8 Tips Agar Laptop Tetap Aman Saat Bepergian

8 Tips Agar Laptop Tetap Aman Saat Bepergian

0

8 Tips Agar Laptop Tetap Aman Saat Bepergian

Liburan Natal dan Tahun Baru sudah di depan mata. Tentunya bakal banyak dong yang mudik dan bepergian jauh buat pulang kampung? Nah, jika kamu memutuskan untuk bepergian dengan membawa laptop, pastikan laptop kamu tetap aman saat bepergian. Bagaimana caranya? Berikut ini WinPoin berikan 8 tips agar laptop tetap aman saat bepergian.

 

Letakkan di Tempat yang Nyaman

Saat bepergian dengan membawa laptop, pastikan kamu meletakkannya di tempat yang nyaman. Jangan pernah membawa laptop di tas biasa, tempat buku, atau bahkan membawanya dengan tangan kosong. Gunakan tas laptop aslinya yang biasanya dilengkapi dengan busa empuk untuk melindungi laptop. Kamu juga bisa menggunakan tas punggung yang dibuat khusus untuk tempat laptop yang biasanya dilengkapi dengan busa pelindung.

Saat membawanya di kendaraan umum kamu juga harus berhati-hati. Hindari meletakkannya di tumpukan barang atau di tempat keras yang mudah tergoncang.

 

Matikan Laptop

Sebelum bepergian jauh, pastikan kamu mematikan laptop menggunakan Shutdown. Jangan gunakan metode Sleep saat mematikannya. Metode mematikan dengan sleep seringkali tidak mematikan laptop secara keseluruhan. Beberapa hardware masih menyala dan bekerja.

Bayangkan apa yang terjadi ketika masih ada hardware yang bekerja saat laptop diletakkan di tempat tertutup yang empuk dengan busa pelindung? Yup, resiko overheat.

Overheat adalah musuh berbahaya bagi laptop. So, sebelum kamu bepergian dan meletakkannya di tempat yang nyaman, pastikan kamu sudah mematikan laptop tersebut dengan menggunakan Shutdown.

 

Terus Perhatikan Tetapi Tetap Sembunyikan

Saat di kendaraan umum atau di tempat umum, pastikan kamu tetap memperhatikan laptop kamu. Jangan lengah karena laptop merupakan salah satu target pencurian juga. Namun demikian kamu juga harus meletakkannya di tempat yang tidak mudah terlihat. Misalnya kamu tengah membawa kendaraan pribadi, letakkan di bawah belakang, menutupinya dengan jaket, dsb. Hal ini untuk mengurangi agar tidak banyak orang yang tidak bertanggung jawab tergiur oleh laptop yang kamu letakkan sembarangan.

 

Install Software Anti-Theft

Sekedar untuk berjaga-jaga, install software Anti-Theft sebelum kamu memutuskan untuk bepergian. Dengan software ini kamu bisa melakukan banyak hal andai saja laptop kamu ternyata dicuri orang di tengah jalan. Kamu bisa melacak laptop yang hilang, mengambil foto sang pencuri, melihat screenshot aktivitas sang pencuri, serta mengunci laptop secara keseluruhan agar data-data kamu tidak diakses seenaknya oleh pencuri. Salah satu software anti-theft favorit WinPoin adalah Prey Anti-Theft.

 

Backup Data Penting

Tidak ada salahnya berjaga-jaga dari hal terburuk. Jika laptop kamu hilang atau rusak selama perjalanan, maka pastikan kamu punya data-data penting yang sudah dibackup. Sebelum bepergian, copy dahulu data penting seperti dokumen kantor, laporan skripsi, dan data penting lainnya di flashdisk atau hardisk eksternal. Jika hal buruk itu terjadi, setidaknya data penting kamu masih terselamatkan.

 

Enkripsi Data Pribadi

Tahukah kamu kenapa ada banyak foto atau video artis yang tersebar? Kebanyakan karena device atau gadget mereka hilang dan datanya bisa diakses oleh si pencuri dengan mudah. Tidak heran jika kemudian data pribadi tersebut akhirnya disebarkan ke publik. So, sebelum kamu pergi enkripsi dahulu data-data pribadi kamu seperti foto pribadi, catatan password, data-data akun, data e-banking, video keluarga, dsb agar tidak disalahgunakan orang lain.

Kamu bisa menggunakan BitLocker atau software TrueCrypt untuk melakukannya.

 

Ingat, Kamu Sedang di Area Publik

Tidak jarang ketika mampir di cafe atau restoran tertentu akan ada layanan Wi-Fi gratis yang bisa kamu gunakan. Tetapi ingat bahwa saat ini kamu sedang berada di area publik, jadi jangan mengakses hal-hal krusial seperti e-banking, paypal, dsb. Di tempat publik yang networknya kurang secure, data penting tersebut bisa disadap dengan mudah.

 

Ketahui Detail Laptop Kamu

Biasanya di bagian belakang laptop akan ada sticker yang menampilkan detail tipe, serial, dan seri laptop tersebut. Pastikan kamu mencatat semuanya, atau mengambil fotonya dan menyimpannya di smartphone. Kenapa? Karena hal ini penting sebagai bukti untuk mengambil laptop kamu saat ditemukan oleh pihak yang berwajib atau pihak-pihak lainnya. Ini sebagai bukti bahwa memang benar-benar kamu lah pemilik laptop tersebut.

 

Itulah 8 tips agar laptop tetap aman saat bepergian. Kamu tidak harus melakukan semuanya, tetapi lakukan mana saja yang menurut kamu perlu untuk dilakukan. Bagi WinPoin, semuanya penting untuk dilakukan. Stay safe dan selamat liburan ;)

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!
Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.