Akhirnya Kabar Resmi tentang Kemampuan USB Windows Mobile 10: Lebih dari yang...

Akhirnya Kabar Resmi tentang Kemampuan USB Windows Mobile 10: Lebih dari yang Kita Harapkan!

15

USB Windows Mobile 10

Banyak di antara teman-teman WinPoin yang terus bertanya-tanya, apakah benar perangkat Windows Phone akan support USB OTG setelah era Windows 10 nanti. Bahkan pengumuman dan bocoran Microsoft terkait USB Type C masih belum melegakan (karena tidak langsung menyebutkan “USB OTG”). Namun dalam Konferensi WinHEC di Cina, presentasi Microsoft menunjukkan bahwa konsep Microsoft untuk Windows 10 ternyata jauh lebih baik dari bayangan kita semua!

Dukungan USB Type-C untuk Windows 10, memberikan banyak fungsi dan untuk kesemua fungsi ini, Microsoft telah melengkapinya dengan semua driver yang dibutuhkan dalam OS Windows 10. Berikut ini Winpoin akan membahas satu per satu driver yang telah disertakan secara default dalam Windows 10 beserta perangkat yang dapat memanfaatkannya melalui sistem USB Type-C yang dipasangkan di perangkat Windows Phone.

 

USB Windows Mobile 10

 

 1. USB Hubs

USB Hubs memungkinkan perangkat kita memperluas satu port USB ke beberapa port. Dalam artian, kamu bisa menyambungkan beberapa perangkat sekaligus dengan sistem USB hub ini.

 

2. Human Interface Device (HID) for keyboard and mouse

Meskipun belum jelas bagaimana skenario penggunaannya, namun driver yang terpasang di Windows 10 ini memungkinkan perangkat Windows Phone dapat terhubung dengan keyboard dan mouse yang memiliki skema USB.

 

3. USB Mass Storage

Driver USB Mass Storage memungkinkan perangkat Windows Phone membaca penyimpanan. Dalam artian, kamu dapat membaca data di flashdisk atau mungkin external card reader.

 

4. USB Audio in/out

Driver ini memungkinkan perangkat Windows Phone menampilkan atau mengeluarkan data audio. Dengan skema yang tepat, kita dapat menampilkan apa yang diputar di televisi pada layar ponsel, atau sebaliknya, menampilkan apa yang diputar di ponsel ke layar televisi.

 

Dari presentasi yang ditampilkan Microsoft, bahkan terlihat kemungkinan bahwa perangkat Windows Phone nantinya dapat digunakan sebagai pengontrol perangkat konsol Microsoft, yaitu XBox, terhubung dengan USB Bluetooth, dan beberapa manfaat lainnya. Tak dapat disangkal lagi bahwa pembaruan ini merupakan salah satu hal paling menarik dari Windows 10. Integrasi yang sering digembar-gemborkan Microsoft sepertinya bukan jargon pemasaran belaka. Meskipun demikian, kita harus menunggu sampai musim panas tahun ini untuk melihat bagaimana kinerja sesungguhnya dari konsep luar biasa Microsoft!

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!
Penulis Winpoin yang paling sering minta dimaklumi kalau lagi lama nggak nulis | Dengan senang hati menjawab pertanyaan seputar Windows Phone lewat akun Twitter @kikisidharta
  • Waduh keren banget ini mas.. Udah jadi kayak PC aja ya.. Integrasi nya yang bagus sama windows PC juga jadi nilai tambah tersendiri..

    sayangnya Butuh port khusus ya, jadi kalo mau menikmati harus ganti device baru..

    • Iya aku baca diskusinya di pocketnow sepertinya harus nambah hardware = Ada perangkat Lumia baru saat Windows 10 rilis. Tapi entah juga kalau bisa diakali dengan semacam perangkat eksternal karena semua drivernya siap bersama dengan Windows 10 :D

      • smartphone sekarang bener2 makin smart aja ya, ini lama2 kl dikembangkan terus orang bisa kerja lewat smartphone gak butuh PC lagi ini..wkwwk

        limitasi smartphone sekarang rasanya cuman ada di baterai nya ya mas, utk CPU, RAM, dsb besar2 semua sekarang

  • YanDhika

    :o
    sebentar, apa ini teknologi baru ?
    takut di klaim sama buah bekas gigit itu lagi nanti :v

    • kl dah perusahaan tekno sebesar ini, tinggal cepet2an daftarin paten deh kl nemu inovasi :D

      • pradakusuma

        gkgk bukan suatu penemuan kalau belum dilabeli ” reinvent ” :D

  • Ogi Rock

    hmmm,,, aku lebih prefer info soal 640xl nih…. akakakkkaa
    ngebet level dewa aakkakkakakakakak

    tp tetep update w10 phone, heran ma nih blog, cepet bgt apdet brtanya ….,

    lbh cpt dr tetangga sblah hehe

    thx mimin

  • imien alexander

    sabar menunggu windows10 sampai akhir musim hujan hahahahahaaaa…..

    • hahaha..kl disini cuman ada 2 musim, hujan dan kemarau
      kl disana “perilisan Windows 10 waktu musim panas”, musim panasnya sana
      beda sama musim panasnya sini, harus googling dl dan dikonversi jadi bulan biar gak bingung :v

  • Budiです

    beli hardware tambahan :| ngga apa-apa lah, asalkan ada converter mini USB to USB female. Mayan buat baca data dari flashdisk ngga perlu bawa-bawa laptop

  • Semoga bisa buat Lumia 520…
    Makin mantap aja :D

  • Muhammad Dary Azhari

    Jadi teringat Macbook 2015

  • Daniel sulu

    sebagai pengguna setia Nokia, sebenernya awal pake lumia agak kecewa karna fitur ini dah lama banget ada di Nokia N8, OTG ane dah coba bisa baca Flashdisk, mouse keyboard, malahan ada mini HDMI out, tapi baguslah klo OTG dah bisa, sip sip sip