8 Fitur yang Hilang di Windows 8.1

8 Fitur yang Hilang di Windows 8.1

1

Windows 8.1 dilengkapi dengan berbagai fitur dan perbaikan yang membuatnya lebih superior daripada Windows 8. Tetapi Microsoft tidak hanya menambahkan sesuatu di Windows 8.1, tetapi juga mengurangi sesuatu. Lalu apa saja fitur yang dihilangkan tersebut?

 

Aplikasi Messaging

8 Fitur yang Hilang di Windows 8.1

Aplikasi Messaging di Windows 8.1 telah dihilangkan dan diganti dengan Skype. Hal ini bukanlah kerugian yang besar mengingat fitur utama Skype jauh lebih bagus daripada aplikasi Messaging. Hanya saja satu hal yang hilang adalah dukungan terhadap Facebook Chat. Yup..aplikasi Messaging memang mendukung Facebook Chat sedangkan Skype tidak.

 

Windows Experience Index

8 Fitur yang Hilang di Windows 8.1

Sejak era Vista Windows telah dilengkapi dengan Windows Experience Index, sebuah indikator untuk mengetahui score performa sebuah PC. Namun di Windows 8.1 fitur ini telah dihilangkan.

 

My Computer

8 Fitur yang Hilang di Windows 8.1

Era My Computer telah berakhir dan digantikan oleh This PC. Hal ini dilakukan karena Windows 8.1 memungkinkan pengguna memiliki beberapa PC yang tersinkronisasi sehingga nama My Computer sudah tidak relevan lagi bagi pengguna multi komputer.

 

Integrasi Facebook dan Flickr di Aplikasi Photos

8 Fitur yang Hilang di Windows 8.1

Aplikasi Photos di Windows 8 dilengkapi dengan integrasi Facebook dan Flickr, tetapi fitur ini sudah tidak ada lagi di Windows 8.1. Microsoft tidak menjadikan fitur tersebut sebagai fitur built-in karena Microsoft yakin Facebook, Flickr, maupun layanan lainnya akan segera memiliki aplikasi sendiri di Windows Store.

Facebook sudah merilis aplikasi resminya tetapi hingga saat ini Flickr belum memilikinya.

 

Libraries

8 Fitur yang Hilang di Windows 8.1

Meskipun bisa dimunculkan dengan mudah, namun folder Libraries kini tidak ditampilkan di Windows 8.1 secara default. Folder Libraries seolah hilang begitu saja dan isi folder tersebut (Documents, Music, Pictures, dan Videos) langsung ditampilkan di dalam This PC.

 

Windows 7 File Recovery

8 Fitur yang Hilang di Windows 8.1

Ini adalah fitur aneh yang masih ada di Windows 8. Kenapa aneh? Karena ada fitur yang namanya Windows 7 File Recovery di Windows 8. Beruntung di Windows 8.1 nama fitur ini telah diubah menjadi System Image Backup.

System Image Backup bisa diakses melalui Control Panel -> System and Security -> File History -> System Image Backup di bagian pojok kiri bawah

 

Daftar Apps di Start Screen

8 Fitur yang Hilang di Windows 8.1

Ketika kamu menginstall Apps atau Software di Windows 8, maka tile apps tersebut akan otomatis di-pin ke Start Screen. Di Windows 8.1 kamu tidak akan menemukannya. Apps yang baru diinstall akan diletakkan di App List dan kamu harus nge-pin ke start screen secara manual jika menginginkannya.

 

SkyDrive Desktop

Untuk bisa tersinkronisasi dengan SkyDrive, pengguna Windows 8 harus menginstall SkyDrive Desktop. Kini di Windows 8.1 tidak ada lagi SkyDrive Desktop karena fitur tersebut sudah ditanamkan secara built-in di Windows 8.1. SkyDrive Desktop akan otomatis dihilangkan saat melakukan update ke Windows 8.1. Selain itu fitur SkyDrive Remote Fetch juga tidak bisa lagi digunakan.

 

Itu dia 8 fitur yang hilang di Windows 8.1. Meskipun 8 fitur tersebut dihilangkan, tetapi Windows 8.1 sangat WinPoin rekomendasikan untuk diinstall. Bagaimanapun juga Windows 8.1 jauh lebih superior daripada Windows 8. Serius!

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!
Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.
  • Muhammad Rizky

    nahnhah