9 Kelebihan Torrent Dibandingkan Download Biasa

9 Kelebihan Torrent Dibandingkan Download Biasa

25

Kelebihan Torrent Dibandingkan Download Biasa

Beberapa orang suka mendownload dengan torrent dan lainnya mendownload dengan cara biasa. Lalu Apa sebenarnya kelebihan torrent dibandingkan download biasa atau direct download? Apakah download menggunakan torrent selalu lebih cepat dari download biasa? Apakah download torrent lebih aman dari download biasa? Pertanyaan-pertanyaan itu akan segera WinPoin jawab, berharap kamu bisa menentukan mana yang baik untuk kamu. (Baca: Apa itu Torrent dan BitTorrent — Serta Bagaimana Cara Kerjanya)

Banyak opini yang mengatakan kalau mendownload file dari torrent itu lebih cepat dari download biasa. Sebenarnya opini ini tidak sepenuhnya benar, selain itu ada banyak resiko yang kamu tempuh jika tidak benar-benar teliti memilih file torrent. Resiko yang kamu ambil jika tidak teliti, kamu ditipu file torrent tersebut dengan file virus atau malware. Tapi jika kamu memilih dan memeriksa file torrent dengan teliti maka kamu bisa mendownload file tersebut dengan cepat dari download biasa. (Baca: Cara Mempercepat Download Torrent)

Berikut ini WinPoin akan menjelaskan kelebihan download torrent dibandingkan dengan download biasa.

 

1# – Kecepatan Download Maksimal

Jika kamu memilih file torrent yang tepat maka kamu bisa mendapatkan kecepatan maksimal saat mendownload torrent. Terutama jika kamu memilih seeder yang banyak dibandingkan leechernya, maka kecepatan download yang kamu dapatkan akan maksimal sesuai dengan diberikan layanan provider internet yang kamu gunakan. Jika kamu mencoba mendownload direct sumbernya hanya satu yaitu server filesharing itu sendiri yang membatasi bandwithnya. Hanya segelintir filesharing yang memberikan bandwith penuh ketika kamu mendownload filenya. Sedangkan dengan torrent bandwith akan dibagi ke beberapa seeder sehingga kamu bisa mencapai kecepatan download maksimal.

Baca juga:  Apa Aplikasi Favorit Kamu Sepanjang Tahun 2015 Ini?

 

2# – Informasi File Download Lebih Lengkap

Ketika kamu berhasil terhubung dengan setiap peer atau seeder dan mulai mendownload, maka kamu akan mendapatkan informasi lengkap dari file tersebut. Contohnya seperti file yang ada di dalam torrent itu, sumber file, tracklist, bitrate dan sebagainya. Ini membuat kamu bisa mendownload file yang kamu perlukan. Sedangkan ketika kamu mencoba mendownload file secara direct download maka kamu akan mendownload file secara langsung. Tidak ada jaminan bahwa file itu benar-benar file yang ingin kamu download.

 

3# – Jaminan File Asli

Sebelum kamu mendownload file yang kamu inginkan dari torrent, kamu bisa melihat rating, vote, komentar dari situs download torrent yang bisa meyakinkan kamu bahwa file tersebut aman dan asli. Dengan begini kamu tak perlu takut salah download atau file torrent yang kamu download itu merupakan virus karena sebelumnya kamu telah melihat komentar dari rating. Jika banyak komentar negatif dan juga rating yang buruk, kamu tak perlu mendownload file torrent tersebut.

Baca juga:  Belajar Menjadi Developer: 3 Ebook Seputar Docker yang Bisa Kamu Download Gratis

 

4# – Seeder akan Semakin Berkembang

Sebuah tracker akan berkembang dengan sendirinya membawa ke komunitas yang terus berkembang. Dengan begini seeder dari file torrent kamu akan terus berkembang dan membuat kecepatan download maksimal. Semakin lama file torrent tersebut akan semakin banyak seedernya.

 

5# – File Akan Bersarang Di Torrent Lebih Lama

Semua torrent akan disimpan sampai berbulan-bulan, selain itu banyak file torrent yang disimpan untuk selama-lamanya. Contohnya seperti torrent dari file Ubuntu atau software gratis lainnya. Sementara di situs file sharing, sebuah file hanya akan disimpan hanya beberapa minggu. Selain itu Tracker juga akan menyimpan info tentang file kamu.

 

6# – Pencarian yang Lebih Mudah

Tracker memiliki banyak cara yang dapat memperluas pencarian file ke Search Engine. File torrent yang kamu bagikan akan dapat ditemukan dengan cepat di Search Engine. Ini akan membuat seeder dari file kamu terus bertambah jika kamu membagikan file populer.

 

7# – Download File Lebih Jelas dan Mudah

Beberapa Tracker menyediakan cara mudah untuk mendownload, kamu hanya perlu mengcopy mangnet link atau torrent file ke software torrent client. Sementara file sharing membutuhkan kejelian saat mendownload, kamu harus berhati-hati karena banyak iklan yang terpampang di situs mereka.

