kenapa bisa begitu?

Karena akun admin memiliki priviledge tertinggi dalam sebuah OS. Jika akun admin kamu dieksploit, maka si hacker bisa melakukan berbagai hal yang tidak bisa dilakukan di akun biasa.

Oleh karena itu buatlah sebuah akun khusus untuk digunakan saat browsing dan membaca email. Dengan begitu jika akun tersebut dieksploit, sang hacker tidak dapat melakukan hal-hal yang leluasa seperti saat mereka berhasil mengeksploit akun admin.

 

Meskipun kita tidak mungkin bisa 100% melindungi komputer kita dari hacker, tetapi setidaknya kita bisa membuat “pekerjaan” mereka semakin sulit, dan percayalah..7 tips mengamankan PC diatas bisa mempersulit pekerjaan mereka.

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!
Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.