8 Cara Menjaga PC Kamu Tetap Aman Pasca Habisnya Masa Support Windows...

8 Cara Menjaga PC Kamu Tetap Aman Pasca Habisnya Masa Support Windows XP

12

8 Cara Menjaga PC Kamu Tetap Aman Pasca Habisnya Masa Support Windows XP

Masa support XP bakal segera habis pada 8 April 2014 nanti. Setelah masa tersebut maka tidak akan ada lagi patch, bug fix, dan update yang dirilis untuk XP. Hal ini tentu saja menjadi surga bagi para attacker, apalagi hingga saat ini Windows XP masih digunakan oleh hampir 30 persen pengguna komputer di dunia. Tentu saja mereka bakal menjadi target empuk para attacker yang tidak bertanggung jawab ini.

Solusi terbaik memang sebaiknya kamu melakukan upgrade ke versi Windows yang lebih baru. Tetapi karena beberapa hal, tidak semua orang bisa beralih dari Windows XP. Mungkin karena pertimbangan biaya, batasan spesifikasi komputer, atau masih tergantung dengan software yang hanya berjalan di Windows XP saja.

Jika kamu adalah orang yang belum bisa beralih dari Windows XP, berikut ini beberapa tips yang bisa menjaga PC kamu tetap aman pasca habisnya masa support Windows XP nanti.

 

1. Pahami Resiko

Hal yang pertama dan terutama adalah pahami resikonya. Dengan memahami resiko yang bakal kamu hadapi, maka kamu bisa lebih waspada dan berhati-hati lagi dalam menggunakan komputer kamu.

Habisnya masa support berarti tidak akan ada lagi update, patch, ataupun bug fix yang dirilis. Jika attacker menemukan suatu celah di Windows XP, maka sampai kapanpun mereka bisa menyerang melalui celah tersebut. Lubang keamanan ini bersifat kekal dan abadi karena Microsoft sendiri tidak bersedia lagi untuk menambalnya.

Beberapa perusahaan besar mungkin masih bisa membayar sejumlah biaya kepada Microsoft agar terus memberikan layanan support terhadap sistem mereka, tetapi sebagai pengguna biasa kita harus meningkatkan kewaspadaan.

Kamu juga harus tahu bahwa setelah masa support XP habis maka developer software secara bertahap akan berhenti melakukan support terhadap OS tersebut. Software-software buatan mereka mungkin kedepannya tidak akan lagi support Windows XP.

 

2. Selektif Dalam Memilih Software

Meskipun masa support OS kamu sudah habis, pastikan kamu memilih software yang masih memberikan support dan update untuk Windows XP. Misalnya saja untuk browser jangan gunakan Internet Explorer karena Microsoft tidak akan lagi merilis patch dan update. Gunakan saja browser seperti Chrome atau Firefox yang masih tetap memberikan support hingga beberapa tahun kedepan.

Gunakan juga antivirus yang masih support Windows XP dan tetap berkomitmen untuk memberikan update. Beruntung mayoritas antivirus masih akan tetap mensupport Windows XP, ada yang berkomitmen untuk terus memberi support hingga 2015, bahkan ada yang sampai 2016. Salah satu antivirus favorit WinPoin, Avast Antivirus, bakal tetap mensupport Windows XP hingga setidaknya 2 tahun kedepan.

Untuk email client jangan lagi menggunakan Outlook Express yang dipastikan tidak akan diupdate lagi. Gunakan saja Thunderbird misalnya, yang tetap bakal diberikan update oleh Mozilla hingga waktu yang belum ditentukan.

Hindari juga menggunakan Office 2003 atau Office XP, karena support Office tersebut bakal habis juga pada 8 April 2014.

 

3. Update Java, Flash, dan Adobe Reader

Java dan Flash adalah plug-in browser yang paling sering dijadikan sebagai media eksploit oleh attacker. Hal ini karena ada banyak celah keamanan yang dimiliki oleh kedua plug-in tersebut. Bagi kamu pengguna XP, pastikan kamu uninstall plug-in Java dan Flash di browser kamu dan ganti dengan versi terbarunya. Begitu juga Adobe Reader, seringkali malware disisipkan dalam bentuk PDF yang akhirnya melakukan infeksi komputer jika dibuka. Untuk itu pastikan kamu juga menggunakan Adobe Reader versi yang paling baru.