 

8# – Bebas Download dengan Kecepatan Maksimal

Tidak ada batasan untuk mendownload berapapun torrent, tidak ada waktu untuk menunggu antara download satu dengan download lainnya, selain itu tidak ada penurunan kecepatan pada download torrent selanjutnya. Sedangkan di situs file sharing kamu harus menunggu untuk download file selanjutnya. Selain itu kadang-kadang ada penuruan kecepatan download untuk download file kedua.

Baca juga:  Tips Menghapus File/Folder Secara Permanen Tanpa Melalui Recycle Bin di Windows 10

 

9# – Download Lebih Leluasa

Hampir semua file torrent ketika kamu download bisa kamu pause dan resume lagi. Jadi ketika kamu download di tempat WiFi-Id, tiba-tiba waktunya habis atau ketika kamu ingin pulang ke rumah kamu bisa mempausenya dan resume lagi ketika ingin mendownload lagi. Sedangkan hanya beberapa file sharing saja yang bisa kamu pause dan resume lagi.

 

Tidak semua file torrent aman untuk kamu download, kadang beberapa diantara mereka memiliki virus dan kamu harus awas, selalu aktifkan antivirus untuk keamanan komputer kamu. Memang banyak keuntungan yang kamu dapatkan dari mendownload torrent, tapi dilihat dari kebutuhannya juga. Kalau kamu mencoba download Ubuntu dari direct download gagal atau tidak mencapai kecepatan download maksimal, mungkin kamu harus mencoba torrent.

Itulah beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan dari download torrent menurut WinPoin. Jika kamu merasakan keuntungan lain dari download torrent dari download direct yang tidak WinPoin sertakan di atas, silahkan tinggalkan di kolom komentar.

Suka ngobrolin berbagai hal tentang teknologi. Dia hampir tidak pernah bisa tenang sebelum mengetahui kabar teknologi paling gress saat ini.
  • roxastyas

    Kalau kekurangannya sendiri apa ya mas?

    • kadang-kadang cari seedernya sulit om kalau gak gitu ada virusnya :v

      • ZAY

        ini nih yang sulit :v kadang nyari file di link direct susah eh pas ketemu di torrent seedernya yang gak ada -__-

  • Ane lebih suka download via torrent min, terutama di kickass.to. info jelas banget.

  • Una Ivan

    saking seringnya gunain torrent sampai tak buatin bookmark vroh :v :D

    • Sama vroh, tu ada folder kickass.to hahha

      • Una Ivan

        haha mantap vroh. banyak nilai lebihnya pake torrent :D

        • Ia vroh kita bisa tau apa isinya file yang di download

          • Rabbil AR

            klo jd seeder itu gmna?
            soal ny ane klo tiap dwnload torrent stelah siap kn lgsung tu brubah jd seeding, apakah itu ya nma ny ng-seed?
            tp ga siap2, jd ane suka lgsung delete klo dah siap

          • ANE juga langsung delete, ane biasanya jga gitu hehe

          • Una Ivan

            hehehe mantap bro :D

          • Rabbil AR

            haha kiraen ane aja kyak gtu
            soal ny ane lgsung delete krna abis dwnload vokep :v :D
            ngilangin jejak

          • ente rusuh, kalo ane software biasanya sama film2 terbaru hehehe kayak sniper dkk

          • Rabbil AR

            klo agan dwnload film ny biasa dmna?
            klo ane YTS

          • di kickass.to gan. YTS apaan gan?

          • Udah tau gan ane langsung search hehehe

          • Rabbil AR

            okoke
            soal ny ui ny lbih mudah YTS
            sma kualitas ny oke smua, film2 tahun lma pun ada hd ny :D

          • Bener gan

  • Farhan Ikbal

    Kalau saya sih masih pake direct Download. Tapi kalo udah tau kelebihan torrent, rasanya ingin mencobanya :D

  • Aldy Kurniawan

    Kalo bagi saya torrent itu pilihan terakhir, kalo download biasa gak ada baru pake torrent.

  • Ida Bagus Anom Sanjaya

    + Tambahan
    Buat para pengguna SSH, tidak bisa download Torrent. Dianggap ilegal, karena Server SSH tidak punya ‘lisensi’ untuk masuk dalam protokol P2P.. ada yang ketahuan Server SSH langsung tersuspend sendiri..

    • Rabbil AR

      tpi tmenku pke ssh bisa kok dwnload torrent

      • Ida Bagus Anom Sanjaya

        kalo di Server SSH punya lisensinya oke oke saja / pake Server Kanada paling bisa ngetorrent

        • Rabbil AR

          oh gtu ya
          soal ny ane kagak ngrti pke ssh
          ane cma user speedy :D

          • Ida Bagus Anom Sanjaya

            yoi.. ane jadi SSH user.. hampir.. 2 tahun..