9 Teknologi yang Dulu Saya Impikan dan Kini Benar-benar Ada

9 Teknologi yang Dulu Saya Impikan dan Kini Benar-benar Ada

0

Teknologi terus berkembang. Apa yang dulu hanya sebuah impian dan imajinasi, saat ini sudah banyak yang menjadi kenyataan.

Berikut ini adalah beberapa teknologi yang dulu hanya merupakan impian dan imajinasi saya saat anak-anak, tetapi kini benar-benar sudah terwujud dan produknya sudah bisa dibeli di pasaran.

 

1. Smartwatch

8 Teknologi yang Dulu Saya Impikan dan Kini Benar-benar Ada

Berawal dari banyak nonton film Power Rangers yang kala itu bisa berkomunikasi dengan Alpha dan Gordon melalui jam tangan, saya pernah berimajinasi bahwa jam seperti ini bakal ada di dunia nyata.

Dan kini tidak sulit untuk menemukan smartwatch di sekitar kita. Berkomunikasi melalui smartwatch sudah bukan hal yang mustahil lagi saat ini.

LG Watch Urbane 2nd Edition LTE misalnya, dengan smartwatch ini kamu bisa melakukan panggilan telepon meskipun sedang tidak membawa handphone, selama smartwatch dan handphone kamu sama-sama terhubung dengan internet.

8 Teknologi yang Dulu Saya Impikan dan Kini Benar-benar Ada

Fitur yang sama juga bisa ditemui di Samsung Gear S2 3G, dimana kamu bisa melakukan panggilan telepon melalui smartwatch.

 

2. Hologram

8 Teknologi yang Dulu Saya Impikan dan Kini Benar-benar Ada

Lagi-lagi karena terinspirasi dari film anak-anak. Hologram dulu hanya ada di dalam film, dan saya sering berimajinasi seandainya teknologi ini ada di dunia nyata, betapa interaktifnya lingkungan di sekitar kita.

Tetapi kini melalui Augmented Reality seperti HoloLens, experience menggabungkan hologram dengan dunia nyata benar-benar terwujud.

Dan HoloLens sudah ada di pasaran, meskipun masih dalam versi Developer Kit dengan harga yang mencapai 40an juta rupiah.

8 Teknologi yang Dulu Saya Impikan dan Kini Benar-benar Ada

Namun teknologi Google Tango menawarkan experience serupa dengan harga yang lebih terjangkau karena hanya melalui tablet / smartphone. Contohnya saja Lenovo Phab 2 Pro yang dibandrol harga 6.7 jutaan, namun sudah memiliki fitur augmented reality via Google Tango.

Tetapi HoloLens jauh lebih mendekati imajinasi saya di waktu kecil dulu.

 

3. Home Automation

8 Teknologi yang Dulu Saya Impikan dan Kini Benar-benar Ada

Dulu di film Batman dan beberapa film superhero lainnya, markas mereka selalu dilengkapi dengan teknologi canggih. Pintu membuka sendiri ketika sang jagoan datang, dan menutup sendiri ketika sudah di dalam rumah.

Baca juga:  HOT: Kini Data Kamu Bisa Dicuri Melalui Suara Berisiknya Hardisk

Berbagai perlengkapan markas mereka juga canggih, seperti lampu yang menyala sendiri, dan sebagainya.

Kini hal itu bukanlah sebuah imajinasi belaka, popularitas IoT membuat teknologi home automation berkembang pesat. Kini rumah yang telah dilengkapi dengan home automation tidak hanya bisa membuka dan menutup pintu sendiri, tetapi juga menyalakan lampu, mendeteksi temperatur untuk menyalakan AC, membuka dan menutup tirai otomatis, bahkan hingga mengubah warna lampu sesuai dengan mood dari pemiliknya.

8 Teknologi yang Dulu Saya Impikan dan Kini Benar-benar Ada

 

4. Self Driving Car

8 Teknologi yang Dulu Saya Impikan dan Kini Benar-benar Ada

Buat kamu yang besar di tahun 90an, pasti sedikit banyak masih ingat dengan film The Knight Rider.

Disitu sang tokoh utama Michael Knight punya mobil bernama KITT. Mobil ini sangat canggih karena bisa berjalan sendiri tanpa sopir. Bahkan Michael bisa bercakap-cakap dengan KITT menggunakan perintah suara.

Kini self driving car sudah mulai dikembangkan oleh beberapa perusahaan, termasuk juga sang perusahaan teknologi raksasa Google dan Tesla.

8 Teknologi yang Dulu Saya Impikan dan Kini Benar-benar Ada

 

5. Virtual Assistance

8 Teknologi yang Dulu Saya Impikan dan Kini Benar-benar Ada

Terinspirasi dari KITT di film The Knight Rider yang bisa “diajak ngomong”, lalu ditambah dengan Jarvis di Iron Man, dulu saya sering membayangkan bagaimana rasanya berinteraksi dengan komputer secara langsung.

Tetapi hal itu sudah terwujud juga saat ini melalui Cortana ataupun Siri. Meskipun masih belum seperti di film-film, tetapi sangat menyenangkan mengetahui bahwa akhirnya kita bisa berinteraksi dengan komputer tanpa harus melalui tombol-tombol, melainkan bisa langsung bicara melalui suara.

8 Teknologi yang Dulu Saya Impikan dan Kini Benar-benar Ada

 

6. Office di Smartphone

8 Teknologi yang Dulu Saya Impikan dan Kini Benar-benar Ada

Ini sering saya imajinasikan ketika masih populernya Nokia dengan OS Symbian. Jaman itu Microsoft Office masih populer digunakan di desktop, dan di Symbian saat itu hanya ada MobiSystems OfficeSuite yang fiturnya masih sangat sederhana.