 

4. Uninstall Software yang Tidak Dibutuhkan

Setiap software yang tidak terupdate kini bisa menjadi celah keamanan. Untuk itu pastikan kamu uninstall software-software yang sudah tidak dibutuhkan, khususnya software yang sudah tidak pernah diupdate lagi. Sisakan software yang memang sering kamu gunakan dan menjadi kebutuhan utama kamu dalam berkomputer.

 

5. Gunakan Akun Selain Administrator

Eksploit dan infeksi biasanya akan menyebar dengan parah jika yang terinfeksi adalah akun administrator. Privilege admin memungkinkan attacker untuk mengubah dan mengendalikan PC kamu secara penuh. Untuk itu agar PC kamu lebih aman, kamu bisa menggunakan akun selain admin untuk kegiatan sehari-hari. Hanya gunakan akun admin jika diperlukan saja, misalnya untuk install software dan sebagainya. Untuk kegiatan yang tidak membutuhkan privileges admin, gunakan saja akun biasa.

 

6. Jalankan XP di Virtual Machine

Jika pertimbangan kamu untuk tidak bisa beralih dari XP adalah karena masih tergantung dengan software yang hanya bisa berjalan di XP, WinPoin sarankan kamu untuk menjalankan XP di virtual machine. Kamu bisa menggunakan Windows 7 atau Windows 8 sebagai sistem operasi host, dan menginstall Windows XP di virtual machine untuk menjalankan software yang kamu butuhkan. Virtual Machine favorit WinPoin adalah VMWare yang bisa kamu gunakan secara gratis.

Windows 7 Pro bahkan sudah dilengkapi dengan XP Mode yang bisa digunakan untuk menjalankan Windows XP di virtual machine tanpa harus membeli lisensi XP lagi.

 

7. Gunakan Secara Offline

Jika kamu memang tidak membutuhkan internet, misalnya saja komputer XP yang digunakan untuk menjalankan aplikasi perkantoran, maka sebaiknya putuskan saja koneksi internet di PC kamu tersebut. Dengan tidak terhubungnya PC ke internet, maka itu sudah mengurangi mayoritas resiko eksploit di Windows XP.

 

8. Migrasi ke OS Lain

Jika pertimbangan kamu tidak bisa beralih dari XP adalah karena spesifikasi hardware yang tidak mumpuni untuk melakukan upgrade, kamu bisa beralih ke OS lain yang lebih aman tetapi tetap ringan. Saran WinPoin, kamu bisa bermigrasi ke Linux Ubuntu jika spesifikasi PC kamu tidak mampu untuk upgrade ke Windows 7 atau Windows 8.

 

Itulah 8 cara menjaga PC kamu tetap aman pasca berakhirnya masa support Windows XP. Jika kamu punya tips lainnya, silahkan tambahkan di kolom komentar dibawah ini.

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!
Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.
  • Pak Febian kalau Icha boleh Minta Koreksi dikit…
    Sepertinya untuk Nomor 7 dan 8 Ketuker Deh, Migrasi itu lebih Cocok Sebagai Opsi Terakhir Buat Pengguna XP yg Masih nyantol di XP :v

    • Febian

      Makasih bu Icha..udah kubalik tuh :v

  • kalo di blogku malah membuat artikel tentang kerentanan XP Dan menyuruh untuk viewer blogku segera upgrade

    • Bagus, dari pada Mreka yg Mengunakan Computer Sebagai Transaksi Masih Bertahan di XP…

      • bahkan mau aku beri coding yang apabila kedeteksi Windows XP Maka web akan me-redirect ke webpage XP end of support

        • kwkwkw Mending ga usah deh…
          Biarkan Saja Mereka yg memilih.. Toh mungkin pengguna Windows XP juga punya alasan Penting untuk Tetap Bertahan di XP, Walaupun menggunakan Cara Paksaan dari Coding Bahkan dari MS Sekalipun… Pengguna akan Tetap Pertahan di XP dengan beberapa Alasan yg Sudah di Kemukakan Sebelumnya…

  • Tambah Tips min….
    Kalau Menggunakan Komputer umum (Warnet, dsb) Usahakan Agar Tempat yg Kamu pilih Gunakan Deepfrezze…
    Atau Sesedikit mungkinlah Menggunakan Transaksi di Windows XP untuk Mehindari pada Attacker :v

    • Febian

      mantab nih..thanks tambahannya :D

      • Apa gak Kurang ganteng tuh Wallpaper batu Nisan di tengah Rumput Luas :v