9 Cara Mempercepat Koneksi Internet

9 Cara Mempercepat Koneksi Internet

1

Berbicara soal kecepatan internet, banyak dari kita yang masih menggunakan koneksi internet yang terbilang lambat. Bahkan sebagian besar dari kita menggunakan koneksi internet dengan batasan kuota. Walaupun pada dasarnya peningkatkan kecepatan internet secara drastis itu bisa dibilang tidak mungkin, tetapi ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk membuat koneksi internet kamu menjadi lebih optimal. Berikut WinPoin berikan 9 cara mempercepat koneksi Internet yang bisa kamu coba untuk lakukan.

 

Gunakan Koneksi Seoptimal Mungkin!

mempercepatinternet_1

Maksudnya adalah menggunakan koneksi internet yang tersedia dengan sewajarnya terlebih jika kamu memiliki koneksi internet yang tergolong lambat. Dalam artian jika kamu ingin menggunakan koneksi yang ada untuk mendownload, janganlah kamu gunakan untuk browsing dan begitu juga sebaliknya. Dengan begitu kecepatan internet bisa dimaksimalkan karena akan terfokus pada 1 task yaitu mendownload ataupun browsing.

 

Matikan Fitur Automatic Update Software / Apps

Software biasanya menyediakan fitur Automatic update agar bisa langsung update ke versi terbaru secara background. Dengan update yang berjalan secara background maka tanpa sadar kecepatan internet kamu akan terpakai dan kuota internet kamu akan cepat habis. Oleh karena itu agar biasa menghemat kuota internet, kamu bisa mematikan fitur Automatic Update dan memilih untuk melakukan update secara manual saja. Dengan cara ini kamu bisa melakukan update secara manual ketika sedang terhubung di WiFi kampus, sekolah, atau cafe. Untuk pengguna Windows 8 / 8.1 Automatic update Metro Apps juga bisa dimatikan. (Baca : 6 Cara Mempercepat Koneksi Internet Windows 8 / 8.1).

Tetapi ingat, meskipun kamu mematikan fitur automatic update, pastikan kamu langsung melakuakak cek update dan mengupdate software / apps yang kamu gunakan secara manual begitu terhubung dengan koneksi internet lain.

 

Matikan Automatic Update Windows

9 Cara Mempercepat Koneksi Internet

Selain software, automatic update pada Windows juga bisa menyedot kuota internet serta menghabiskan jatah speed internet kamu. Apalagi dibandingkan dengan software, update pada sistem operasi bisa mencapai 100MB lebih untuk setiap patch bulanan yang dirilis.

Untuk itu mematikan fitur automatic update dan memilih untuk melakukan update manual bisa menjadi solusi bagi kamu yang ingin speed internetnya cepat dan kuotanya awet. Untuk melakukannya kamu bisa buka Control Panel > System and Security > Windows Update > Turn automatic updating on or off. Setelah itu pilih “Check for updates but let me choose whether to download and install them“, terakhir pilih OK. (Baca Juga : 2 Cara Menonaktifkan Windows Update).

Nantinya bila kamu sudah terhubung dengan koneksi internet lain seperti saat di kampus, sekolah, perpustakaan kota, ataupun cafe, kamu tinggal melakukan update secara manual.

NB : WinPoin tidak menyarankan kamu untuk memilih “Never check for updates” agar tetap bisa mendapatkan melakukan cek patch update secara manual. Untuk itu WinPoin lebih menyarankan kamu untuk memilih opsi “Check for updates but let me choose whether to download and install them” daripada Never check updates.

 

Gunakan Download Manager

9 Cara Mempercepat Koneksi Internet

Software download manager ini sangat penting untuk mengoptimalkan kecepatan download. Ada berbagai aplikasi download manager yang bisa kamu gunakan, mulai dari yang gratis seperti FDM dan EagleGet, hingga yang berbayar seperti IDM (Baca : Inilah Kenapa IDM Bisa Mempercepat Proses Download).

