Ada Celah Keamanan, Uninstall QuickTime di PC Windows Kamu!

Ada Celah Keamanan, Uninstall QuickTime di PC Windows Kamu!

0

QuicktimeApple menyatakan menghentikan dukungannya terhadap QuickTime di Windows. Tapi sebaiknya buat kamu yang memasang QuickTime, segera lakukan uninstall di PC kamu.

Sebab, firma riset keamanan Trend Micro menemukan dua celah keamanan. QuickTime bisa dimanfaatkan oleh orang yang tidak bertanggung jawab untuk menyisipkan file yang berbahaya dalam media player Apple ini.

Meskipun Trend Micro mengakui saat ini belum ada kasus akibat keamanan di Quick Time ini, tapi Trend Micro juga meminta penggunanya untuk melakukan uninstall sebab QuickTime 7 sudah tidak lagi didukung oleh Apple. Informasi tersebut ditambah dengan postingan cara uninstall QuickTime pada website Apple Support.

QuickTime 7 sudah berumur 11 tahun lamanya QuickTime 7 OS Windows dimana Apple mulai “membunuhnya” secara perlahan, dimulai pada 2013 dengan dihentikannya tools untuk para developer, lalu update terakhirnya pada Agustus 2015 lalu, dan menghentikan plug-in QuickTime pada browser di Windows sejak Januari 2016 lalu.

Baca juga:  Office 16: Microsoft Lebih Mendahulukan Mac dan Android daripada Windows?

Pada Mac sendiri, posisi QuickTime 7 sudah digantikan dengan QuickTime X. Tapi di Windows, Apple tidak menyediakannya. Dan di QuickTime X di Mac ini pula, dikatakan oleh Trend Micro, celah keamanan ini tidak ditemukan.

Sejak iTunes versi 10.5 juga, QuickTime tidak diperlukan lagi sehingga pengguna iTunes bisa memutar video di PC Windows tanpa software tambahan tersebut. Selain itu, adanya teknologi HTML 5 juga membuat software-software untuk memutar video dalam web seperti Adobe Flash dan QuickTime menjadi turun pamornya.

Tapi, buat kamu yang sekarang masih sering pakai QuickTime, kamu bisa menggunakan media player VLC yang punya kemampuan yang sama dengan QuickTime.

via Wall Street Journal

Baca juga:  Download Ebook: Belajar Membuat App Windows Phone 8.1
Televisi dan Teknologi? Why not both Mau tanya-tanya atau ngobrol? Cukup follow Twitter atau LINE @indrakrisnadi