9 Cara Membuka Command Prompt pada Windows 10

9 Cara Membuka Command Prompt pada Windows 10

0

9caramembukacommandprompt_1

Pada sistem operasi Windows, Command prompt menjadi salah satu fitur yang mungkin selamanya akan ada pada ekosistem Windows, karena meskipun tampilannya sederhana command prompt ini mempunyai resources yang tinggi untuk mengeksekusi file yang ada sistem Windows itu sendiri.

Dan di Windows 10 ini, jika kamu ingin membuka Command prompt ini, ada beberapa cara yang dapat kamu pilih untuk membukanya, dan mungkin beberapa diantaranya baru kamu ketahui ketika membaca artikel ini. So keep reading folks! 😉

1. Melalui Power User Menu (WinKey + X)

Ini merupakan cara paling mudah untuk membuka jendela CMD. Caranya cukup dengan membuka Power User Menu dengan menggunakan kombinasi tombol (WinKey + X).

9caramembukacommandprompt_2

Dengan begitu maka Power User menu akan muncul dan kamu mendapat pilihan untuk menjalankan Command Prompt biasa atau dengan Administrator Privileges.

2. Melalui Folder Windows System di Start Menu

Buka Start menu lalu klik ‘All apps‘ setelah itu scoll kebawah untuk menemukan folder ‘Windows System‘ Setelah terbuka maka kamu dapat langsung memilih Command prompt atau menjalankannya dengan Run as Administrator.

Baca juga:  Cara Menghilangkan Watermark di Desktop Windows 8.1 Preview

9caramembukacommandprompt_3

3. Melalui Windows Run

Buka kotak RUN dengan menggunakan kombinasi tombol (WinKey + R), lalu ketikan “cmd“. Klik OK atau Enter.

9caramembukacommandprompt_4

4. Melalui Task Manager

Ini merupakan opsi lain selain menggunakan Windows Run, karena pada dasarnya ketika melakukan cara ini juga akan membuka Windows Run. Caranya buka Task manager, lalu klik ‘File – Run new task‘.

9caramembukacommandprompt_5

Setelah itu ketikan “cmd“, selain itu kamu dapat menjalankannya dengan Admininstrator Privilege dengan cara memberi tanda centang pada ‘Create this task with administrative privileges‘.

9caramembukacommandprompt_6

5. Melalui Task Manager (Dengan Menahan tombol CTRL)

Satu lagi cara untuk membuka Command prompt melalui Task manager. Cara ini bisa dibilang cara rahasia yang baru pada Windows 10. Untuk melakukannya pada jendela task manager, navigasi kembali ke ‘File – Run new task‘, tetapi ketika ingin klik ‘Run new task‘ pastikan kamu menahan tombol CTRL pada keyboard. Dengan begitu maka akan terbuka jendela Command prompt secara rahasia.

Baca juga:  Windows 10 PC Build 14393.105 Dirilis ke Slow & Release Preview Ring

9caramembukacommandprompt_7

6. Melalui Search / Cortana

Buka search bar (WinKey + S) lalu ketikan “cmd“. Atau bisa dengan menggunakan Cortana dengan cara menggunakan voice command “Launch Command Prompt“. Kamu dapat menjalankannya dengan Administrator privileges dengan cara klik kanan atau dengan kombinasi tombol (CTRL + SHIFT + ENTER).

9caramembukacommandprompt_8

7. Melalui File Explorer

Cara ini maka kamu membuka Command Prompt secara manual langsung dari tempat dimana file Command Prompt berada. Caranya buka Explorer lalu navigasi ke ‘C:\Windows\System32\‘ kemudian scroll kebawah hingga menemukan file ‘cmd‘.

9caramembukacommandprompt_9

8. Melalui File Menu di File Explorer

Masih pada metode yang sama yakni melalui File Explorer. Namun kamu dapat membukanya dengan cepat (tanpa perlu menuju tempat diaman file CMD berada dengan cara klik menu ‘File‘ lalu pilih ‘Open command prompt‘. Kamu mendapat pilihan untuk membukanya dengan atau tanpa Administrator privileges.

Baca juga:  Windows 10 Mobile "Redstone 3" Bisa Menjalankan Aplikasi PC

9caramembukacommandprompt_10

9. Melalui Open Command Window Here pada File Explorer

Terakhir cara yang dapat dilakukan adalah dengan membuka Command prompt tersebut pada folder yang kamu inginkan lalu tahan tombol SHIFT pada keyboard sembari klik kanan lalu pilih ‘Open command Window here‘.

9caramembukacommandprompt_11

Nah itu dia 9 Cara yang dapat kamu lakukan untuk membuka jendela Command prompt. WinPoin yakni salah satu diantarnya belum terpikiran oleh kamu. 😝

 

Microsoft Device and Windows beta enthusiast. akan merasa senang jika bisa saling bertukar knowledge tentang Windows dan Lumia, baik Melalui Forum atau Twitter. Bukan fanboy.