 

Menggunakan OpenDNS

mempercepatinternet_4

Mengganti DNS dengan OpenDNS atau Google Public DNS juga bisa mengoptimalkan kecepatan internet kamu. Untuk melakukannya kamu tinggal buka Network and Sharing center -> Change Adapter Settings, lalu pilih koneksi yang kamu gunakan misalnya Wifi atau LAN. klik kanan pilih Properties, lalu pada bagian Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4) klik 2x lalu isi pada bagian form DNSnya dengan.

  • Preferred DNS Server : 208.67.222.222
  • Alternate DNS Server : 208.67.220.220

Atau jika kamu lebih memilih untuk menggunakan DNS google, maka isi dengan angka ini

  • Preferred DNS Server : 8.8.8.8
  • Alternate DNS Server : 8.8.4.4

Setelah selesai pilih OK.

 

Clean CacheDNS

mempercepatinternet_4

Jika kamu mengalami masalah membuka situs atau lambat saat membuka situs-situs tertentu, cobalah untuk membersihkan cache pada DNS. Caranya buka jendela Command prompt as admin lalu ketikan “ipconfig /flushdns“, dengan cache DNS akan direset dan seringkali bisa menyelesaikan permasalahan saat membuka situs-situs tertentu

 

Update Antivirus Secara Rutin

mempercepatinternet_5

Meskipun cukup menghabiskan kuota, namun mengupdate antivirus sangat penting untuk dilakukan. Dalam beberapa kasus virus, malware, atau trojan seringkali menggunakan bandwidth internet untuk aktivitasnya yang merugikan sistem. Untuk itu memastikan komputer aman dari infeksi virus dan malware seperti itu sangat penting dalam mengoptimalkan kecepatan internet yang kamu miliki.

 

Pastikan Browser Up to Date

mempercepatinternet_6

Agar performanya optimal dan terbebas dari bug / eksploit, browser yang kamu gunakan seperti Firefox, Google Chrome, Opera, IE, dsb juga perlu diupdate secara rutin. Hal ini bisa membantu mengurangi permasalahan seperti loading konten situs yang lama, not responding, gagal load, atau situs terload dengan tidak sempurna. (Baca Juga : Cara Mengatasi Mozilla Firefox Not Responding).

 

Upgrade Koneksi Internet

Ini merupakan opsi terakhir yang bisa kamu lakukan jika tetap merasa tidak merasa puas dengan kecepatan koneksi yang sekarang meskipun telah melakukan berbagai hal diatas. Kamu bisa mulai berpikir untuk melakukan upgrade ke Internet Service Provider yang lebih cepat, atau beralih ke paket internet yang kecepatannya lebih besar.

 

Bonus: Tips untuk Pengguna Windows 8.1

9 Cara Mempercepat Koneksi Internet

Jika kamu adalah pengguna Windows 8.1, ada beberapa tambahan trik lagi yang bisa kamu lakukan untuk mempercepat koneksi internet. Kamu bisa melihat trik tersebut di artikel kita sebelumnya yaitu 6 Cara Mempercepat Koneksi Internet Windows 8 / 8.1

 

Nah itulah 9 Cara yang dapat kamu lakukan untuk mempercepat koneksi Internet. Meskipun beberapa cara diatas lebih mengarah kepada mengoptimalkan koneksi internet, tetapi yang terpenting adalah kamu bisa membuat koneksi internet kamu digunakan secara efektif dan efisien.

Jika kamu memiliki pertanyaan atau permasalahan seputar cara mempercepat koneksi internet diatas silahkan langsung saja tanyakan di Forum WinPoin.

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!
Microsoft Device and Windows beta enthusiast. akan merasa senang jika bisa saling bertukar knowledge tentang Windows dan Lumia, baik Melalui Forum atau Twitter. Bukan fanboy.
  • Bhaka II

    kebanyakan cuma ilusi semata, kecuali upgrade paket