Saya membayangkan seandainya Microsoft Office dengan fitur selengkap desktop hadir ke smartphone, pasti mengolah dokumen untuk sekolah bisa lebih mudah.

Baca juga:  Microsoft Sedang Menguji Windows 10 Build 11097 Pada Internal Ring

Tetapi kini hal itu sudah menjadi nyata dengan hadirnya Microsoft Office ke berbagai platform mobile. Bahkan Microsoft Office di Windows 10 Mobile merupakan Universal Apps yang memiliki fitur dan formatting powerful seperti di versi dekstop. (Baca juga: Cara Membuat File Office Menjadi PDF di Windows 10 Mobile)

8 Teknologi yang Dulu Saya Impikan dan Kini Benar-benar Ada

 

7. Tablet / Smartphone Lipat

Sebelum Nokia, Samsung, atau Lenovo memperkenalkan tablet dan smartphone lipat nya, belum ada produk seperti itu sebelumnya.

Saya lupa di film apa, tetapi pernah ada seorang Agen CIA yang kala itu memiliki alat canggih, dimana bentuknya mirip sebuah buku notes kecil, tetapi ketika dibuka ternyata merupakan sebuah tablet.

ketika ditutup lagi dia seolah menjadi seperti buku catatan kecil. Layarnya fleksibel dan bisa ditekuk dengan mudah.

Namun beberapa waktu lalu Lenovo membuktikan bahwa tablet / smartphone tekuk bakal bisa kita nikmati dengan segera. (Baca juga: Lenovo Pamer Tablet & Smartphone Layar Tekuk)

lenovolayartekuk_14

Prototype tablet dan smartphone layar tekuk Lenovo sudah jadi, bahkan Samsung juga berencana memperkenalkan device layar tekuk milik mereka awal 2017 nanti.

Sangat menarik untuk dinantikan kehadiran device layar tekuk ini ke market umum.

 

8. Tablet Windows

Ketika iPad dan tablet Android masih mendominasi, saya sangat berharap Windows bisa diinstall didalamnya. Ada dalam bayangan bagaimana meningkatnya produktivitas seandainya tablet tersebut menggunakan OS Windows yang bisa menjalankan berbagai macam software desktop.

Tetapi saat ini hal itu menjadi kenyataan. Tablet Windows yang bisa menjalankan software desktop kini sangat banyak dan bervariasi, mulai dari tablet yang harganya murah sampai dengan hybrid 43 jutaan rupiah yang powerful seperti Surface Book. (Baca juga: oBook 11 Pro: Laptop Murah dengan Desain Persis Surface Book)

8 Teknologi yang Dulu Saya Impikan dan Kini Benar-benar Ada

 

9. Remote Control dengan Real-time Video

9 Teknologi yang Dulu Saya Impikan dan Kini Benar-benar Ada

Dulu sewaktu saya kecil, mobil remote control paling populer saat itu masih dilengkapi kabel, dengan 2 tombol yaitu merah dan biru. Satu tombol untuk maju, dan satu lainnya untuk mundur.

Baca juga:  Cara Membuat Custom Link Sebagai Home Page Microsoft Edge

Yup..that’s all :))

Kala itu saya jadi membayangkan seandainya ada sebuah mainan remote control yang bisa berjalan jauh, dikendalikan melalui remote, dan kita disuguhi dengan tampilan visualnya melalui layar secara real-time, pasti bakal sangat keren!

Eh ternyata sekarang mainan tersebut sudah ada dan mudah ditemui dimana-mana. Berbagai drone saat ini bermunculan dari berbagai brand. Mengusung kamera berkualitas tinggi, drone tersebut menampilkan video juga secara real-time melalui layar atau smartphone yang dipasang di remote control. (Baca juga: Drone Xiaomi Pertama “Mi Drone” Bisa Merekam Video 4K dengan Harga Lumayan Murah)

Drone Xiaomi Pertama "Mi Drone" Bisa Merekam Video 4K, dengan Harga Lumayan Murah (Video)

Mainan yang dulu hanya ada di imajinasi saya, sekarang sudah tersedia dan siap untuk dibeli. Sayang duitnya yang masih belum ada. :))

 

Itulah 9 teknologi yang dulu hanya bisa saya imajinasikan, tetapi kini benar-benar ada dan bisa kita miliki saat ini.

Saat ini salah satu teknologi yang menjadi impian dan imajinasi saya adalah robot humandroid yang suatu saat akan melayani kita di tempat pembelian tiket, restoran, dsb. Melakukan hal-hal sederhana dan repetisi yang bersifat berulang-ulang.

8 Teknologi yang Dulu Saya Impikan dan Kini Benar-benar Ada

Akankah nantinya menjadi kenyataan..?? Bisa jadi iya, bisa jadi juga tidak. Karena sebenarnya saat ini robot sudah banyak digunakan di berbagai area, hanya saja bentuknya bukan manusia.

Ya..mesin ATM, setor tunai, top up tiket KRL otomatis di stasiun, bisa dibilang semua sejatinya adalah robot, meskipun bentuknya sama sekali jauh dari sosok robot humandroid.

 

Impian Kamu yang Menjadi Nyata?

Lalu bagaimana dengan kamu, adakah teknologi yang dulu hanya ada di imajinasi kamu saja tetapi kini benar-benar ada dan bisa ditemui di pasaran?

Bagikan impian kamu dulu disini.

Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.